Sempat ke EPL, 5 Pemain Italia Ini Putuskan Kembali ke Serie A

Matteo Darmian salah satunya

Tak hanya Inggris, negara Eropa lain sejatinya punya industri sepak bola yang kuat, termasuk Italia. Melalui liga bertajuk Serie A, Italia memiliki sederet klub papan atas yang sering mentas di kompetisi Eropa, seperti Juventus dan duo Milan.

Meski tak seketat English Premier League (EPL), Serie A justru menjadi magnet tersendiri bagi pemain Italia. Kebanyakan pemainnya memilih berkarier di negara sendiri. Ada sejumlah nama yang sempat hijrah ke Premier League, tetapi kini sudah kembali membela klub Serie A.

1. Manolo Gabbiadini

Sempat ke EPL, 5 Pemain Italia Ini Putuskan Kembali ke Serie AManolo Gabbiadini (instagram.com/manologabbiadini)

Manolo Gabbiadini pernah merasakan panasnya atmosfer persaingan Premier League. Ia mulai berkelana ke Inggris pada awal 2017.

Saat itu, Gabbiadini merapat ke Southampton. Ia mampu menunjukkan ketajamannya meski hanya sebentar.

Selama 2 tahun membela The Saints, Gabbiadini mengemas 12 gol dari 59 penampilan. Catatan itu mengakhiri kariernya di Inggris. Gabbiadini pulang ke Italia dan melanjutkan petualangannya bersama Sampdoria pada awal 2019.

2. Davide Zappacosta

Sempat ke EPL, 5 Pemain Italia Ini Putuskan Kembali ke Serie ADavide Zappacosta (instagram.com/zappacosta)

Davide Zappacosta masuk ke dalam rencana Antonio Conte saat membesut Chelsea. Ia akhirnya ditebus The Blues pada musim panas 2017.

Zappacosta sejatinya sempat diandalkan, tetapi mulai terpinggirkan. Terlebih, sejak Frank Lampard menjadi pelatih.

Zappacosta total mengemas 52 penampilan bersama Chelsea. Ia hanya bertahan selama 2 musim. Selebihnya,

Zappacosta dipinjamkan ke dua klub Serie A, AS Roma dan Genoa, secara beruntun. Pada musim panas 2021, ia dilepas permanen ke Atalanta.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Bayern Munich yang Diboyong dari Klub Serie A

3. Pierluigi Gollini

Sempat ke EPL, 5 Pemain Italia Ini Putuskan Kembali ke Serie APierluigi Gollini (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Tak hanya satu klub, Pierluigi Gollini pernah membela tiga klub Premier League. Kariernya tak terlalu disorot sewaktu berseragam Manchester United dan Aston Villa, tetapi lain halnya saat bersama Tottenham Hotspur. Gollini kadung dikenal luas.

Berstatus pinjaman dari Atalanta pada 2021, Gollini dijadikan pelapis Hugo Lloris. Tidak heran apabila ia baru tampil sebanyak sepuluh kali dengan balutan seragam tempur The Lilywhites. Gollini kembali ke Italia dengan dipinjamkan ke Fiorentina.

4. Matteo Darmian

Sempat ke EPL, 5 Pemain Italia Ini Putuskan Kembali ke Serie AMatteo Darmian (instagram.com/matteodarmian36)

Mekar bersama Torino, nama Matteo Darmian masuk ke dalam radar Manchester United. Pria berusia 32 tahun itu akhirnya menjadi milik The Red Devils pada 2015.

Darmian dipercaya mengisi pos bek kanan Manchester United. Ia tampil 92 kali di semua kompetisi.

Sayangnya, nasib Darmian di Inggris hanya berjalan 4 tahun. Ia terpinggirkan hingga dijual ke Parma.

Meski terdepak ke klub medioker, setidaknya hal itu menyelamatkan kariernya. Semusim bersama Parma, Darmian diboyong Inter Milan pada 2020.

5. Moise Kean

Sempat ke EPL, 5 Pemain Italia Ini Putuskan Kembali ke Serie AMoise Kean (twitter.com/livescore)

Minim jam terbang menjadi alasan kuat dirinya hengkang dari Juventus. Selanjutnya, destinasi karier Moise Kean tertuju kepada Everton.

Ia pindah ke klub sekota Liverpool itu untuk menemukan ketajamannya. Namun, harapan itu justru tak berjalan mulus.

Kiprah Kean di Premier League di luar ekspektasi. Ia bahkan dipinjamkan ke Paris Saint-Germain. Usai kembali dari Paris, Kean langsung dipinjamkan ke klub lamanya, Juventus, dengan status pinjaman hingga akhir 2022/2023 nanti.

Hanya sedikit pemain aktif Italia yang masih berkarier di Premier League saat ini. Paling familier tentu Jorginho dan Emerson Palmieri. Keduanya sama-sama membela Chelsea.

Baca Juga: 5 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Bermain di Serie A

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya