10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang Sejarah

Ada yang mencapai Rp2 Triliun

Premier League dikenal sebagai salah satu liga sepak bola paling kompetitif di dunia. Tak sedikit pesepak bola profesional dari belahan dunia lain bercita-cita merasakan berkompetisi di Liga Inggris.

Tidak heran kalau banyak pemain yang ditransfer ke klub Liga Inggris pun dijual dengan harga selangit. Ada beberapa rekrutan termahal Premier League yang dibeli sejumlah klub dengan harga fantastis.

Siapa saja mereka? Ketahui selengkapnya di artikel ini, yuk!

1. Virgil Van Dijk (74,4 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang Sejarahpremierleague.com

Mulai dari urutan terakhir adalah Virgil Van Dijk, pemain yang direkrut Liverpool dari Southampton pada bursa transfer musim dingin 2018.

Saat itu, Van Dijk yang berusia 26 tahun didatangkan dengan mahar sekitar 74,4 juta poundsterling atau sekitar Rp1,4 triliun. Ketika itu, Van Dijk menjadi bek termahal sepanjang sejarah.

2. Jadon Sancho (74,8 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahJadon Sancho (twitter.com/OfficialFPL)

Rekrutan termahal Premier League berikutnya adalah Jadon Sancho yang bergabung ke Manchester United dari Borussia Dortmund. Gosip ketertarikan MU terhadap Sancho sebenarnya sudah sejak 2020. Namun, ia baru diboyong ke Old Trafford pada bursa musim panas 2021.

Sancho dibeli MU dengan harga sekitar 74,8 juta poundsterling atau Rp1,4 triliun.

3. Harry Maguire (76,6 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahHarry Maguire (twitter.com/ManUtd)

Masih dari klub Setan Merah, Harry Maguire direkrut oleh Manchester United dari Leicester City pada Agustus 2019. Maguire diboyong dengan harga sekitar 76,6 juta poundsterling atau Rp1,5 triliun.

Dengan transfer ini, Maguire menggeser posisi Van Dijk sebagai bek termahal di dunia. Maguire dikontrak MU hingga Juni 2025 mendatang.

4. Antony (83,6 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahAntony pemain baru Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Rekrutan Manchester United lagi-lagi masuk dalam daftar ini. Kali ini Antony yang didatangkan MU dari Ajax Amsterdam pada Agustus 2022. Antony dibeli dengan harga 83,6 juta poundsterling atau setara Rp1,6 triliun.

Antony menandatangani kontrak bersama MU hingga Juni 2027 dengan opsi perpanjangan hingga 2028.

5. Romelu Lukaku (90 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahRomelu Lukaku (manutd.com)

Salah satu bintang sepak bola yang sering gonta-ganti klub dalam waktu singkat adalah Romelu Lukaku. Sepanjang kariernya, ia pernah berseragam Everton, Manchester United, Chelsea, hingga Inter Milan.

Pada 2017, Lukaku dibeli oleh Manchester United dari Everton seharga 90 juta pounds atau Rp1,7 triliun. Padahal pada 2014, Everton membelinya dari Chelsea hanya dengan harga 28 juta pounds atau Rp549 miliar.

6. Paul Pogba (92,3 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahManchester United umumkan melepas Paul Pogba dengan status bebas transfer. (Instagram/@paulpogba)

Rekrutmen pemain Liga Inggris selanjutnya adalah pemain lini depan MU, Paul Pogba. Pogba direkrut oleh MU dari Juventus pada Agustus 2016 dengan total nilai transfer sekitar 92,3 pounds atau Rp1,8 triliun.

Pada 2022 lalu, Pogba dilepas oleh Manchester United dengan status bebas transfer. Ia pun memutuskan kembali ke klub sebelumnya, Juventus.

7. Romelu Lukaku (99 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahStriker Chelsea, Romelu Lukaku. (twitter.com/premierleague)

Jika ditotal, Romelu Lukaku bisa dibilang menjadi pemain dengan total transfer termahal di dunia. Setelah dibeli MU senilai 90 juta pounds pada 2017, Lukaku sempat ditransfer ke Inter Milan dengan harga 73 juta pounds.

Lalu pada Agustus 2021, Lukaku kembali ke Chelsea dengan nilai transfer mencapai 99 juta pounds atau Rp1,9 triliun.

Nilai itu tergolong fantastis mengingat Chelsea pernah membelinya dari Anderlecht pada 2011 dengan harga 20 juta pounds.

8. Jack Grealish (103 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahJack Grealish (premierleague.com)

Bergeser ke Manchester biru, Jack Grealish didatangkan Manchester City dari Aston Villa pada Agustus 2021. Grealish dibeli dengan harga 103 juta pounds atau Rp2 triliun.

Saat itu, City tampak serius untuk memboyong Grealish agar bisa segera bergabung ke skuad asuhan Pep Guardiola ini. Grealish dikabarkan menerima gaji sekitar Rp267 miliar per tahun.

Baca Juga: Profil Fabrizio Romano, Jurnalis Bola Si Raja Gosip Bursa Transfer

9. Declan Rice (105 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahDeclan Rice bergabung dengan Arsenal (arsenal.com)

Rekrutan pemain termahal Premier League berikutnya adalah Declan Rice yang resmi berseragam Arsenal. Gelandang bertahan ini belakangan tampil menonjol di West Ham maupun timnas Inggris.

Hal ini membuat beberapa klub tertarik mendatangkannya, termasuk Arsenal. Meskipun sempat berjalan alot, nilai transfer Rice pun disetujui West Ham dengan harga 105 juta pounds atau Rp2,06 triliun.

Baca Juga: Bursa Transfer Arsenal 2023/2024 Terbaru, Havertz Gabung!

10. Enzo Fernandez (106,8 juta pounds)

10 Rekrutan Termahal Premier League Sepanjang SejarahEnzo Fernandez (premierleague.com)

Rekrutan termahal Premier League urutan pertama sepanjang sejarah adalah Enzo Fernandez yang bergabung ke Chelsea dari Benfica. Enzo dibeli Chelsea dengan total transfer senilai 106,8 juta pounds atau nyaris Rp2,1 triliun.

Enzo diboyong ke Stamford Bridge pada bursa transfer musim dingin Januari 2023. Kesepakatan kontraknya pun tidak main-main, Enzo langsung menandatangani kontrak jangka panjang hingga Juni 2031 bersama Chelsea.

Nah, itulah tadi 10 rekrutan termahal Premier League sepanjang sejarah. Sayangnya, beberapa pemain gagal tampil cemerlang bersama klub barunya. Patut dinantikan apakah Declan Rice, rekrutan termahal paling baru bisa membuktikan kalau ia layak dihargai mahal. 

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya