5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor Premier League

Pemain dari benua Afrika mendominasi

English Premier League dicap sebagai liga sepak bola paling kompetitif saat ini. Peta persaingan yang sulit ditebak menambah bumbu-bumbu keseruannya tersendiri. Tak hanya rivalitas tiap klub, performa para pemain juga menarik untuk dibahas.

EPL pernah dan tengah dihuni oleh sederet penyerang berkualitas. Dalam beberapa musim terakhir, peraih gelar top skor pun cukup beragam. Kebanyakan dari mereka merupakan pemain asing atau non-Inggris. Lantas, siapa saja pemain non-Inggris yang meraih gelar top skor Premier League? Berikut daftar lengkapnya.

1. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor Premier LeaguePierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/Auba)

English Premier League 2018/2019 terasa berbeda. Pasalnya, gelar top skor tak hanya diraih oleh satu atau dua pemain, tetapi tiga nama sekaligus. Salah satunya adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Ia berhasil menyabet gelar top skor dengan koleksi 22 gol dari 36 laga bersama Arsenal.

Musim 2018/2019 merupakan musim terbaiknya sewaktu membela The Gunners. Sayangnya, pemain berpaspor Gabon itu gagal membawa Arsenal melaju ke Liga Champions. The Gunners hanya finish di peringkat kelima. Itu memastikannya lolos ke Liga Europa.

2. Sadio Mane

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor Premier LeagueSadio Mane (twitter.com/LFC)

Selain Aubameyang, dua pemain lain yang menyabet top skor EPL 2018/2019 merupakan penggawa Liverpool. Salah satunya adalah Sadio Mane. Ia berhasil mengemas 22 gol dari 36 penampilan di liga domestik. Catatan itu merupakan raihan terbaik Mane selama enam musim berseragam Liverpool.

Pada musim yang sama, ia juga berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions untuk The Reds. Mane merupakan salah satu tumpuan utama di lini serang The Reds. Bersama Roberto Firmino dan Mohamed Salah, ketiganya berhasil membentuk trio menakutkan di lini serang.

Baca Juga: 5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!

3. Mohamed Salah

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor Premier LeagueMohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Ketiga top skor EPL 2018/2019 sama-sama berasal dari Afrika. Satu pemain lain yang menyabet gelar serupa adalah Mohamed Salah. Rekan Sadio Mane di Liverpool ini tampil impresif pada musim tersebut. Dari 35 laga di EPL, Salah sukses membukukan 22 gol dan 14 assist.

Salah tak hanya meraih gelar top skor EPL sekali, melainkan tiga kali. Dua gelar top skor lainnya berhasil ia raih pada musim 2017/2018 (32 gol) dan 2021/2022 (23 gol). Catatan ini melengkapi prestasinya yang gemilang bersama Liverpool. Salah sudah panen juara di Liverpool, baik gelar kolektif atau individu.

4. Son Heung Min

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor Premier LeagueSon Heung Min (twitter.com/OfficialFPL)

Son Heung Min menikmati puncak performanya bersama Tottenham Hotspur pada musim 2021/2022. Bersama Mohamed Salah, ia meraih gelar top skor EPL dengan koleksi 23 gol. Torehan ini sangat spesial baginya. Son menjadi pemain Asia pertama yang meraih penghargaan tersebut.

Ia membantu The Lilywhites finis di posisi keempat klasemen. Hal ini sekaligus mengamankan satu tiket ke putaran final Liga Champions. Koneksi apiknya dengan Harry Kane di lini serang berperan besar dalam tingginya produktivitas gol yang dicetak oleh Tottenham Hotspur.

5. Erling Haaland

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor Premier LeagueErling Haaland (instagram.com/mancity)

Erling Haaland menjadi sebuah sensasi tersendiri di EPL 2022/2023. Berstatus debutan, ia sukses mencuri sorotan. Haaland tampil bak monster menakutkan di depan gawang lawan. Ia bahkan berhasil meraih gelar top skor pada musim debutnya. Total, 36 gol berhasil ia sarangkan.

Awal perjalanannya bersama Manchester City menghasilkan beragam rekor istimewa. Ditopang oleh sederet gelandang jempolan, Haaland semakin ganas dalam menunjukkan kualitasnya. Ia memiliki peran krusial di lini serang The Citizens. Musim debutnya juga sangat istimewa dengan raihan treble winners.

English Premier League menjadi panggung terbaik bagi sederet penyerang ganas untuk menunjukkan ketajamannya. Penyerang non-Inggris masih mendominasi, tetapi nama-nama lokal tetap layak diperhitungkan. Kira-kira, siapakah yang akan menjadi top skor EPL pada musim depan?

Baca Juga: 10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang Sejarah

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya