5 Pemain Inggris yang Dipinjamkan ke Klub Luar EPL pada 2022/2023

Callum Hudson-Odoi disekolahkan ke Bayer Leverkusen

Inggris merupakan salah satu negara kuat di dunia sepak bola. Meski secara prestasi pemilik satu gelar Piala Dunia ini kesulitan dalam beberapa tahun terakhir, Inggris tetap berstatus unggulan. Banyak pemainnya yang berkualitas dan menjadi andalan di level klub.

Uniknya, kebanyakan pemain Inggris lebih nyaman berkarier di negara sendiri. Hanya sedikit pemain yang berkarier di luar Premier League, seperti kelima pemain pinjaman ini, misalnya. Mereka merantau ke negara lain demi bisa tampil reguler.

1. Folarin Balogun

5 Pemain Inggris yang Dipinjamkan ke Klub Luar EPL pada 2022/2023Folarin Balogun (instagram.com/balogun)

Arsenal punya beberapa pemain muda potensial, termasuk Folarin Balogun. Ia baru saja promosi ke skuad utama The Gunners pada musim panas 2022. Karena dipastikan minim menit bermain, Balogun dipinjamkan terlebih dahulu ke Stade Reims selama semusim.

Keputusan Arsenal untuk meminjamkan Balogun ke Prancis terbukti tepat. Pasalnya, pemuda kelahiran Kota New York itu mampu tampil menjanjikan di lini depan timnya. Balogun telah mengoleksi 11 gol dan 2 assist dari 19 penampilan di berbagai kompetisi.

2. Angel Gomes

5 Pemain Inggris yang Dipinjamkan ke Klub Luar EPL pada 2022/2023Jarrad Branthwaite (instagram.com/jarrad_b)

Jarrad Branthwaite kesulitan menjadi pilihan utama Everton. Sejak promosi pada musim panas 2020, ia lebih banyak menghabiskan waktu di klub lain. Sempat ke Blackburn Rovers, Branthwaite kembali disekolahkan ke PSV Eindhoven selama semusim penuh.

Pemain yang beroperasi sebagai bek tengah ini memanfaatkan momentum untuk bersinar di Belanda. Ia dipercaya menjadi sosok penting PSV yang sudah tampil sebanyak 17 kali di semua ajang. Branthwaite juga membawa PSV bersaing di papan atas Eredivisie.

Baca Juga: 6 Pemain Muda yang Tampil Mengesankan di Premier League 2022/2023

3. Harry Winks

5 Pemain Inggris yang Dipinjamkan ke Klub Luar EPL pada 2022/2023Harry Winks (instagram.com/harrywinks)

Harry Winks tak masuk skema Antonio Conte. Kedatangan pemain anyar membuat posisinya di Tottenham Hotspur makin terpinggirkan. Satu-satunya jalan baginya adalah pindah ke klub lain. Winks lantas merapat ke Sampdoria dengan status pinjaman.

Petualangannya di Italia juga tak berjalan dengan mudah. Winks sempat menepi selama 6 bulan akibat mengalami cedera engkel. Ia baru bisa kembali mentas pada awal 2023 lalu. Tercatat, Winks baru mengoleksi 4 penampilan di semua kompetisi bersama Sampdoria.

4. Dele Alli

5 Pemain Inggris yang Dipinjamkan ke Klub Luar EPL pada 2022/2023Dele Alli (instagram.com/dele)

Nasib Dele Alli berubah drastis di usianya yang masih 26 tahun. Pernah yang bersinar saat membela Tottenham Hotspur ini kini harus berjuang menyelamatkan karier di Besiktas. Dele dipinjamkan ke klub Turki itu selama semusim dari Everton.

Meski begitu, performa Dele bersama The Black Eagles tak cukup memuaskan. Ia baru bermain sebanyak 14 kali hingga pertengahan musim. Beberapa laporan menyebutkan bahwa Besiktas siap untuk memulangkannya lebih awal pada musim dingin 2023.

5. Callum Hudson-Odoi

5 Pemain Inggris yang Dipinjamkan ke Klub Luar EPL pada 2022/2023Callum Hudson-Odoi (twitter.com/Calteck10)

Callum Hudson-Odoi dipastikan tersisih dari pilihan utama Chelsea. Menyusul banyaknya pemain baru yang datang, Hudson-Odoi terpaksa hengkang demi menambah menit bermain. Ia sepakat dipinjamkan ke klub Bundesliga, Bayer Leverkusen.

Kiprahnya cukup konsisten bersama Die Werkself. Hudson-Odoi mendapatkan porsi bermain reguler di sejumlah posisi penyerangan timnya. Secara keseluruhan, pemuda 22 tahun ini sudah tampil 17 kali dengan koleksi 1 gol dan 1 assist.

 

Kebanyakan dari pemain di atas didominasi oleh para pemain muda. Hal ini menunjukkan bahwa mereka punya potensi yang besar untuk berkembang meskipun tidak berkarier di Premier League.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pindah dengan Status Pinjaman pada Deadline Day Januari

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya