5 Pemain Terakhir yang Direkrut Permanen oleh Napoli dari Klub Ligue 1

Jens Cajuste digaet dari Reims

Berstatus sebagai kampiun Serie A pada musim lalu, Napoli justru tak terlalu aktif dalam berburu pemain. Klub berjuluk Partenopei itu cenderung pasif dan lebih percaya dengan komposisi skuad yang ada. Napoli baru merekrut tiga pemain, salah satunya adalah Jens Cajuste.

Cajuste didatangkan oleh Napoli dari klub Ligue 1, Stade Reims. Ia bakal menambah opsi di lini tengah Napoli. Selain itu, Cajuste juga menambah deretan rekrutan Napoli yang berasal dari Ligue 1. Termasuk dirinya, inilah lima pemain terakhir yang direkrut permanen oleh Napoli dari Ligue 1.

1. Zinedine Machach bergabung secara gratis dari Toulouse

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Permanen oleh Napoli dari Klub Ligue 1Zinedine Machach (twitter.com/en_sscnapoli)

Zinedine Machach mulai berseragam Napoli sejak musim dingin 2018. Saat itu, ia bergabung secara gratis usai kontraknya habis bersama Toulouse. Bermain di klub sekelas Napoli sejatinya merupakan peningkatan karier. Namun, Machach tak mengalaminya. Kariernya malah menurun drastis bersama Partenopei.

Machach kesulitan untuk mendapatkan menit bermain di Napoli. Ia bahkan tak pernah tampil sama sekali dalam laga resmi. Sejak musim 2018/2019, Machach rutin dipinjamkan ke klub lain, seperti Capri hingga Crotone. Puncaknya, ia dilepas secara permanen ke klub Yunani, Ionikos Nikeas, pada musim panas 2022.

2. Adam Ounas gagal bersinar di Italia

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Permanen oleh Napoli dari Klub Ligue 1Adam Ounas (twitter.com/ChampionsLeague)

Napoli jatuh hati dengan aksi Adam Ounas saat berseragam Bordeaux. Oleh sebab itu, Partenopei memboyongnya ke kota Naples pada musim panas 2017 lalu. Ounas ditebus seharga 12 juta euro atau sekitar Rp201 miliar. Namun, keputusan Napoli itu justru tak tepat sebab Ounas gagal bersinar.

Alih-alih jadi pemain bintang, kiprahnya di justru Napoli tak berjalan lancar. Ounas hanya jadi pemain cadangan yang tampil 62 kali. Ia juga kerap dipinjamkan ke klub lain demi bisa bangkit, tetapi hasilnya tak sesuai harapan. Napoli akhirnya melepas Ounas ke Lille pada musim panas 2022 lalu.

Baca Juga: 4 Pemain Baru Napoli 2023, Benahi Lini Depan dan Belakang

3. Karier Kevin Malcuit di Napoli tak berjalan dengan mulus

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Permanen oleh Napoli dari Klub Ligue 1Kevin Malcuit (twitter.com/KevzRose)

Kevin Malcuit hanya berseragam Lille selama semusim. Itu terjadi pada musim 2017/2018. Hal ini bukan tanpa alasan sebab dirinya langsung direkrut oleh Napoli. Saat itu, Partenopei merekrutnya ke kota Naples dengan biaya 12 juta euro atau sekitar Rp197 miliar. Sayangnya, Malcuit tak bertahan lama.

Ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Ia kalah bersaing dengan Elseid Hysaj di posisi bek kanan. Malcuit hanya mengoleksi 48 penampilan bersama Napoli. Ia sempat dipinjamkan ke Fiorentina sebelum dilepas permanen ke klub Turki, Ankaragucu, pada musim panas 2022 lalu.

4. Victor Osimhen menjelma striker ganas bersama Napoli

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Permanen oleh Napoli dari Klub Ligue 1Victor Osimhen (twitter.com/victorosimhen9)

Napoli seolah melakukan perjudian besar saat menggaet Victor Osimhen. Bergabung dari Lille pada musim panas 2020, Osimhen direkrut seharga 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Biaya itu dianggap terlalu mahal, apalagi pengalaman Osimhen yang masih minim di liga top Eropa.

Keraguan itu tampaknya benar-benar terjadi. Osimhen kesulitan bersinar dalam 2 musim perdananya di Italia. Namun, ia tak menyerah begitu saja. Di bawah asuhan Luciano Spalletti, Osimhen berhasil menemukan ketajamannya sebagai mesin gol Napoli. Ia sudah mencetak 59 gol dan 14 assist dari 101 penampilan di semua ajang.

5. Jens Cajuste meremajakan lini tengah Napoli

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Permanen oleh Napoli dari Klub Ligue 1Jean Cajuste (instagram.com/officialsscnapoli)

Napoli tak terlalu aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Pasalnya, Partenopei baru merekrut tiga pemain, termasuk Jens Cajuste. Sang pemain didatangkan dari Reims seharga 12 juta euro atau sekitar Rp201 miliar. Napoli mengontrak pemain berusia 24 tahun itu dengan durasi 4 musim hingga Juni 2028.

Cajuste merupakan warna baru di lini tengah Napoli. Bagaimana tidak, kebanyakan gelandang Napoli lain sejatinya bakal memasuki usia kepala tiga, seperti Frank Anguissa dan Stanislav Lobotka. Kehadiran Cajuste diharapkan dapat memuluskan rencana regenerasi Napoli yang bersaing di papan atas klasemen Serie A.

Napoli sebenarnya tak punya rekam jejak transfer yang baik dengan pemain dari Ligue 1. Namun, kesuksesan Victor Osimhen bisa jadi pembuka jalan bagi nama baru lainnya, seperti Cajuste. Akankah ia bisa membuktikan kualitasnya bersama Partenopei?

Baca Juga: 11 Fakta Jens Cajuste, Gelandang Bertahan Anyar Napoli asal Swedia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya