Comscore Tracker

5 Pemain dari Negara Semenjana yang Bersinar Bersama Klubnya

Ada dua pemain berpaspor Georgia

Musim 2022/2023 sudah berlangsung hingga pertengahan jalan. Deretan pemain muncul ke permukaan dengan performa menjanjikan. Ada yang sudah bersinar sejak lama dan ada pula yang baru mencuat bersama klubnya.

Meski didominasi pemain dari negara-negara yang sudah familier di dunia sepak bola, ternyata ada juga sejumlah pemain yang berasal dari negara yang kurang populer. Mereka mampu unjuk gigi meski negara mereka tak punya industri sepak bola sebaik negara-negara lain.

1. Edmond Tapsoba

5 Pemain dari Negara Semenjana yang Bersinar Bersama KlubnyaEdmond Tapsoba (twitter.com/12Tapsoba)

Edmond Tapsoba merupakan andalan lini belakang Bayer Leverkusen. Pada 2022/2023, ia sudah tampil sebanyak 22 kali. Statistiknya cukup mencolok dengan rata-rata 2,9 clearances dan 1,6 tekel. Persentase umpan suksesnya mencapai 87,6 persen per laga.

Bersinar di klub, Tapsoba tak punya prestasi menonjol di tim nasional. Ia memiliki paspor Burkina Faso, salah satu negara landlocked di bagian barat Afrika. Negara ini belum pernah masuk ke Piala Dunia. Prestasi terbaiknya hanya menjadi peringkat ketiga Piala Afrika 2017.

2. Reinildo Mandava

5 Pemain dari Negara Semenjana yang Bersinar Bersama KlubnyaReinildo Mandava (instagram.com/reinildoo17official)

Mozambik bukanlah negara yang kuat di dunia sepak bola. Berdasarkan peringkat FIFA yang diperbarui pada Desember 2022, Mozambik hanya menduduki urutan 114. Namun, ada satu pemain dari negara ini yang punya karier gemilang di liga top Eropa.

Reinildo Mandava merupakan satu-satunya pemain Mozambik yang tengah berkarier di Benua Biru. Ia berseragam Atletico Madrid dan menjadi tumpuan di sektor bek kiri. Reinildo tampil reguler hingga mendepak Renan Lodi yang terpaksa pindah ke Nottingham Forest.

Baca Juga: 5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk Kvara

3. Sheraldo Becker

5 Pemain dari Negara Semenjana yang Bersinar Bersama KlubnyaSheraldo Becker (instagram.com/sheraldobecker)

Sheraldo Becker menjadi kepingan penting Union Berlin sejak 2019. Pada 2022/2023, kontribusinya di lini depan telah membuahkan 8 gol dan 5 assist dari 24 penampilan. Sheraldo membantu klubnya naik ke papan atas Bundesliga.

Sementara itu, di level internasional, Sheraldo merupakan penggawa Timnas Suriname. Ia sebenarnya besar di Belanda, tetapi memutuskan untuk berganti kewarganegaraan pada 2021 lalu. Sheraldo telah mengoleksi dua caps untuk negaranya tersebut.

4. Giorgi Mamardashvili

5 Pemain dari Negara Semenjana yang Bersinar Bersama KlubnyaGiorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

Giorgi Mamardashvili membuktikan dirinya layak bermain untuk tim sekelas Valencia. Bergabung pada musim panas 2021, Mamardashvili mampu unjuk gigi. Ia merebut pos kiper utama Los Che serta mendepak nama-nama senior seperti Jasper Cillessen.

Padahal, saat pertama kali bergabung, ia tak terlalu diperhitungkan. Mamardashvili datang dari Georgia, sebuah negara pecahan Uni Soviet yang baru merdeka pada 1991 silam. Namun, Mamardashvili mampu tampil menjanjikan dan mematahkan keraguan tersebut.

5. Khvicha Kvaratskhelia

5 Pemain dari Negara Semenjana yang Bersinar Bersama KlubnyaKvicha Kvaratskhelia (twitter.com/ChampionsLeague)

Talenta muda Georgia terus mencuat di liga top Eropa. Giliran Khvicha Kvaratskhelia yang mendapatkan sorotan hangat usai bersinar di Napoli. Ia berstatus pendatang pada musim panas 2021, tetapi langsung tampil menjanjikan.

Kvara menjadi sosok penting Partenopei yang tengah merajai klasemen Serie A Italia. Ia juga punya kontribusi yang besar di lini depan timnya. Kvara sudah membukukan 9 gol dan 12 assist dari 20 penampilan di semua kompetisi.

Kelima pemain di atas menjadi sinar bagi masa depan sepak bola negara masing-masing. Mereka diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi pemain lain untuk meneruskan kariernya di liga top Eropa.

Baca Juga: Menilik Kebangkitan Sepak Bola Georgia, Faktor Satu Pemain? 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya