5 Pemain Sassuolo yang Pernah Dipinjamkan ke Klub Papan Atas Serie A

Mereka mampu bersinar di klub barunya

Sassuolo sejatinya bukanlah klub yang rutin bersaing di papan atas klasemen Serie A Italia. Meski begitu, klub berjuluk I Neroverdi itu punya reputasi bagus sebagai salah satu penghasil pemain-pemain hebat di Negeri Piza. Sederet pemainnya mampu bersinar dan bersaing di kompetisi Eropa.

Bukti dari kesuksesan Sassuolo itu terlihat dari aktivitas transfer yang mereka jalankan. Beberapa pemainnya dibajak klub besar Serie A. Pada musim panas 2023, misalnya. Sassuolo harus kehilangan Davide Frattesi yang dipinjamkan ke Inter Milan. Termasuk Frattesi, inilah lima pemain Sassuolo yang pernah dipinjamkan ke klub papan atas Serie A.

1. Matteo Politano dipinjam Inter Milan

5 Pemain Sassuolo yang Pernah Dipinjamkan ke Klub Papan Atas Serie AMatteo Politano (twitter.com/MPolitano16)

Inter Milan meminjam jasa Matteo Politano dari Sassuolo pada musim panas 2018. Saat itu, Nerazzuri merekrutnya untuk menambah kedalaman di lini tengah. Hasilnya pun sesuai harapan. Politano dengan cepat menjadi pilar penting Inter Milan. Ia mengantongi 48 penampilan selama masa pinjaman.

Performanya yang impresif membuat manajemen Inter Milan puas. Alhasil, Politano pun ditebus permanen pada musim berikutnya. Ia dipermanenkan dengan biaya 21 juta euro atau sekitar Rp349 miliar. Politano membela Nerazzuri hingga 2020 sebelum dilepas permanen ke Napoli.

2. Stefano Sensi juga dipinjam Inter Milan

5 Pemain Sassuolo yang Pernah Dipinjamkan ke Klub Papan Atas Serie AStefano Sensi (twitter.com/ChampionsLeague)

Lini tengah Inter Milan mengalami sejumlah perubahan sewaktu dilatih Antonio Conte. Pada musim panas 2019, Nerazzuri merekrut gelandang Sassuolo, Stefano Sensi. Ia awalnya dipinjam selama semusim penuh. Peminjamannya terbilang sukses sebab Sensi langsung ditebus permanen Inter Milan.

Setelah dipermanenkan, performa Sensi malah menurun. Ia bahkan kehilangan posisinya setelah kehadiran beberapa pemain anyar, seperti Christian Eriksen. Sensi terpaksa hijrah demi menyelamatkan kariernya. Ia pun sudah dipinjamkan sebanyak dua kali ke klub lain, yaitu Sampdoria dan AC Monza.

Baca Juga: 5 Pemain yang Ditebus Sassuolo pada Musim Panas 2023

3. Manuel Locatelli direkrut Juventus

5 Pemain Sassuolo yang Pernah Dipinjamkan ke Klub Papan Atas Serie AManuel Locatelli (twitter.com/locamanuel73)

Sassuolo selalu melahirkan gelandang-gelandang hebat yang menjadi buruan klub lain. Juventus pun termasuk ke dalam kategori tersebut. Bianconeri merekrut gelandang andalan Sassuolo, Manuel Locatelli, pada musim panas 2021. Sang pemain dipinjam selama 2 musim dengan opsi pembelian wajib.

Locatelli sukses membawa warna baru di lini tengah Juventus. Kehadirannya membuat permainan Bianconeri menjadi lebih stabil. Selama masa pinjaman, Locatelli sangat diandalkan dengan catatan 92 penampilan. Jasanya sudah dipermanenkan setelah Juventus menebusnya seharga 30 juta euro atau sekitar Rp499 miliar.

4. Giacomo Raspadori ke Napoli

5 Pemain Sassuolo yang Pernah Dipinjamkan ke Klub Papan Atas Serie AGiacomo Raspadori (instagram.com/giacomo.raspadori)

Napoli berhasil merengkuh scudetto pada 2022/2023. Keberhasilan ini tak terlepas dari kontribusi para pemainnya di atas lapangan. Meski lini serang Partenopei dipercayakan kepada Khvicha Kvaratskhelia dan Victor Osimhen, beberapa nama lain turut bersinar. Salah satu nama yang cukup disorot adalah Giacomo Raspadori.

Ia baru bergabung dengan Napoli pada musim panas 2022. Raspadori dipinjam dari Sassuolo selama semusim penuh. Ia tak membutuhkan waktu lama untuk bersinar. Meski hanya menjadi pelapis, Raspadori berhasil mencetak 6 gol dan 5 assist dari 33 laga. Statusnya pun sudah resmi dipermanenkan Napoli.

5. Davide Frattesi resmi dipinjam Inter Milan

5 Pemain Sassuolo yang Pernah Dipinjamkan ke Klub Papan Atas Serie ADavide Frattesi (twitter.com/Inter_en)

Inter Milan bergerak cepat dalam mencari pengganti Marcelo Brozovic. Dari beberapa nama yang masuk ke dalam radar, Nerazzuri memilih Davide Frattesi sebagai rekrutan yang paling ideal. Ia direkrut dari Sassuolo dengan status pinjaman hingga akhir musim 2023/2024 mendatang.

Nerazzuri punya opsi pembelian permanen apabila tertarik dengan performanya. Sementara itu, Inter Milan bakal menjadi klub Serie A kelima yang dibela Frattesi. Sebelum hijrah ke Inter Milan, ia sudah berseragam AS Roma, Sassuolo, Empoli, dan Monza. Ia diharapkan mampu mengisi kekosongan di lini tengah Inter Milan.

Kecuali Frattesi, para pemain Sassuolo di atas tampil menjanjikan bersama klub barunya. Mereka juga menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan bagi I Neroverdi. Bisakah Frattesi mengikuti jejak mereka atau justru terpuruk di Inter Milan nantinya?

Baca Juga: 4 Pemain Sassuolo dengan Kontribusi Gol Terbanyak pada 2022/2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya