5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Sporting Lisbon

Gyokeres pecahkan rekor pemain termahal Sporting Lisbon!

Sporting Lisbon merupakan salah satu klub raksasa di Portugal. Sporting menjadi penguasa papan atas klasemen bersama nama-nama lain macam Porto dan Benfica. Dominasinya tak terlepas dari komposisi skuad yang cukup merata. Sporting Lisbon selalu memperkuat skuadnya pada tiap musimnya.

Pada bursa transfer musim panas 2023, pergerakan Sporting Lisbon sudah terlihat. Bahkan, mereka memecahkan rekor transfer klub demi memboyong penyerang anyar, Viktor Gyokeres. Ia menjadi pemain termahal yang pernah digaet oleh Sporting Lisbon. 

1. Bas Dost

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Sporting LisbonBas Dost (twitter.com/EuropaLeague)

Bas Dost menikmati karier yang ia rajut bersama Sporting Lisbon. Di klub Portugal itu, kualitasnya sebagai sosok striker ganas sangat mentereng. Semua bermula pada musim panas 2016 lalu. Dost didatangkan dari Wolfsburg seharga 12 juta euro atau sekitar Rp202 miliar.

Pemain berpaspor Belanda itu tampil tajam di lini serang Sporting Lisbon. Ia berhasil mencetak 93 gol dan 15 assist dari 127 penampilan. Catatan impresif itu membawanya terbang tinggi. Dost akhirnya hengkang pada musim panas 2019. Ia bergabung dengan klub Serie A, Fiorentina.

2. Manuel Ugarte

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Sporting LisbonManuel Ugarte (twitter.com/manuugarte8)

Manuel Ugarte sebenarnya tak lama membela Sporting Lisbon. Ia merapat pada musim panas 2021 lalu. Saat itu, Ugarte direkrut dari klub Portugal lainnya, yaitu Famalicao. Ia direkrut dengan biaya 12,5 juta euro atau sekitar Rp211 miliar. Hasilnya pun tak sia-sia bagi kedua pihak.

Kualitas Ugarte sebagai gelandang hebat berkembang pesat bersama tim barunya itu. Selama 2 musim, Ugarte tampil reguler dengan catatan 85 penampilan di semua kompetisi. Aksinya yang impresif itu membuat PSG jatuh hati. Alhasil, Ugarte diboyong oleh Les Parisiens pada musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Uruguay yang Pernah Bergabung dengan PSG, Ugarte Terbaru!

3. Pedro Goncalves

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Sporting LisbonPedro Goncalves (twitter.com/ChampionsLeague)

Musim 2020/2021 merupakan musim perdana Pedro Goncalves bersama Sporting Lisbon. Ia bergabung dari Famalicao dengan biaya 13,5 juta euro atau sekitar Rp227 miliar. Keputusannya untuk pindah itu berbuah manis. Goncalves dipercaya sebagai tumpuan Sporting Lisbon di sisi sayap penyerangan.

Kemampuannya dalam membongkar barisan pertahanan lawan begitu mumpuni. Goncalves juga produktif dalam menyumbangkan pundi-pundi gol. Hingga akhir musim 2022/2023, ia berhasil mencetak 58 gol dan 34 assist dari 129 penampilan di berbagai kompetisi.

4. Paulinho

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Sporting LisbonPaulinho (twitter.com/ChampionsLeague)

Sporting Lisbon merekrut penyerang anyar pada pertengahan musim 2020/2021. Pemain yang dimaksud itu adalah Paulinho, mesin gol milik SC Braga. Demi mendapatkan jasa sang pemain, Sporting Lisbon harus membayar 16 juta euro atau sekitar Rp270 miliar. Harga ini ternyata sepadan dengan kualitasnya.

Paulinho mampu membuktikan ketajamannya bersama Sporting Lisbon. Ia menjadi juru gedor utama yang nyaris tak tergantikan. Dari 98 penampilan di semua kompetisi, Paulinho berhasil mengemas 32 gol dan 22 assist. Catatan ini tentunya bisa bertambah sebab Sporting Lisbon masih mengandalkannya.

5. Viktor Gyokeres

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Sporting LisbonViktor Gyokeres (twitter.com/SportingCP)

Rekor pemain termahal yang dibeli oleh Sporting Lisbon jatuh kepada Viktor Gyokeres. Pemain berpaspor Swedia itu direkrut dari klub Championship, Coventry City, seharga 20 juta euro atau sekitar Rp337 miliar. Kesepakatan transfer sang pemain terealisasi pada musim panas 2023.

Gyokeres diproyeksikan sebagai andalan baru di lini serang Sporting Lisbon. Ia dikontrak selama 5 musim alias hingga Juni 2028 mendatang. Pengalaman dan kualitasnya yang sudah teruji di Inggris diharapkan dapat terus berlanjut. Apalagi Gyokeres tengah memasuki fase emas dalam kariernya.

Kebanyakan dari mereka merupakan gelandang dan penyerang. Performa mereka bersama Sporting Lisbon pun cukup menjanjikan. Bisakah Gyokeres membuktikan label mahalnya nanti dengan performa impresif? Menarik untuk kita nantikan bersama.

Baca Juga: 10 Potret Viktor Gyokeres, Pemain Termahal yang Diboyong Sporting CP

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya