Comscore Tracker

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Dibeli Permanen oleh Olympique Marseille

Mereka tampil impresif bersama Les Phoceens

Dari segi popularitas, pamor Olympique Marseille dicap masih kalah dengan klub top Prancis lain, sebut saja Paris Saint-Germain. Namun, bukan berarti Marseille bisa dianggap remeh. Klub berjuluk Les Phoceens itu sejatinya tetap patut diperhitungkan.

Mengingat penampilannya yang sering bersaing di papan atas, kedalaman skuad yang mumpuni dibutuhkan oleh Marseille. Oleh sebab itu, Les Phoceens bahkan sering meminjam pemain dari klub lain, lalu dipermanenkan. Siapa saja mereka?

1. Pau Lopez

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Dibeli Permanen oleh Olympique MarseillePau Lopez (twitter.com/OM_English)

Nasib Pau Lopez di AS Roma terancam dengan kedatangan Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal itu lebih memilih untuk memboyong Rui Patricio. Alhasil, Lopez terpinggirkan sebagai kiper utama. Ia akhirnya memilih untuk dipinjamkan ke Marseille.

Keputusan itu berbuah manis. Meski baru bergabung, Lopez sudah dipercaya menjadi kiper nomor satu Les Phoceens. Ia bahkan menggusur kiper senior Marseille, Steve Mandanda. Tak ayal, Lopez diikat secara permanen dengan biaya 12 juta euro atau setara Rp184 miliar.

2. Cengiz Under

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Dibeli Permanen oleh Olympique MarseilleCengiz Under (twitter.com/OM_Officiel)

Jasa Cengiz Under benar-benar tak dibutuhkan lagi oleh AS Roma. Usai dipinjamkan ke Leicester City, Under kembali dilepas pada musim panas 2021. Kali ini, ia merapat ke Marseille dengan status yang sama. Namun, kepindahan ini tampaknya bukan pilihan yang buruk.

Under mendapatkan menit bermain yang cukup di Prancis. Ia diandalkan di lini dengan lantaran sudah tampil 46 kali pada musim debutnya. Oleh sebab itu, manajemen Marseille akhirnya mempermanenkan pemain asal Turki tersebut seharga 8 juta euro alias Rp122 miliar.

Baca Juga: Sempat Terpuruk, 5 Pemain Ini Sukses Bersinar usai Pindah ke Marseille

3. Leonardo Balerdi

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Dibeli Permanen oleh Olympique MarseilleLeonardo Balerdi (twitter.com/OM_English)

Potensi Leonardo Balerdi tak terlalu berkembang di Borussia Dortmund. Demi mendapatkan jam terbang yang lebih banyak, ia dipinjamkan ke Olympique Marseille pada 2020 lalu. Transfer ini membuahkan hasil yang baik. Balerdi cukup diandalkan di lini belakang Les Phoceens.

Usai semusim dipinjamkan, Balerdi akhirnya dipermanenkan. Ia ditebus oleh Marseille seharga 11 juta euro atau sekitar Rp168 miliar. Bek asal Argentima itu sudah mengoleksi 47 penampilan dengan balutan kostum Les Phoceens sejauh ini.

4. Arkadiusz Milik

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Dibeli Permanen oleh Olympique MarseilleArkadiusz Milik (twitter.com/goal)

Arkadiusz Milik dipastikan tersingkir dari skuad utama Napoli. Ia tak lagi jadi pilihan utama menyusul kedatangan Victor Osimhen ke kota Naples. Tak ayal, Milik memutuskan untuk pindah demi menyelamatkan kariernya yang nyaris terpuruk.

Pada musim dingin 2021, ia sepakat dipinjamkan ke Marseille. Hasilnya pun terbukti. Milik menemukan ketajamannya kembali dengan raihan 30 gol dari 53 penampilan. Marseille lantas mempermanenkannya dengan banderol 8 juta euro alias Rp122 miliar.

5. Matteo Guendouzi

Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Dibeli Permanen oleh Olympique MarseilleMatteo Guendouzi (twitter.com/EuropaLeague)

Matteo Guendouzi tak masuk skema Mikel Arteta di Arsenal. Oleh sebab itu, dirinya harus dipinjamkan secara beruntun ke klub lain, yaitu Hertha Berlin dan Olympique Marseille. Dewi Fortuna lantas menghampirinya sewaktu berseragam Les Phoceens.

Guendouzi mampu tampil impresif di lini tengah Marseille. Tak hanya itu, ia juga dipercaya untuk memulai debut bersama timnas senior Prancis pada November 2021 lalu. Manajemen Marseille terpikat dan langsung mempermanenkannya dengan mahar 11 juta euro alias Rp168 miliar.

 

Bersama Olympique Marseille, kelima pemain di atas berhasil menemukan performa terbaiknya lagi. Akankah ada pemain pinjaman Marseille lainnya yang bakal mengalami hal serupa nantinya?

Baca Juga: 5 Rekrutan Olympique Marseille Musim Panas 2022, Siap Bersaing!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya