5 Pemain Brighton Hove Albion yang Bakal Tampil di Piala Eropa 2020

Aksi mereka patut untuk dinantikan

Di Premier League, pamor Brighton & Hove Albion mungkin masih kalah dibandingkan klub top lainnya. Wajar saja, klub berjuluk The Seagulls tersebut hanya bersaing di papan tengah Premier League. Bahkan, dalam beberapa waktu, Brighton juga kerap terdegradasi ke divisi di bawahnya.

Di musim 2020/2021, The Seagulls hanya menduduki peringkat ke-16 di klasemen akhir Premier League. Capaian tersebut tentu bukanlah prestasi yang bagus bagi Brighton. Meski demikian, Brighton ternyata juga mengirimkan 5 pemainnya yang bakal beraksi di Piala Eropa 2020. Siapa sajakah mereka? Berikut daftar dan ulasan lengkapnya.

1. Robert Sanchez (Spanyol)

5 Pemain Brighton Hove Albion yang Bakal Tampil di Piala Eropa 2020Robert Sanchez (eurosport.com)

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, telah mengumumkan 24 pemain di dalam skuadnya yang akan melakoni Piala Eropa 2020. Kejutan terjadi di sektor penjaga gawang, usai Kepa Arrizabalaga tak dipanggil. Sebagai gantinya, La Furia Roja memanggil kiper muda Brighton & Hove Albion, Robert Sanchez. 

Musim ini merupakan musim debutnya bersama tim utama Brighton. Selain itu, Sanchez juga sempat menjadi pelapis dari Matt Ryan. Namun, menyusul kepergian kiper Australia tersebut ke Arsenal pada Januari lalu, Sanchez diproyeksikan menjadi kiper utama dan mampu menjalankan perannya dengan sangat baik.

2. Ben White (Inggris)

5 Pemain Brighton Hove Albion yang Bakal Tampil di Piala Eropa 2020Ben White (skysports.com)

Perjalanan Ben White untuk menjadi bagian Timnas Inggris di Piala Eropa 2020 terbilang unik. Pada awalnya, ia masuk ke dalam 33 pemain dalam skuad sementara The Three Lions. Namun, saat dirampingkan menjadi 26 pemain, nama White terpaksa menjadi salah satu yang dicoret.

Keberuntungan pun mendatangi pria berusia 23 tahun tersebut. Menyusul cedera Trent Alexander-Arnold pada laga persahabatan kontra Austria, White akhirnya dipilih untuk menggantikan bek Liverpool tersebut. Menilik performanya musim ini, White merupakan pemain andalan Brighton dengan kemampuan serbabisanya.

Baca Juga: Tragisnya Trent Alexander-Arnold di Timnas Inggris

3. Joel Veltman (Belanda)

5 Pemain Brighton Hove Albion yang Bakal Tampil di Piala Eropa 2020Joel Veltman (theathletic.com)

Di Timnas Belanda, ada nama Joel Veltman yang bakal berpartisipasi di Piala Eropa 2020. Sejatinya, ia merupakan salah satu pemain langganan Timnas Oranje sejak debut pada 2013 lalu. Kendati memutuskan hengkang ke Brighton di awal musim ini, nama Veltman tak dapat dikesampingkan begitu saja di tim nasional.

Bukan tanpa alasan mengingat ia sering dipanggil Timnas Belanda. Veltman merupakan pemain serbabisa yang dapat beroperasi di beberapa posisi, seperti bek tengah dan bek kanan. Terlebih lagi, ia sukses tampil reguler bersama The Seagulls musim ini dengan catatan 34 penampilan.

4. Jakub Moder (Polandia)

5 Pemain Brighton Hove Albion yang Bakal Tampil di Piala Eropa 2020Jakub Moder (bt.com)

Jakub Moder baru memulai petualangannya di Brighton pada pertengahan musim ini. Ia didatangkan dari klub Polandia, Lech Poznan, dan diyakini punya potensi besar. Maklum, ia baru berusia 22 tahun dan telah berkarier di Premier League. Setelahnya, Moder juga sukses tampil reguler bersama The Seagulls.

Sejauh ini, ia telah membuat 13 penampilan di semua ajang. Di Piala Eropa 2020, Moder bakal menjalani turnamen prestisius pertamanya bersama Timnas Polandia. Bermitra dengan Piotr Zielinski dan Mateusz Klich di lini tengah, Moder diprediksi bakal tampil bersinar di Piala Eropa edisi kali ini.

5. Leandro Trossard (Belgia)

5 Pemain Brighton Hove Albion yang Bakal Tampil di Piala Eropa 2020Leandro Trossard. (premierleague.com)

Pemain Brighton & Hove Albion terakhir yang bakal beraksi di Piala Eropa 2020 adalah Leandro Trossard. Ia membela panji Timnas Belgia dan akan bermitra dengan pemain top lain di lini serang, seperti Kevin De Bruyne dan Romelu Lukaku. Menilik performanya musim ini, Trossard merupakan pemain kunci Brighton.

Dengan kecepatan dan skill olah bolanya yang mumpuni, Trossard mampu mencatatkan 38 penampilan di semua ajang. Kesempatannya untuk tampil lebih banyak di Piala Eropa 2020 kian terbuka lebar mengingat Eden Hazard yang belum fit sepenuhnya. Namun, ia juga harus bersaing dengan nama lain, seperti Dries Mertens dan Jeremy Doku.

 

Meski hanya bertengger di papan bawah Premier League, Brighton & Hove Albion tetap mampu mengirimkan 5 pemainnya di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Top Belgia yang Tak Dipanggil Timnas ke Piala Eropa 2020

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya