5 Pemain Juventus 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier League

Transformasi pengalaman ke skuad muda Juve saat ini

Juventus mengalami penurunan performa dalam beberapa musim terakhir. Kini, pada musim 2023/2024, Juventus tengah berupaya untuk kembali merajai Serie A Italia. Kans klub yang bermarkas di Allianz Stadium itu sebenarnya sangat terbuka. Terlebih lagi, mereka punya komposisi skuad yang merata di tiap posisi.

Pemain-pemain Juventus punya pengalaman mentereng bersama klub lain. Dari keseluruhan pemain di skuad Bianconeri saat ini, ada lima nama yang pernah berkarier di English Premier League (EPL). Liga tertinggi di Inggris tersebut kerap disebut-sebut sebagai liga terkompetitif di Eropa, bahkan dunia. Siapa saja kelima pemain Juventus 2023/2024 yang pernah mentas di EPL?

1. Wojciech Szczesny tumbuh sebagai salah satu kiper tangguh yang pernah dimiliki oleh Arsenal

5 Pemain Juventus 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier LeagueWojciech Szczesny (arsenal.com)

Sebelum menjadi bagian dari skuad Juventus, Wojciech Szczesny memulai kariernya di liga top Eropa bersama Arsenal. Ia bergabung dengan tim muda The Gunners. Puncaknya, Szczesny promosi ke skuad utama Arsenal pada musim 2008/2009 silam.

Ia mendapatkan kepercayaan sebagai kiper utama The Gunners. Sosoknya selalu diandalkan selama bermusim-musim, termasuk di ajang English Premier League. Namun, peran Szczesny tergeser karena kedatangan kiper anyar, seperti David Ospina, pada musim panas 2015. Ia sempat dipinjamkan ke AS Roma, lalu dijual permanen ke Juventus pada 2017.

Baca Juga: 9 Jebolan Akademi yang Membela Tim Utama Juventus pada 2023/2024

2. Danilo sempat menjadi bagian dari kejayaan Manchester City

5 Pemain Juventus 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier LeagueDanilo (goal.com)

Kiprah Danilo sebagai pemain sepak bola cukup mentereng pada sepanjang kariernya. Pasalnya, ia membela sejumlah klub raksasa Eropa. Sebelum dimiliki oleh Juventus, Danilo sempat berlabuh ke Real Madrid dan Manchester City. Bersama kedua klub itu, Danilo meraih sejumlah kesuksesan dengan bergelimang gelar juara.

Bersama Manchester City, Danilo bertahan selama 2 musim (2017--2019). Dalam waktu yang singkat, Danilo sejatinya tak menjadi pilihan utama. Ia kesulitan untuk tampil reguler di jantung pertahanan. Danilo juga kerap menjadi bahan eksperimen sang manajer, Pep Guardiola. Oleh sebab itu, ia ditukar dengan Joao Cancelo hingga akhirnya berlabuh ke Juventus.

3. Paul Pogba membela Manchester United dengan beragam drama di dalamnya

5 Pemain Juventus 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier LeaguePaul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Paul Pogba punya perjalanan karier yang menarik. Hal itu bukan tanpa alasan. Pogba selalu bolak-balik di dua klub, yaitu Manchester United dan Juventus. Puncaknya, pada musim panas 2022 lalu, Pogba memutuskan untuk kembali ke Turin usai berkarier di Manchester United selama 6 musim.

Kepulangannya ke Juventus sempat menjadi angin segar. Namun, Pogba belum mampu memberikan performa yang maksimal. Ia mengalami cedera yang panjang sehingga absen dalam waktu lama. Pogba pun tengah terjerat kasus dugaan doping. Akibat masalah tersebut, ia berpotensi untuk  mendapat sanksi berat dari dunia sepak bola.

4. Weston McKennie gagal menyelamatkan Leeds United dari zona degradasi

5 Pemain Juventus 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier LeagueWeston McKennie (instagram.com/leedsunited)

Weston McKennie sudah membela Juventus sejak musim 2020/2021 lalu. Sosoknya masih dipertahankan di skuad Bianconeri hingga sekarang meski ia sempat dipinjamkan. Hal itu terjadi pada paruh kedua musim 2022/2023. McKennie dipinjamkan ke Leeds United untuk menambah opsi di lini tengah.

Pemain berpaspor Amerika Serikat itu sebenarnya langsung diandalkan oleh The Whites. McKennie tampil reguler dengan catatan 20 penampilan. Sayangnya, ia gagal menyelamatkan Leeds United dari jurang degradasi. McKennie akhirnya tak ditebus secara permanen. Ia pun langsung dikembalikan ke Juventus.

5. Moise Kean gagal membuktikan ketajamannya di lini serang Everton

5 Pemain Juventus 2023/2024 yang Pernah Mentas di Premier LeagueMoise Kean (premierleague.com)

Moise Kean merupakan produk akademi Juventus. Namanya mulai mencuat sejak dipromosikan ke skuad utama pada awal musim 2018/2019. Namun, semusim berselang, Kean memutuskan untuk hijrah ke Everton. Ia melakukannya karena kesempatan bermain yang sedikit di Juventus.

Pindah ke Everton justru bukanlah keputusan yang tepat baginya. Kean tak diandalkan sebagai mesin gol utama. Ia hanya bertahan selama semusim di Goodison Park. Selebihnya, Kean dipinjamkan ke PSG. Ia lalu dipinjamkan ke Juventus pada musim panas 2021. Selang 2 musim kemudian, jasanya dipermanenkan.

Kelima pemain di atas pernah membela klub kontestan English Premier League (EPL). Pengalaman mentereng itu menjadi modal bagus bagi mereka. Kini, bersama Juventus, mereka menjadi andalan di posisinya masing-masing.

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa Juventus vs Inter Milan, Ada Del Piero!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya