5 Pemain Non-Eropa Terakhir yang Direkrut PSG, Ada Lee Kang In

Sebagian besar sudah hengkang ke klub lain

Paris Saint-Germain berbenah pada bursa transfer musim panas 2023. Setelah melepas beberapa pemain, Les Parisiens langsung mendapatkan penggantinya. Salah satu pemain anyar PSG itu adalah Lee Kang In yang bergabung dari Mallorca.

Pemain asal Korea Selatan itu bakal memperkuat lini serang Les Parisiens. Sementara itu, Kang In juga menambah daftar panjang rekrutan PSG yang berasal dari luar Eropa. PSG sering merekrut pemain yang berasal dari luar Benua Biru. Termasuk Lee Kang In, inilah lima pemain non-Eropa terakhir yang direkrut PSG.

1. Rafinha

5 Pemain Non-Eropa Terakhir yang Direkrut PSG, Ada Lee Kang InRafinha (twitter.com/Rafinha)

Kabar mengejutkan datang dari PSG pada musim panas 2020. Les Parisiens merekrut pemain milik Barcelona, Rafinha, ke Parc des Princes. Keputusannya ini cukup disorot sebab Rafinha tak punya karier yang menjanjikan. Ia lebih banyak dipinjamkan daripada menjadi pemain inti Barcelona.

Keraguan yang ditujukan untuk Rafinha itu sepenuhnya tepat. Ia tak mampu tampil reguler bersama PSG. Rafinha hanya bertahan selama 2 musim dengan catatan 39 penampilan di semua kompetisi. Ia pun akhirnya dilepas ke klub Qatar, Al-Arabi SC, pada musim panas 2022 lalu.

2. Mauro Icardi

5 Pemain Non-Eropa Terakhir yang Direkrut PSG, Ada Lee Kang InMauro Icardi (instagram.com/mauroicardi)

Alih-alih bertahan lebih lama di Inter Milan, Mauro Icardi sepakat untuk pindah pada musim panas 2019. Negosiasi kontrak yang urung menemui kata sepakat menjadi penyebab dirinya pindah dari Inter Milan. Karena profilnya yang mentereng, Icardi tak butuh waktu untuk mendapatkan klub baru.

Icardi bergabung dengan PSG. Ia awalnya berstatus pinjaman, tetapi dipermanenkan seharga 50 juta euro atau sekitar Rp827 miliar oleh klub kaya raya Paris itu. Icardi sempat menjadi mesin gol andalan PSG. Namun, ia kehilangan tempatnya. Icardi lalu dipinjamkan ke Galatasaray pada musim 2022/2023 lalu.

Baca Juga: Casemiro Diam-diam Mengidolakan Lionel Messi

3. Lionel Messi

5 Pemain Non-Eropa Terakhir yang Direkrut PSG, Ada Lee Kang InLionel Messi (instagram.com/psg)

Drama kepindahan Lionel Messi dari Barcelona akhirnya terjawab. Setelah kegagalan perpanjangan kontrak akibat masalah finansial, Barcelona terpaksa melepas salah satu legendanya itu. Messi hijrah secara gratis pada musim panas 2022. PSG pun beruntung mendapatkan jasanya tanpa biaya.

Messi membela PSG selama dua musim. Meski performanya kerap disorot, khususnya dari penggemar PSG sendiri, catatan Messi sejatinya masih menjanjikan. Ia sanggup mengemas 32 gol dan 35 assist dari 72 pertandingan. Setelah kontraknya habis pada Juni 2023, Messi berkalana ke klub MLS, Inter Miami.

4. Achraf Hakimi

5 Pemain Non-Eropa Terakhir yang Direkrut PSG, Ada Lee Kang InAchraf Hakimi (instagram.com/achrafhakimi)

Setelah menjuarai Serie A 2020/2021, Inter Milan justru melepas beberapa pemain andalannya. Itu dilakukan Nerazzuri demi menyeimbangkan neraca keuangan. Selain Romelu Lukaku yang kembali ke Chelsea, Inter Milan juga melepas Achraf Hakimi dengan harga selangit ke PSG.

Hakimi dijual ke PSG seharga 60 juta euro atau sekitar Rp994 miliar. Harga ini dinilai sepadan dengan kualitasnya. Hasilnya pun terlihat. Sejak bergabung dengan skuad Les Parisiens, Hakimi dipercaya menjadi bek kanan utama. Ia sudah bermain dalam 80 pertandingan dengan raihan 9 gol dan 12 assist.

5. Lee Kang In

5 Pemain Non-Eropa Terakhir yang Direkrut PSG, Ada Lee Kang InLee Kang In (instagram.com/psg)

PSG memulai revolusi skuadnya pada musim panas 2023. Melepas beberapa nama bintang macam Lionel Messi dan Sergio Ramos, Les Parisiens menggantinya dengan para pemain potensial dan berharga ekonomis. Lee Kang In salah satunya. Ia bergabung dari Mallorca seharga 22 juta euro atau sekitar Rp364 miliar.

PSG mengontrak Kang In selama 5 musim hingga Juni 2028 mendatang. Kang In bakal menambah kedalaman di lini serang Les Parisiens. PSG juga menjadi klub Eropa ketiga yang bakal dibelanya. Sebelum hijrah ke Paris, Kang In menghabiskan kariernya di Spanyol bersama Valencia dan Mallorca.

Sebagian besar dari mereka sudah hijrah ke klub lain. Terbaru, Mauro Icardi resmi dipermanenkan oleh Galatasaray. Kira-kira, siapakah nama berikutnya yang menyusul jejak mereka ke Parc des Princes?

Baca Juga: Lee Kang In, Talenta Korea Selatan Penerus Son Heung Min di Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya