5 Pemain Terakhir yang Dipinjamkan PSG ke EPL, Minim Menit Bermain!

Mereka tak menjadi pilihan utama di PSG

Paris Saint-Germain tampil digdaya di kancah domestik. Klub berjuluk Les Parisiens ini mendominasi Ligue 1 dalam sedekade terakhir. Les Parisiens punya daya tarik yang tinggi sebagai salah satu klub besar di Eropa. Itu sebabnya banyak pemain jempolan yang tertarik.

Di satu sisi, skuad PSG makin kompetitif. Akan tetapi, pemain yang gagal bersaing harus menerima konsekuensinya. Mereka tersingkir dari skuad utama. Beberapa pemain memilih untuk pindah dengan status pinjaman, khususnya ke klub English Premier League (EPL). Inilah 5 pemain terakhir yang dipinjamkan PSG ke klub EPL.

1. Grzegorz Krychowiak

5 Pemain Terakhir yang Dipinjamkan PSG ke EPL, Minim Menit Bermain!Grzegorz Krychowiak (twitter.com/GrzegKrychowiak)

Grzegorz Krychowiak mulai berseragam PSG sejak musim 2016/2017. Sayangnya, karier pemain berpaspor Polandia itu tak berjalan dengan mulus. Krychowiak kesulitan menemukan performa terbaiknya. Oleh sebab itu, ia gagal menjadi pilihan utama di lini tengah. Krychowiak hanya menjadi pemain cadangan.

Ia lantas dipinjamkan beberapa kali, termasuk ke West Bromwich Albion. Krychowiak resmi bergabung dengan skuad The Baggies pada musim 2017/2018 lalu. Ia sebenarnya tampil reguler bersama klub barunya itu. Krychowiak bermain sebanyak 31 kali. Sayangnya, ia gagal membantu The Baggies terhindar dari jurang degradasi.

2. Jese Rodriguez

5 Pemain Terakhir yang Dipinjamkan PSG ke EPL, Minim Menit Bermain!Jese Rodriguez (premierleague.com)

Karier Jese Rodriguez di PSG tak berjalan dengan mulus. Nasibnya menemui berbagai kesulitan bersama klub ibu kota Prancis itu. Jese gagal menjadi pilihan utama di lini serang. Itu yang membuatnya lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Jese beberapa kali dipinjamkan, termasuk ke Stoke City pada musim 2017/2018.

Pemain berkebangsaan Spanyol itu tetap menemui kesulitan meski sudah berganti klub. Bersama The Potters, Jese gagal memperbaiki performanya. Ia hanya tampil 13 kali dengan koleksi 1 gol dan 1 assist. Jese juga gagal menyelamatkan Stoke City yang terpuruk di papan bawah dan terdegradasi ke Championship.

Baca Juga: Messi dan Neymar Disoraki Fans saat Selebrasi PSG

3. Alphonse Areola

5 Pemain Terakhir yang Dipinjamkan PSG ke EPL, Minim Menit Bermain!Alphonse Areola (twitter.com/WestHam)

Alphonse Areola sebenarnya pernah menjadi kiper utama PSG. Meski begitu, kariernya terus mengalami penurunan. Areola tak mendapatkan kepercayaan untuk mengisi skuad utama Les Parisiens. Ia justru lebih sering dipinjamkan, termasuk ke EPL bersama Fulham dan West Ham United.

Areola merapat ke West Ham United pada musim panas 2021. Ia dipinjam untuk menjadi pelapis dari Lukasz Fabianski yang berstatus sebagai kiper nomor satu. Areola sudah bermain dalam 40 pertandingan di semua kompetisi. Meski bukan pilihan utama, Areola tetap dipermanenkan oleh The Hammers.

4. Layvin Kurzawa

5 Pemain Terakhir yang Dipinjamkan PSG ke EPL, Minim Menit Bermain!Layvin Kurzawa (twitter.com/layvinkurzawa)

Posisi Layvin Kurzawa di PSG semakin terpinggirkan. Ia yang sempat menjadi pilihan utama di posisi bek kiri terasingkan dari pilihan utama. Les Parisiens lebih mengandalkan Nuno Mendes dan Juan Bernat untuk mengisi posisi tersebut. Opsi terbaik baginya hanyalah pindah ke klub lain demi bisa tampil reguler.

Kurzawa lantas hengkang dari PSG pada musim panas 2022. Ia bergabung dengan Fulham melalui kesepakatan pinjaman hingga akhir musim 2022/2023. Sayangnya, kiprah pemain berusia 30 tahun itu di Inggris tak berjalan dengan mulus karena masalah cedera. Kurzawa hanya bisa bermain dalam 6 pertandingan bersama The Cottagers.

5. Keylor Navas

5 Pemain Terakhir yang Dipinjamkan PSG ke EPL, Minim Menit Bermain!Keylor Navas (instagram.com/keylornavas1)

Keylor Navas gagal mempertahankan posisinya sebagai kiper utama PSG. Ia kalah bersaing dengan Gianluigi Donnarumma. Alhasil, Navas hanya menjadi kiper cadangan. Ia kekurangan menit bermain sehingga memutuskan untuk pindah ke klub lain. Navas merealisasikan kepindahannya itu pada musim dingin 2023.

Ia bergabung dengan klub promosi EPL, Nottingham Forest. Navas dipinjam hingga akhir musim 2022/2023. Hasilnya pun berbuah manis. Pengalaman dan mentalitas Navas membantu The Tricky Trees terhindar dari jurang degradasi. Ia bermain sebanyak 17 kali dengan koleksi 3 clean sheets.

Beberapa nama di atas sebenarnya pernah menjadi pemain andalan PSG, seperti Keylor Navas dan Layvin Kurzawa yang diandalkan sebagai pilihan utama. Sayangnya, mereka harus pergi ke klub lain karena tersingkirkan oleh pemain baru.

Baca Juga: 10 Fakta Keylor Navas, Kiper Paling Underrated di Sepak Bola

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya