7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di Bundesliga

Josko Gvardiol salah satunya!

Manchester City mendominasi English Premier League (EPL) dalam sedekade terakhir. Kehebatan The Citizens ini merupakan hasil dari racikan manjur sang pelatih, khususnya Pep Guardiola. Manchester City mampu membangun skuad yang kompetitif dan berlabel bintang di tiap posisi.

Komposisi skuad The Citizens makin kuat pada musim 2023/2024. Hal ini dipastikan setelah mereka berhasil menggaet Josko Gvardiol. Bek muda Kroasia itu direkrut dari klub Bundesliga, RB Leipzig. Gvardiol menambah daftar pemain aktif Manchester City yang pernah berkiprah di Bundesliga. Siapa saja?

1. Joao Cancelo sempat dipinjam oleh Bayern Munich selama 6 bulan

7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di BundesligaJoao Cancelo (instagram.com/jpcancelo)

Joao Cancelo sempat menjadi salah satu pemain kunci Manchester City. Sayangnya, konflik yang ia hadapi dengan Pep Guardiola menjadi petaka pada akhir 2022 lalu. Cancelo resah karena minim menit bermain. Oleh sebab itu, ia hengkang dengan status pinjaman ke Bayern Munich. Cancelo sebenarnya tampil reguler dengan 21 penampilan. Namun, Die Roten tak tertarik untuk menebusnya secara permanen.

2. Kevin De Bruyne menemukan sinarnya di Wolfsburg

7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di BundesligaKevin De Bruyne (twitter.com/KevinDeBruyne)

Sebelum bersinar di Manchester City, Kevin De Bruyne merajut kariernya bersama Wolfsburg. Ia membela Die Wolfe selama 1,5 musim. Bergabung pada musim dingin 2014, De Bruyne tampil impresif di lini tengah Wolfsburg. Namanya melambung di Jerman. Tak hanya itu, De Bruyne juga meraih 1 gelar DFB Pokal dan 1 Piala Super Jerman. Catatan impresif itu membawanya ke Etihad Stadium pada musim panas 2015.

3. Erling Haaland tampil sensasional sebagai mesin gol andalan Borussia Dortmund

7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di BundesligaErling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland sudah menjadi fenomena kelas atas sejak membela RB Salzburg. Namanya makin disorot usai pindah ke Borussia Dortmund pada awal 2020. Bersama Die Borussen, ketajaman Haaland sebagai mesin gol ganas tak terbendung. Ia mencetak 86 gol dari 89 laga. Manchester City merekrutnya pada musim panas 2022. Kehadirannya membuat lini serang The Citizens makin produktif dan menghasilkan ratusan gol.

4. Sergio Gomez tak mampu bersinar di lini belakang Borussia Dortmund

7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di BundesligaSergio Gomez (twitter.com/BlackYellow)

Sergio Gomez merupakan pemain baru Manchester City pada musim panas 2022. Rekam jejaknya cukup mentereng meski masih berusia 22 tahun. Sebelum membela The Citizens, Gomez pernah membela sejumlah klub besar, termasuk Borussia Dortmund. Ia berseragam Die Borussen selama 3,5 musim (2018--2021). Meski cukup lama, kariernya tak berjalan mulus di sana. Gomez hanya bermain sebanyak tiga kali karena jadi cadangan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 18 Manchester City sebelum Stefan Ortega

5. Stefan Ortega setia bersama Arminia Bielefeld sebelum hijrah ke Manchester City

7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di BundesligaStefan Ortega (bundesliga.com)

Stefan Ortega besar di Arminia Bielefeld. Namanya bersinar meski tim yang ia bela itu tak punya catatan mentereng. Karier Ortega sebenarnya lebih banyak dihabiskan di Bundesliga 2. Meski begitu, ia sempat membawa timnya tampil di kasta teratas selama 2 musim. Hal itu terjadi pada musim 2020/2021 dan 2021/2022. Setelah itu, Manchester City merekrutnya ke Etihad Stadium sebagai pelapis Ederson.

6. Manuel Akanji jadi pemain kunci di jantung pertahanan Borussia Dortmund meski kerap cedera

7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di BundesligaManuel Akanji (twitter.com/BlackYellow)

Mantan personel Borussia Dortmund di Manchester City ternyata cukup banyak. Selain Haaland dan Gomez, masih ada Manuel Akanji yang tampil solid di lini belakang. Ia bergabung dengan The Citizens pada musim panas 2022. Sebelumnya, Akanji berkarier dalam waktu yang cukup lama di Borussia Dortmund. Ia menjadi salah satu opsi utama Die Borussen dalam mengawal pertahanan meski punya riwayat cedera yang kerap kambuh.

7. Josko Gvardiol dibeli mahal oleh Manchester City pada musim panas 2023

7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di BundesligaJosko Gvardiol (twitter.com/Bundesliga_EN)

Kehadiran Josko Gvardiol semakin menambah aura kental Bundesliga di skuad Manchester City. Gvardiol direkrut dari RB Leipzig dengan nominal fantastis, yaitu 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Aksinya yang impresif bersama Die Roten Bullen menjadi alasan utama Manchester City tertarik. Gvardiol bakal memperkuat lini belakang The Citizens. Ia menjadi rekrutan kedua pada musim panas 2023 setelah Mateo Kovacic.

Ketujuh pemain di atas punya pengalaman bagus sebab pernah berkarier di Bundesliga. Namun, tak semuanya jadi andalan Manchester City. Beberapa pemain dikabarkan bakal hengkang, termasuk Joao Cancelo.

Baca Juga: 5 Bek Tengah Termahal Sepanjang Sejarah, Gvardiol Memecahkan Rekor

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya