5 Pemain Termahal yang Digaet oleh Strasbourg dalam Sedekade Terakhir

Abakar Sylla menjadi pemain Strasbourg yang termahal

Strasbourg sejatinya bukanlah klub papan atas di Ligue 1. Prestasinya tak begitu mencolok dalam beberapa musim terakhir. Meski begitu, potensi klub ini tetap diminati oleh banyak pihak, termasuk Todd Boehly. Ia membeli Strasbourg pada akhir Juni 2023 lalu.

Setelah proses akuisisi selesai, dinamika transfer Strasbourg pun bergejolak. Dengan dana finansial yang ada, Strasbourg langsung memecahkan rekor transfer klub. Mereka menggaet bek muda Club Brugge, Abakar Sylla. 

Dalam sedekade terakhir, Strasbourg sebenarnya jarang merekrut pemain mahal. Termasuk Sylla, inilah lima rekrutan termahal Strasbourg dalam sedekade terakhir.

1. Lebo Mothiba

5 Pemain Termahal yang Digaet oleh Strasbourg dalam Sedekade TerakhirLebo Mothiba (twitter.com/LeboMothiba96)

Lebo Mothiba bukanlah sosok yang asing bagi Strasbourg. Ia menjadi salah satu rekrutan termahal dalam sejarah kontestan Ligue 1 tersebut. Kepastian ini diperoleh pada musim panas 2018 lalu. Saat itu, Strasbourg memboyongnya dari Lille seharga 4 juta euro atau sekitar Rp67 miliar.

Sayangnya, performa Mothiba justru angin-anginan. Beroperasi sebagai juru gedor, ketajamannya tak begitu terlihat. Ia hanya mencetak 17 gol dan 6 assist dari 81 penampilan di semua ajang. Posisinya juga sudah tak aman. Buktinya, Mothiba dipinjamkan ke Troyes pada awal 2022 lalu.

2. Matz Sels

5 Pemain Termahal yang Digaet oleh Strasbourg dalam Sedekade TerakhirMatz Sels (twitter.com/RCSA)

Karier Matz Sels sempat pesakitan di liga top Eropa. Ia kerap berganti klub karena kurangnya kesempatan bermain yang diperoleh. Puncaknya, Sels mulai menemukan tempat terbaik di dalam kariernya bersama Strasbourg. Ia bergabung dengan skuad Le Racing pada musim panas 2019 lalu.

Untuk mendapatkan Sels dari Newcastle United, Strasbourg membayar 4 juta euro atau sekitar Rp67 miliar. Perekrutan ini berbuah manis. Sels mampu menjadi kiper nomor satu Strasbourg yang sudah tampil 156 kali. Ia juga kerap dipanggil oleh Timnas Belgia meski hanya menjadi kiper cadangan.

Baca Juga: 4 Fakta Keberhasilan Le Havre AC Juara Ligue 2 2022/2023

3. Alexander Djiku

5 Pemain Termahal yang Digaet oleh Strasbourg dalam Sedekade TerakhirAlexander Djiku (twitter.com/alex_djiku)

Reputasi SM Caen sebagai penghasil pemain hebat di Prancis terus terjaga. Setelah N'Golo Kante, beberapa nama lain mengikutinya. Alexander Djiku berpotensi menyusul sebagai salah satu alumni hebat dari SM Caen. Kini, ia bermain untuk Strasbourg sejak direkrut pada musim panas 2019.

Strasbourg menebusnya dari SM Caen seharga 4,5 juta euro atau sekitar Rp76 miliar. Kariernya berkembang bersama klub Ligue 1 itu. Selama 4 musim, Djiku merupakan sosok utama di lini belakang yang tampil sebanyak 127 kali. Pada musim panas 2023, ia memutuskan hijrah ke Fenerbahce.

4. Habib Diallo

5 Pemain Termahal yang Digaet oleh Strasbourg dalam Sedekade TerakhirHabib Diallo (instagram.com/rcsa)

Habib Diallo bergabung dengan Strasbourg pada musim panas 2020. Saat itu, Strasbourg menebusnya dari Metz seharga 10 juta euro atau sekitar Rp168 miliar. Pembelian ini pun tak sia-sia. Diallo sukses membuktikan ketajamannya. Ia tampil ganas di lini serang klub barunya tersebut.

Pemain berpaspor Senegal itu dipercaya sebagai lumbung gol utama Strasbourg. Diallo memanfaatkannya dengan baik. Ia sudah mengemas 41 gol dan 6 assist dari 103 penampilan di semua ajang. Catatan ini masih bisa bertambah sebab kontraknya bakal berakhir pada Juni 2025 mendatang.

5. Abakar Sylla

5 Pemain Termahal yang Digaet oleh Strasbourg dalam Sedekade TerakhirAbakar Sylla (twitter.com/RCSA)

Strasbourg, di bawah kepemilikan baru usai diakuisisi oleh Todd Boehly, memulai pergerakannya pada bursa transfer. Tak main-main, Strasbourg memecahkan rekor transfer klub. Hal ini dipastikan saat Strasbourg memboyong bek muda milik Club Brugge, Abakar Sylla.

Bek berusia 20 tahun itu ditebus seharga 20 juta euro atau sekitar Rp334 miliar. Dilansir Fabrizio Romano, skema pembayaran transfer ini dilakukan dua kali nantinya. Sylla bakal diproyeksikan sebagai aset potensial Strasbourg. Apabila konsisten, ia bisa saja hijrah ke Chelsea karena memiliki afiliasi yang sama.

Di bawah kepemilikan Todd Boehly, kondisi finansial Strasbourg tentunya bukan sebuah masalah yang besar. Tak menutup kemungkinan rekor transfer Sylla di atas dapat terpecahkan dalam waktu dekat. Menarik untuk kita nantikan bersama.

Baca Juga: Memprediksi Posisi RC Strasbourg usai Diakuisisi Pemilik Chelsea

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya