5 Pemain Inter Milan Terakhir yang Hengkang ke Bundesliga, Ada Gosens

Tak semuanya mampu bersinar di Bundesliga

Inter Milan menjadi salah satu klub Serie A tersibuk pada bursa transfer musim panas 2023. Nerazzuri merombak skuadnya secara besar-besaran dengan melepas banyak pemainnya. Sederet pemain andalan dijual ke klub lain, termasuk Robin Gosens yang dilepas ke Union Berlin.

Kepergian Gosens dari Inter Milan memberikan ruang kepada pemain lain. Tak hanya itu, ia juga menjadi pemain teranyar yang dilepas oleh Nerazzuri ke klub Bundesliga. Gosens menyusul beberapa pemain sebelumnya yang melakukan hal serupa.

1. Luca Caldirola gagal bersinar bersama Werder Bremen

5 Pemain Inter Milan Terakhir yang Hengkang ke Bundesliga, Ada GosensLuca Caldirola (twitter.com/werderbremen_en)

Luca Caldirola mencoba tantangan baru dengan meninggalkan Serie A. Ia hengkang dari Inter Milan pada musim panas 2013. Caldirola lalu bergabung dengan Werder Bremen seharga 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar. Sayangnya, keputusan Caldirola itu justru tak tepat. Ia gagal bersinar di Werder Bremen.

Caldirola membela Werder Bremen hingga awal 2019. Meski cukup lama, ia bukanlah pilihan utama karena hanya tampil sebanyak 48 kali. Caldirola bahkan sempat dipinjamkan ke Darmstadt 98 pada musim 2015/2016. Setelah membela dua klub Jerman itu, ia pun pulang ke Italia dengan berseragam Benevento.

2. Giulio Donati hijrah ke Bundesliga dengan membela Bayern Leverkusen dan Mainz 05

5 Pemain Inter Milan Terakhir yang Hengkang ke Bundesliga, Ada GosensGiulio Donati (twitter.com/bayer04fussball)

Selain berkarier di Serie A, Giulio Donati juga pernah membela dua klub Bundesliga sepanjang kariernya, yaitu Bayer Leverkusen dan Mainz 05. Perjalanan Donati di Bundesliga itu dimulai pada musim panas 2013. Ia memutuskan untuk hengkang ke Bayer Leverkusen setelah gagal bersinar bersama Inter Milan.

Donati membela Die Werkself selama 2,5 musim. Dalam kurun waktu itu, ia cukup diandalkan sebagai bek kanan dengan catatan 67 penampilan di semua kompetisi. Donati lalu sempat hijrah ke Mainz 05. Ia menikmati kariernya di sana dan tampil lebih baik daripada saat membela Bayer Leverkusen.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 10 Bayer Leverkusen sebelum Florian Wirtz

3. Ivan Perisic meraih treble winners bersama Bayern Munich

5 Pemain Inter Milan Terakhir yang Hengkang ke Bundesliga, Ada GosensIvan Perisic (twitter.com/FCBayernEN)

Ivan Perisic sempat dipinjam oleh Bayern Munich pada musim panas 2019 lalu. Ia direkrut oleh Die Roten sebagai tenaga tambahan di lini tengah. Kehadirannya pun sangat menguntungkan bagi permainan Bayern Munich. Perisic juga tak kesulitan untuk beradaptasi sebab pernah berkiprah di Bundesliga.

Ia tampil menjanjikan selama melakoni peran pinjaman. Tercatat, Perisic sukses membukukan 8 gol dan 10 assist dari 38 penampilan di semua kompetisi. Karier singkatnya di Bayern Munich juga makin spesial dengan raihan treble winners. Sayangnya, Perisic tak dipermanenkan oleh Die Roten.

4. Valentino Lazaro kesulitan berkembang selama dipinjam oleh Borussia Monchengladbach

5 Pemain Inter Milan Terakhir yang Hengkang ke Bundesliga, Ada GosensValentino Lazaro (twitter.com/valentinolazaro)

Valentino Lazaro mulai berseragam Inter Milan sejak musim 2019/2020. Ia masih aktif membela Nerazzuri, tetapi sebagian besar waktunya dihabiskan dengan status pinjaman. Lazaro rutin dipinjamkan ke klub lain. Salah satu klub yang pernah meminjam jasanya itu adalah Borussia Monchengladbach.

Lazaro dipinjam oleh Die Fohlen pada musim 2020/2021. Kedatangannya memperkuat sisi kanan pertahanan Gladbach. Meski begitu, Lazaro tak menjadi pilihan utama karena harus tampil bergantian dengan sistem rotasi. Ia mengantongi 28 penampilan semua kompetisi. Setelah pinjamannya habis, Lazaro pulang ke Inter Milan.

5. Robin Gosens bergabung dengan Union Berlin pada musim panas 2023

5 Pemain Inter Milan Terakhir yang Hengkang ke Bundesliga, Ada GosensRobin Gosens (twitter.com/fcunion)

Inter Milan melepas Robin Gosens pada musim panas 2023. Nerazzuri sepakat untuk menjualnya ke Union Berlin seharga 15 juta euro atau sekitar Rp201 miliar. Posisi Gosens di Inter Milan bakal digantikan oleh bek kiri Monza, Carlos Augusto, yang bakal berlabuh dalam waktu dekat.

Di sisi lain, kehadiran Gosens sangat dibutuhkan oleh Union Berlin. Ia bisa menjadi suntikan berharga di sisi kiri permainan Die Eisernen. Kematangannya diharapkan bisa berpengaruh positif. Terlebih lagi, Union Berlin bakal menjalani musim 2023/2024 dengan padat sehingga butuh kedalaman skuad yang merata.

Kelima pemain di atas menjalani karier yang beragam usai hengkang dari Inter Milan. Tak semuanya mampu bersinar di Bundesliga. Bisakah Robin Gosens menunjukkan kualitas terbaiknya bersama Union Berlin nantinya?

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Union Berlin Sepanjang Masa, Gosens di Puncak!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya