5 Pemain Top yang Tak Tampil di Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020

Joao Felix salah satunya!

Piala Eropa 2020 telah melangsungkan babak penyisihan grup. Hasilnya 16 negara dipastikan lolos ke fase gugur dan 8 sisanya harus pulang lebih awal. Tak melulu tentang permainan negara kontestan, Piala Eropa kali ini juga menjadi ajang bagi sederet pemain yang sukses bersinar.

Para pemain seperti Patrik Schick, Danzel Dumfries, dan Romelu Lukaku tampil menjanjikan di babak penyisihan grup. Sebaliknya, ada beberapa pemain yang justru tak pernah tampil untuk timnas negaranya masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Ben Chilwell

5 Pemain Top yang Tak Tampil di Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Ben Chilwell (90min.com)

Secara mengejutkan, Ben Chilwell tak pernah mencatatkan satu pun penampilan di fase penyisihan grup Piala Eropa 2020. Dalam 3 laga yang dijalani Timnas Inggris, Chilwell harus melewatkannya karena alasan yang berbeda-beda. Di laga pembuka kontra Kroasia, Inggris justru memasang Kieran Trippier di sektor bek kiri.

Pertandingan selanjutnya melawan Skotlandia, Chilwell kembali tak dimainkan lantaran ada sosok Luke Shaw di atas lapangan. Masalah kian pelik saat Chilwell harus menjalani isolasi mandiri selama sepekan karena berkontak dengan Billy Gilmour yang terpapar Covid-19. Akibatnya, ia dan Mason Mount harus absen kontra Ceko di pertandingan terakhir.

2. Kurt Zouma

5 Pemain Top yang Tak Tampil di Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Kurt Zouma (skysports.com)

Duet Raphael Varane dan Presnel Kimpembe nyaris tak tergantikan di skuad Prancis saat ini. Imbasnya, bek tengah Prancis lain harus menelan pil pahit karena kurangnya menit bermain. Bahkan, Jules Kounde yang merupakan bek tengah malah diturunkan sebagai bek kanan kontra Portugal (23/6/2021).

Hal yang lebih apes dialami Kurt Zouma. Ia tak pernah tampil di babak penyisihan grup Piala Eropa 2020. Padahal, di musim lalu, pemain berusia 26 tahun ini berjasa besar mengantarkan Chelsea juara Liga Champions. Memang saat di tim nasional, Zouma tak terlalu berpengalaman karena hanya mencatatkan 8 caps hingga sekarang.

Baca Juga: Prancis Makin Kritis Jelang Babak 16 Besar Piala Eropa

3. Joao Felix

5 Pemain Top yang Tak Tampil di Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Joao Felix (90min.com)

Digadang-gadang menjadi salah satu pemain yang bakal bersinar, kenyataan lain justru harus diterima Joao Felix. Pada fase penyisihan grup Piala Eropa 2020, pemain milik Atletico Madrid ini tak mencatatkan satu pun penampilan. Hal tersebut tentu menjadi kabar tak mengenakkan bagi Felix yang butuh jam terbang melimpah di tim nasional.

Dalam 3 pertandingan yang dimainkan Portugal, sang pelatih, Fernando Santos, lebih senang memainkan trio Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, dan Bernardo Silva di lini serang. Asa Felix untuk tampil di Piala Eropa kali ini sejatinya tetap terbuka karena mereka berhasil melaju ke fase knock-out.

4. Wissam Ben Yedder

5 Pemain Top yang Tak Tampil di Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020Wissam Ben Yedder (twitter.com/EURO2020)

Piala Eropa 2020 menjadi turnamen prestisius pertama yang dijalani Wissam Ben Yedder bersama Timnas Prancis. Sebelumnya, Ben Yedder sukses tampil impresif bersama AS Monaco di kompetisi Ligue 1 musim lalu. Dengan usianya yang telah 30 tahun, ia tentu bakal mengeluarkan semua potensi terbaiknya.

Namun, saat Piala Eropa sudah menyelesaikan babak penyisihan grup, Ben Yedder belum diberikan kesempatan tampil sama sekali. Bukan tanpa alasan mengingat ia harus bersaing dengan deretan penyerang top Prancis lain, seperti Karim Benzema, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe.

5. David De Gea

5 Pemain Top yang Tak Tampil di Babak Penyisihan Grup Piala Eropa 2020David De Gea (talksport.com)

Sesuatu yang tak lazim dialami David De Gea di Piala Eropa 2020. Sejatinya, ia selalu dipercaya menjado tumpuan utama Timnas Spanyol dalam beberapa tahun belakangan. Namun, di Piala Eropa kali ini, De Gea mulai kehilangan tempat sebagai kiper utama. Ia tak pernah tampil di satu pun laga babak penyisihan grup.

Sebaliknya, Luis Enrique, selaku juru taktik La Furia Roja, lebih memilih Unai Simon sebagai kiper utama dalam 3 laga pertandingan Spanyol. Kegagalan De Gea menjadi kiper inti Spanyol terus dikaitkan dengan performanya yang kian menurun. Dalam beberapa musim terakhir, De Gea acap kali membuat blunder dan kesalahan membahayakan.

 

Kegagalan para pemain di atas untuk tampil di babak penyisihan grup Piala Eropa 2020 merupakan keputusan murni dari tiap pelatihnya masing-masing. Akankah mereka bakal dipercaya tampil di fase gugur? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Dituju David de Gea jika Pergi dari Manchester United

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya