5 Pemain Pinjaman RB Leipzig yang Gagal Bersinar, Ada Carvalho

RB Leipzig tak menjadi tempat terbaik bagi mereka

Intinya Sih...

  • Emile Smith Rowe gagal bersinar di RB Leipzig setelah hanya tampil dua kali karena persaingan ketat
  • Ethan Ampadu tidak berkembang dengan baik di RB Leipzig, hanya tampil tujuh kali dan tidak dibeli secara permanen
  • Justin Kluivert juga kesulitan beradaptasi di RB Leipzig, hanya mencetak 4 gol dari 27 penampilan dan dipinjamkan ke OGC Nice

RB Leipzig dikenal dengan reputasinya sebagai klub penghasil pemain-pemain berbakat. Klub berjuluk Die Roten Bullen itu telah mengorbitkan talenta hebat, seperti Josko Gvardiol hingga Dayot Upamecano. Hal ini didukung dengan kebijakan transfer RB Leipzig yang mumpuni.

Namun, di balik rekam jejak transfer yang sukses itu, RB Leipzig juga pernah melakukan kesalahan. Beberapa rekrutannya malah gagal bersinar, khususnya para pemain yang bergabung dengan status pinjaman. Mereka tak mampu menemukan bentuk permainan terbaiknya bersama RB Leipzig.

Inilah lima pemain pinjaman RB Leipzig yang gagal bersinar.

1. Petualangan Emile Smith Rowe di RB Leipzig berlalu begitu saja

5 Pemain Pinjaman RB Leipzig yang Gagal Bersinar, Ada CarvalhoEmile Smith Rowe (twitter.com/emilesmithrowe)

Emile Smith Rowe merupakan lulusan akademi Arsenal. Sebelum promosi ke skuad utama, ia sempat dipinjamkan kepada klub lain untuk mengasah jam terbang dan pengalaman. Klub pertama yang meminjam jasanya itu adalah RB Leipzig. Smith Rowe direkrut Die Roten Bullen pada musim dingin 2019. Ia dipinjam hingga akhir 2018/2019.

Sayangnya, kiprah Smith Rowe tidak menunjukkan perkembangan signifikan di sana. Alih-alih meraup porsi bermain yang cukup, Smith Rowe justru menjadi cadangan. Ia hanya tampil sebanyak dua kali karena persaingan ketat di lini tengah RB Leipzig. Smith Rowe lantas dikembalikan kepada Arsenal dengan catatan yang kurang mengesankan di Jerman.

2. Ethan Ampadu menambah kedalaman di lini belakang RB Leipzig, tetapi jarang diturunkan

5 Pemain Pinjaman RB Leipzig yang Gagal Bersinar, Ada CarvalhoEthan Ampadu (twitter.com/RBLeipzig)

RB Leipzig dikenal dengan kehebatannya memoles bek-bek muda berbakat, salah satunya Dayot Upamecano. Hal tersebut menjadi alasan utama Chelsea meminjamkan bek muda mereka, Ethan Ampadu, ke RB Leipzig pada 2019/2020. Ampadu datang ke Red Bull Arena untuk berkembang setelah tak masuk ke dalam skema Chelsea.

Skuad RB Leipzig yang dipenuhi bakat-bakat muda sebenarnya bisa menjadi modal bagus bagi Ampadu. Meski begitu, kualitasnya tak berkembang dengan baik. Ampadu gagal mendapatkan kepercayaan sebagai pilihan utama di jantung pertahanan RB Leipzig. Secara keseluruhan, ia hanya tampil tujuh kali di semua ajang. Alhasil, RB Leipzig tak tertarik untuk menebusnya secara permanen.

Baca Juga: Rapor 5 Bek Tengah RB Leipzig pada Paruh pada 2023/2024

3. Justin Kluivert kesulitan beradaptasi

5 Pemain Pinjaman RB Leipzig yang Gagal Bersinar, Ada CarvalhoJustin Kluivert (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Justin Kluivert mulai kehilangan tempat di skuad utama sejak 2020/2021. Ia tak masuk ke dalam rencana jangka panjang Il Giallorossi. Oleh sebab itu, Kluivert memutuskan pindah demi jaminan bermain secara reguler. Dari berbagai pilihan, ia akhirnya sepakat hengkang ke RB Leipzig. Kluivert dipinjam Die Roten Bullen selama 1 musim.

RB Leipzig merupakan klub Bundesliga Jerman pertama yang dibelanya. Itu sebabnya anak dari Patrick Kluivert ini kesulitan dalam beradaptasi. Performanya cenderung tak stabil di lini depan RB Leipzig. Selama masa pinjaman, Kluivert hanya sanggup mencetak 4 gol dan 1 assist dari 27 penampilan. Ia akhirnya dipulangkan ke AS Roma. Namun, Kluivert kembali dipinjamkan. Ia dilepas ke klub Ligue 1 Prancis, OGC Nice.

4. Abdou Diallo harus berurusan dengan masalah cedera

5 Pemain Pinjaman RB Leipzig yang Gagal Bersinar, Ada CarvalhoAbdou Diallo (rbleipzig.com)

Revolusi besar-besaran di skuad Paris Saint-Germain memakan banyak korban. Beberapa pemain Les Parisiens harus angkat kaki karena tak menjadi pilar utama, termasuk Abdou Diallo. Ia gagal mendapatkan kepercayaan dari manajemen untuk memperkuat sektor pertahanan. Alhasil, Diallo dipinjamkan ke RB Leipzig pada 2022/2023.

Pindah ke RB Leipzig tak menjadi jaminan berarti untuknya agar tampil secara rutin. Opsi bek tengah yang gemuk menghadirkan persaingan ketat. Tak hanya itu, Diallo juga dilanda cedera sehingga performanya kurang maksimal. Ia hanya bermain sebanyak 15 kali di semua ajang. Jasanya tidak ditebus permanen RB Leipzig. Setelah kembali ke PSG, ia langsung dilepas ke klub Qatar, Al-Arabi SC.

5. Fabio Carvalho punya potensi yang gagal dieksplorasi RB Leipzig

5 Pemain Pinjaman RB Leipzig yang Gagal Bersinar, Ada CarvalhoFabio Carvalho (kanan) (rbleipzig.com)

Fabio Carvalho dinilai sebagai aset berharga Liverpool. Namun, The Reds belum bisa memberikannya jaminan menit bermain yang cukup. Oleh sebab itu, opsi pinjaman ditempuh agar kualitas Carvalho dapat berkembang dengan baik. Dari sejumlah tawaran yang ada, Liverpool memilih RB Leipzig sebagai tempat ideal bagi Carvalho untuk menjalani peminjaman.

Carvalho dipinjam Die Roten Bullen pada musim panas 2023. Rekam jejak RB Leipzig yang gemar mengorbitkan pemain muda berbakat menjadi alasan terkuat dirinya dilepas ke sana. Sayangnya, hal itu tak benar-benar terjadi. Carvalho malah kekurangan menit bermain. Ia gagal tampil reguler karena tidak diandalkan oleh sang manajer, Marco Rose. Carvalho hanya bermain sebanyak 15 kali dan 9 di antaranya sebagai pemain pengganti. Durasi peminjamannya lantas dipotong hingga Januari 2024.

RB Leipzig tak selalu menjadi tujuan tepat bagi para pemain untuk mengembangkan kariernya. Kelima pemain di atas membuktikan bahwa Die Roten Bullen juga pernah membuat kebijakan transfer yang tak menguntungkan bagi mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli RB Leipzig pada Bursa Transfer Januari

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya