3 Pemain PSG 2023/2024 yang Pernah Berseragam Klub Premier League

Tak ada yang membela klub besar

Paris Saint-Germain merupakan klub raksasa yang mendominasi kancah sepak bola Prancis. Klub berjuluk Les Parisiens ini dikenal dengan komposisi skuadnya yang bertabur bintang. Banyak pemain papan atas yang menghiasi skuad PSG dengan segudang pengalaman, termasuk berkarier di English Premier League (EPL).

EPL kerap dipandang sebagai liga sepak bola paling kompetitif. Bermain di liga tertinggi Inggris tersebut tentunya menjadi pengalaman berharga. Di antara semua pemain aktif PSG pada 2023/2024, ada tiga nama yang pernah membela klub Premier League. Siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Keylor Navas dipinjamkan kepada Nottingham Forest untuk menambal krisis kiper

3 Pemain PSG 2023/2024 yang Pernah Berseragam Klub Premier LeagueKeylor Navas (twitter.com/NavasKeylor)

Keylor Navas sejatinya sudah berseragam PSG sejak 2019/2020. Ia awalnya dipercaya sebagai kiper utama Les Parisiens. Namun, posisinya itu tergusur Gianluigi Donnarumma yang kini menjadi kiper nomor satu. Navas jarang bermain dan lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Eks kiper Real Madrid itu sempat dipinjamkan pada paruh kedua 2022/2023. PSG meminjamkannya kepada klub promosi English Premier League (EPL), Nottingham Forest. Kehadiran Navas ditujukan untuk menambal lubang di sektor kiper The Tricky Trees yang mengalami krisis.

Navas memberikan kontribusi besar bagi klub barunya itu. Ia tampil gemilang di bawah mistar gawang Nottingham Forest. Perannya tak tersentuh dengan catatan 17 penampilan di semua ajang. Ia juga berhasil menyelamatkan Nottingham Forest dari zona degradasi.

Baca Juga: Mengenal Sosok Senny Mayulu, Jebolan Akademi PSG Calon Ikon Klub

2. Sergio Rico gagal menyelamatkan Fulham dari zona degradasi

3 Pemain PSG 2023/2024 yang Pernah Berseragam Klub Premier LeagueSergio Rico (instagram.com/sergioricogonzalez1)

Sergio Rico pernah berseragam klub Premier League meski sebatas pinjaman. Hal itu terjadi pada 2018/2019. Rico yang saat itu masih dimiliki Sevilla hijrah ke Fulham dengan status pinjaman selama semusim penuh. Kedatangannya pun tak sia-sia sebab Rico diplot menjadi kiper utama.

Namun, bermain untuk klub sekelas Fulham bukanlah perkara mudah. Rico mengalami kesulitan bersama The Cottagers. Meski tampil reguler dengan catatan 32 penampilan, Rico tak sanggup menyelamatkan gawangnya dari 59 kali kebobolan. Tak ayal Fulham tampil buruk sepanjang musim. Fulham akhirnya terdegradasi ke Championship.

Sementara itu, Rico kembali ke Sevilla. Ia langsung dipinjamkan kepada PSG pada musim panas 2019. Semusim berselang, jasanya ditebus secara permanen oleh Les Parisiens. Meski bukan pilihan utama, jasa Rico masih dipertahankan hingga 2023/2024 ini.

3. Layvin Kurzawa jarang bermain di Fulham karena cedera

3 Pemain PSG 2023/2024 yang Pernah Berseragam Klub Premier LeagueLayvin Kurzawa (twitter.com/layvinkurzawa)

Satu pemain aktif PSG lainnya yang pernah membela klub Premier League adalah Layvin Kurzawa. Sama seperti Rico, petualangannya di Inggris dihabiskan bersama Fulham dengan status pinjaman. Kurzawa dipinjam oleh The Cottagers untuk menambah opsi bek sayap pada 2022/2023 lalu.

Kepindahannya ke Fulham sebenarnya sempat diragukan. Terlebih, kondisi Kurzawa yang belum fit sepenuhnya akibat mengalami cedera. Ia bahkan baru menjalani debut bersama Fulham pada November 2022. Itu sebabnya Kurzawa minim tampil.

Secara keseluruhan, kontribusi yang diberikan olehnya sangat terbatas. Kurzawa hanya tampil sebanyak 6 kali dengan koleksi 2 gol dan 1 assist. Pada musim panas 2023, ia kembali ke skuad PSG. Namun, Kurzawa hanya menjadi cadangan karena kalah bersaing dengan Nuno Mendes di posisi bek kiri.

Ketiga pemain PSG pernah merasakan ketatnya atmosfer di English Premier League. Meski begitu, sebagian besar dari mereka justru menjadi pelapis yang jarang diturunkan PSG pada 2023/2024.

Baca Juga: Gabriel Moscardo, Declan Rice dari Brasil yang Sedikit Lagi Gabung PSG

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya