7 Pemain Inggris yang Hengkang ke Klub Asing pada Musim Panas 2023

Makin ramai pemain Inggris yang berkarier di luar negeri

Bursa transfer musim panas 2023 masih berlangsung dengan intens. Sederet transfer pemain, khususnya di liga top Eropa, sudah terealisasi. Dari keseluruhan transfer ini, English Premier League (EPL) mendapatkan sorotan terbesar dengan kehadiran sederet pemain bintang.

Pergerakan transfer di EPL berjalan dengan panas. Di sisi lain, ada beberapa pemain lokal asal Inggris yang justru memilih situasi yang berbeda. Mereka memutuskan untuk hengkang ke klub asing. Sejauh ini, ada tujuh pemain Inggris yang resmi hijrah ke klub luar negeri. Siapa saja?

1. Ryan Kent

7 Pemain Inggris yang Hengkang ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Ryan Kent (twitter.com/Fenerbahce)

Kontrak Ryan Kent bersama Rangers habis pada Juni 2023. Kedua pihak sepakat untuk tak memperpanjang hubungan kerja sama. Alhasil, Kent bebas berlabuh ke mana pun. Hal itu langsung dimanfaatkan oleh Fenerbahce yang tengah serius membangun ulang kekuatannya. Kent akhirnya bergabung dengan Fenerbahce secara gratis. Ia memperkuat sisi sayap penyerangan tim yang dikontrak selama 4 musim.

2. Sam Surridge

7 Pemain Inggris yang Hengkang ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Sam Surridge (twitter.com/surridge_sam)

Riwayat karier Sam Surridge di tanah sendiri akhirnya selesai. Setelah membela Nottingham Forest, Surridge mencoba tantangan baru di MLS. Ia hengkang ke Nashville SC dengan banderol 6 juta euro atau sekitar Rp100 miliar. Mantan striker Bournemouth itu dikontrak hingga akhir Desember 2026. Surridge diharapkan dapat meneruskan pengalamannya di Eropa bersama Nashville nantinya.

3. Ainsley Maitland-Niles

7 Pemain Inggris yang Hengkang ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Ainsley Maitland-Niles (twitter.com/OL_English)

Ainsley Maitland-Niles dilepas Arsenal secara gratis. Kontraknya habis dan urung diperpanjang oleh The Gunners. Maitland-Niles pun membuka lembaran baru dengan bertualang ke negara lain. Ia hengkang ke klub top Ligue 1, Olympique Lyon. Maitland-Niles bakal menambah kekuatan di lini tengah Les Gones. Ia bisa menggantikan Houssem Aouar yang hijrah ke AS Roma.

4. Jordan Henderson

7 Pemain Inggris yang Hengkang ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Jordan Henderson (twitter.com/Ettifaq_EN)

Jordan Henderson membuat keputusan yang mengejutkan. Ia meninggalkan Liverpool pada musim panas 2023. Ia pergi dari klub yang sudah dibelanya sejak 2011 lalu itu. Selanjutnya, Henderson berlabuh ke Arab Saudi. Ia menerima tawaran dari Al-Ettifaq dan ditebus seharga 14 juta euro atau sekitar Rp234 miliar. Kehadiran Henderson tak terlepas dari campur tangan Steven Gerrard. Keduanya bakal bertemu kembali.

Baca Juga: 3 Rekrutan Pertama Steven Gerrard bersama Al-Ettifaq, Ada Henderson!

5. Jude Bellingham

7 Pemain Inggris yang Hengkang ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Jude Bellingham (twitter.com/realmadrid)

Masa depan Jude Bellingham akhirnya terjawab pada musim panas 2023. Ia sepakat untuk pindah ke Real Madrid. Kepindahannya dari Borussia Dortmund itu memakan biaya transfer fantastis, yaitu 103 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun. Bellingham diproyeksikan sebagai gelandang masa depan Los Blancos. Kualitasnya sudah teruji dan siap menjadi penerus Toni Kroos dan Luka Modric yang sudah berusia senja.

6. Ruben Loftus-Cheek

7 Pemain Inggris yang Hengkang ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Ruben Loftus-Cheek (twitter.com/acmilan)

Ruben Loftus-Cheek meninggalkan Chelsea secara permanen pada musim panas 2023. Ia memutuskan untuk hijrah ke Serie A. Dari berbagai opsi, Loftus-Cheek menerima tawaran yang dilayangkan oleh AC Milan. Ia akhirnya hijrah ke skuad Rossoneri seharga 16 juta euro atau sekitar Rp267 miliar. Dikontrak selama 4 musim, Loftus-Cheek bisa jadi pengganti ideal Sandro Tonali sebagai pengatur permainan AC Milan.

7. Harry Kane

7 Pemain Inggris yang Hengkang ke Klub Asing pada Musim Panas 2023Harry Kane (twitter.com/FCBayern)

Harry Kane akhirnya berganti klub pada musim panas 2023. Kepastian ini diperoleh usai dirinya sepakat untuk hengkang ke Bayern Munich. Demi mendapatkan jasa striker asal Inggris itu, Die Roten harus membayar 100 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun beserta bonus kepada Tottenham Hotspur. Kane bakal diplot sebagai mesin gol utama Die Roten. Ia dikontrak dengan durasi selama 4 musim dan mengenakan nomor punggung 9.

Pemain Inggris sebenarnya tak punya rekam jejak yang gemilang ketika berkarier di luar EPL. Namun, hal itu mulai luntur dalam beberapa musim terakhir. Bisakah ketujuh pemain di atas bersinar bersama klub barunya?

Baca Juga: Harry Kane Resmi Berseragam Bayern Munich!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya