5 Pemain Top Ini Membela AS Monaco di Usia Muda, Martial hingga Mbappe

AS Monaco melahirkan sederet pemain bintang

AS Monaco merupakan salah satu tim Ligue 1 yang memiliki banyak prestasi dalam sejarahnya. Klub yang berdomisili di Monako ini telah merengkuh delapan titel Ligue 1 hingga kini. Punya prestasi yang mencolok, AS Monaco juga dikenal sukses melahirkan banyak pemain hebat.

Di liga top Eropa saat ini, sederet pemain yang berstatus mantan penggawa AS Monaco telah tersebar di berbagai klub. Kebanyakan dari mereka pernah singgah ke klub berjuluk Les Rouge et Blanc saat masih berusia muda alias belum terlalu dikenal. Penasaran siapa saja? Berikut ulasannya!

1. Anthony Martial

5 Pemain Top Ini Membela AS Monaco di Usia Muda, Martial hingga MbappeAnthony Martial (twitter.com/WeStreamFM)

AS Monaco menjadi saksi di balik pesatnya perkembangan karier Anthony Martial. Ia sejatinya hanya membela Les Rouge et Blanc selama dua musim, tetapi sukses menarik minat klub-klub besar Eropa. Perjalanan Martial bersama AS Monaco dimulai pada awal musim 2013/2014 lalu.

Di usianya yang masih belasan tahun saat itu, pemain berkebangsaan Prancis tersebut dinilai sebagai sosok yang potensial. Terlebih, Martial rutin dimainkan dengan catatan 70 penampilan di berbagai ajang. Pada musim panas 2015, Martial menerima tawaran salah satu klub elite Inggris, Manchester United.

2. James Rodriguez

5 Pemain Top Ini Membela AS Monaco di Usia Muda, Martial hingga MbappeJames Rodriguez (twitter.com/Squawka)

Kebersamaan James Rodriguez dengan AS Monaco hanya seumur jagung, yaitu semusim saja. Kendati demikian, James menjalani kenaikan karier yang begitu pesat bersama Les Rouge et Blanc. Kolaborasi keduanya terjadi pada musim 2013/2014 lalu usai James direkrut dari FC Porto.

Hengkang ke Ligue 1 ternyata merupakan keputusan yang tepat. Performa pemain Kolombia itu menanjak lewat torehan 10 gol dan 14 assist bersama tim barunya. Nama James makin naik daun setelah tampil apik di Piala Dunia 2014. Tak ayal, klub sekaliber Real Madrid langsung tertarik merekrutnya.

Baca Juga: 10 Potret Alexander Nubel, Penerus Manuel Neuer yang Nyaman di Monaco

3. Yannick Carrasco

5 Pemain Top Ini Membela AS Monaco di Usia Muda, Martial hingga MbappeYannick Carrasco (twitter.com/FTalentScout)

Di usia mudanya, Yannick Carrasco memilih untuk mengadu nasib di kompetisi negara lain. Ia bergabung dengan tim akademi AS Monaco pada tahun 2010 silam demi mengasah bakat sepak bolanya. Dua tahun berselang, pemain berpaspor Belgia itu sukses naik kasta ke skuad utama Les Rouge et Blanc.

Kepercayaan yang diberikan tak disia-siakan oleh Carrasco. Ia menunjukkan penampilan yang menjanjikan, khususnya di sisi sayap penyerangan AS Monaco. Carrasco mencatatkan 103 penampilan bersama tim Ligue 1 tersebut selama tiga musim. Setelahnya, ia dipinang Atletico Madrid ke ibu kota Spanyol.

4. Bernardo Silva

5 Pemain Top Ini Membela AS Monaco di Usia Muda, Martial hingga MbappeBernardo Silva (twitter.com/NMunegu)

AS Monaco terus eksis mengorbitkan pemain-pemain muda jempolan dalam sedekade terakhir, salah satunya Bernardo Silva. Awal perjalanannya bersama Les Rouge et Blanc, sejatinya dilalui dengan status pinjaman pada musim panas 2014 lalu. Bernardo dipinjam dari salah satu klub top Portugal, FC Porto.

Tak disangka, pemain berusia 27 tahun tersebut mampu tampil apik di lini depan Monaco. Bernardo lantas dipermanenkan pada pertengahan musim dan menjelma sebagai salah satu pilar kunci Les Rouge et Blanc. Ia juga berkontribusi di balik pencapaian timnya menjadi kampiun Ligue 1 musim 2016/2017.

5. Kylian Mbappe

5 Pemain Top Ini Membela AS Monaco di Usia Muda, Martial hingga MbappeKylian Mbappe (twitter.com/brfootball)

Dari semua pemain top yang sukses diorbitkan AS Monaco hingga kini, nama Kylian Mbappe bisa dibilang sebagai lulusan terbaik. Bagaimana tidak, Mbappe telah bertransformasi menjadi salah satu pemain berlabel bintang di Eropa, bahkan dunia. Dalam hal ini, AS Monaco sangat berperan dalam karier sang pemain.

Mbappe bergabung dengan skuad muda Les Rouge et Blanc pada tahun 2013. Dua tahun berikutnya, ia promosi ke skuad utama dan membawa AS Monaco berjaya di Ligue 1. Mbappe tampil gemilang hingga direkrut PSG dengan mahar fantastis mencapai 145 juta euro atau setara Rp2,2 triliun pada musim panas 2018 lalu.

 

Tak hanya kelima nama di atas, masih banyak pemain top yang pernah membela AS Monaco saat usia mudanya, seperti Layvin Kurzawa, Fabinho, Tiemoue Bakayoko, hingga Thomas Lemar. Siapa favoritmu?

Baca Juga: PSG Kasih Gaji Fantastis ke Kylian Mbappe, Rp11 M Seminggu!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya