5 Pemain Muda Potensial yang Berasal dari Negara Semenjana di Eropa

Punya masa depan yang cerah

Sepak bola Eropa makin diramaikan dengan deretan pemain muda menjanjikan. Pada 2022/2023, beberapa nama potensial menunjukkan aksi impresif bersama klubnya masing-masing. Para pemain muda ini menjadi harapan utama bagi timnas negaranya pada masa depan.

Tak hanya dari negara-negara kuat, beberapa pemain muda berbakat juga berasal dari negara semenjana di Eropa. Negaranya tak punya prestasi mentereng di dunia sepak bola, tetapi para pemain muda ini bisa menjadi angin segar sekaligus harapan cerah. Siapa saja mereka? Berikut pemain muda potensial yang berasal dari negara semenjana di Eropa.

1. Khvicha Kvaratskhelia

5 Pemain Muda Potensial yang Berasal dari Negara Semenjana di EropaKhvicha Kvaratskhelia (instagram.com/kvara7)

Khvicha Kvaratskhelia memimpin sepak bola Georgia. Namanya sebenarnya baru melejit pada 2022/2023. Ia bersinar di Napoli dan mengantarkan timnya itu meraih scudetto. Kvaratskhelia juga meraih gelar pemain terbaik Serie A pada musim debutnya di Italia.

Bersama Timnas Georgia, Kvaratskhelia sudah mengoleksi 22 caps dengan koleksi 10 gol. Ia membawa harapan besar untuk negaranya. Namun, itu butuh waktu yang cukup lama dan proses yang kompleks. Apalagi Georgia bukanlah negara yang berprestasi di dunia sepak bola meski masyarakatnya tergila-gila dengan olahraga itu.

2. Leandro Barreiro

5 Pemain Muda Potensial yang Berasal dari Negara Semenjana di EropaLeandro Barreiro (mainz05.de)

Alih-alih sepak bola, Luksemburg justru dikenal dengan banyaknya perusahaan besar yang beroperasi di sana. Euronews menyebut, itu disebabkan biaya pajak yang murah dan keamanan yang terjamin. Sepak bola Luksemburg pun kurang berkembang karena penduduknya yang sedikit.

Hanya sedikit pemain sepak bola dari negara ini yang menembus liga top Eropa. Leandro Barreiro salah satunya. Ia merupakan pilar penting di lini tengah Mainz 05. Ia sudah menghiasi skuad utama sejak 2018/2019. Barreiro sebenarnya punya darah Portugal, tetapi setia dengan tanah kelahirannya.

Baca Juga: 5 Pemain Georgia yang Pernah Berkarier di Serie A, Termasuk Kvara

3. Kritsjan Asllani

5 Pemain Muda Potensial yang Berasal dari Negara Semenjana di EropaKristjan Asllani (instagram.com/kristjanasllani)

Meski merdeka pada 1913 atau lebih dari seabad yang lalu, Albania tak punya prestasi yang membanggakan dalam ranah sepak bola. Lolos ke Piala Eropa pun hanya sekali-sekali. Sementara tiket ke Piala Dunia belum pernah didapatkan mereka. Padahal, negara ini memiliki banyak talenta muda potensial.

Salah satu nama yang tengah membela klub besar Eropa adalah Kristjan Asllani. Ia berseragam Inter Milan sejak 2021/2022 lalu. Asllani punya prospek cerah meski belum mendapatkan kesempatan tampil reguler. Ia bisa bersinar layaknya Nicolo Barella apabila diberikan jam terbang yang melimpah.

4. Benjamin Sesko

5 Pemain Muda Potensial yang Berasal dari Negara Semenjana di EropaBenjamin Sesko (twitter.com/FCRBS_en)

Benjamin Sesko berasal dari salah satu negara pecahan Yugoslavia, yaitu Slovenia. Ia kini dianggap sebagai salah satu mutiara berharga negaranya tersebut. Pada 2023/2024 mendatang, Sesko bakal memulai petualangan barunya di liga top Eropa bersama RB Leipzig. Ia membawa sejuta harapan untuk Slovenia.

Tak banyak pemain dari negaranya itu yang mentas di liga top Eropa. Hanya beberapa nama, seperti Jan Oblak dan Kevin Kampl. Itu sebabnya prestasi Slovenia tak terlalu mencolok. Bahkan, mereka gagal menembus putaran final Piala Dunia dalam tiga edisi terakhir karena regenerasi yang lambat.

5. Dominik Szoboszlai

5 Pemain Muda Potensial yang Berasal dari Negara Semenjana di EropaDominik Szoboszlai (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Hungaria sejatinya bukanlah negara besar di dunia sepak bola. Tak ada raihan gemilang yang berhasil diraih mereka dalam beberapa abad terakhir. Meski begitu, negara yang merdeka pada 1918 ini menyimpan banyak pemain muda potensial. Dominik Szoboszlai merupakan sosok yang paling mencolok.

Pemain berusia 22 tahun ini dianggap sebagai salah satu kepingan penting untuk masa depan sepak bola Hungaria. Szoboszlai sudah bisa mewujudkannya. Ia punya karier yang gemilang di level klub dan baru saja membela Liverpool. Bersama Timnas Hungaria, Szoboszlai bahkan ditunjuk sebagai kapten utama. Ia sudah mengoleksi 32 caps.

Kelima pemain muda di atas menyimpan banyak potensi yang masih bisa dikembangkan. Selain itu, mereka juga menjadi angin segar untuk negaranya. Kelimanya diharapkan bisa menjadi pembuka jalan bagi pemain lain agar ikut berkarier di liga top Eropa.

Baca Juga: 7 Pemain Liverpool Bernomor Punggung 8, Terbaru Szoboszlai

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya