5 Pemain Chelsea yang Dilepas ke Klub Championship, Ada Nama Baru!

Didominasi oleh para pemain muda

Chelsea merupakan salah satu klub top di English Premier League (EPL). Prestasi yang dimiliki oleh The Blues cukup mentereng sehingga menjadi daya tarik besar bagi banyak pemain. Namun, berkarier di klub sebesar Chelsea tentunya tak semudah yang dibayangkan.

Banyak pemain yang merasakan kegagalan di Chelsea. Mereka gagal bersinar sehingga dibuang ke klub lain. Di antara mantan pemain The Blues itu, ada beberapa nama yang memutuskan untuk pindah ke Championship alias kasta kedua Liga Inggris. Itu termasuk Ethan Ampadu yang baru saja dilepas ke Leeds United.

Inilah lima pemain Chelsea yang dilepas ke klub Championship.

1. Todd Kane

5 Pemain Chelsea yang Dilepas ke Klub Championship, Ada Nama Baru!Todd Kane (qpr.co.uk)

Todd Kane sejatinya punya modal bagus untuk mengembangkan karier sepak bolanya. Ia menimba ilmu di tim akademi Chelsea. Namanya pun berhasil promosi ke skuad utama The Blues pada 2012 silam. Meski begitu, nasib sial menghampirinya. Kane tak mampu bersinar karena minim menit bermain.

Selama menghuni skuad utama The Blues, Kane jarang bermain. Ia lebih banyak dipinjamkan. Puncaknya, Kane dilepas permanen ke Queens Park Rangers pada musim panas 2019. Di sana, ia tampil reguler. Kane mengantongi 65 penampilan selama 2 musim sebelum hijrah secara permanen ke Coventry City.

2. Michael Hector

5 Pemain Chelsea yang Dilepas ke Klub Championship, Ada Nama Baru!Michael Hector (twitter.com/Big_Hec35)

Momentum positif sempat didapatkan oleh Michael Hector pada 2015. Ia sukses naik kasta ke tim utama Chelsea. Sayangnya, hal itu tak menjadi kabar baik baginya. Karier Hector tak berkembang karena kerap dipinjamkan secara beruntun. Oleh sebab itu, Hector hijrah secara permanen pada awal 2020.

Hector merapat ke Fulham seharga 6 juta Euro atau sekitar Rp100 miliar. Namun, ia masih harus berjuang lebih keras. Hector tak bersinar di Fulham. Ia hanya bertahan selama 2,5 musim dengan catatan 40 penampilan. Pada musim panas 2022, Hector dipastikan berstatus tanpa klub usai kontraknya berakhir.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Berpotensi Bersinar pada 2023/2024

3. Tomas Kalas

5 Pemain Chelsea yang Dilepas ke Klub Championship, Ada Nama Baru!Tomas Kalas (twitter.com/BristolCity)

Tomas Kalas harus berjuang melalui perjalanan panjang yang rumit. Karier sepak bolanya tak berlangsung mulus. Berstatus sebagai lulusan akademi Chelsea, nasib Kalas justru tak jelas. Sebagian besar waktunya justru dihabiskan bersama klub lain dengan status pinjaman. Ia menjalaninya selama 9 tahun beruntun.

Puncaknya, Kalas meninggalkan Chelsea secara permanen pada musim panas 2019. Ia berlabuh ke Bristol City. Keputusannya itu sangat tepat. Kalas bersinar di lini belakang klub barunya tersebut. Ia jadi andalan Bristol City yang sudah mengantongi 155 penampilan di semua kompetisi.

4. Lewis Baker

5 Pemain Chelsea yang Dilepas ke Klub Championship, Ada Nama Baru!Lewis Baker (twitter.com/stokecity)

Lewis Baker akrab dengan kesepakatan pinjaman selama menghuni skuad utama Chelsea. Ia berkali-kali dipinjamkan sejak naik kasta ke tim utama pada 2014. Namun, hal itu tak terjadi lagi pada musim dingin 2022. Gelandang asal Inggris itu memutuskan untuk hengkang ke Stoke City.

Ia memulai lembaran baru di dalam kariernya bersama klub Championship itu. Meski tak bermain di EPL, karier Baker tetap meningkat. Ia dengan cepat menjadi andalan Stoke City. Baker langsung dipercaya sebagai tumpuan di lini tengah. Tercatat, ia sudah bermain dalam 69 pertandingan.

5. Ethan Ampadu

5 Pemain Chelsea yang Dilepas ke Klub Championship, Ada Nama Baru!Ethan Ampadu (twitter.com/ethanamp26)

Ethan Ampadu akhirnya dilepas permanen oleh Chelsea pada musim panas 2023. Ia dijual ke Leeds United seharga 8 juta Euro atau sekitar Rp133 miliar. Kepindahannya ini mengakhiri masa bakti Ampadu di Chelsea yang terjalin sejak 2017. Ia hengkang demi bisa tampil reguler.

Di sisi lain, kehadiran Ampadu merupakan kabar baik bagi Leeds United. Ia diharapkan dapat menambal lubang di lini belakang The Whites. Terlebih lagi, Leeds United kehilangan beberapa beknya, seperti Robin Koch dan Maximilian Wober setelah gagal bertahan di EPL pada musim lalu.

Membela klub sekaliber Chelsea bukanlah hal yang mudah. Kelima pemain di atas sudah merasakannya. Mereka memilih untuk hijrah ke Championship demi meningkatkan kariernya yang kurang berkembang.

Baca Juga: 15 Fakta Ethan Ampadu, Pemain Muda Chelsea yang Dipinjamkan ke Venezia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya