5 Pemain Top Terakhir yang Dilepas Liverpool Secara Gratis

Loris Karius dan Divock Origi menjadi nama terbaru

Liverpool dipastikan berpisah dengan dua pemain utama miliknya, Divock Origi dan Loris Karius. Kepastian ini diperoleh usai The Reds memutuskan untuk tak lagi memperpanjang jasa kedua pemain tersebut.

Itu berarti, Karius dan Origi bakal berstatus bebas transfer alias gratis. Kedua pemain itu menambah deretan panjang mantan penggawa Liverpool yang berpisah di saat kontraknya habis.

Dalam beberapa musim terakhir, The Reds sering melepas para pemainnya secara gratis. Termasuk Origi dan Karius, berikut 5 pemain terakhir yang dilepas Liverpool dengan status bebas transfer.

1. Nathaniel Clyne

5 Pemain Top Terakhir yang Dilepas Liverpool Secara GratisNathaniel Clyne (instagram.com/nathaniel_clyne)

Nathaniel Clyne resmi mengakhiri masa baktinya di Liverpool pada akhir musim 2019/2020. Usai tergeser oleh Trent Alexander-Arnold di pos bek kanan, Clyne memilih untuk hijrah dari klub Merseyside.

Ia bergabung ke Crystal Palace, klub yang berjasa melambungkan kariernya dulu secara bebas transfer. Kembali ke skuad The Eagles di usia yang sudah tak muda, Clyne memang tak tampil reguler.

Memasuki musim keduanya sejak bergabung pada 2020 lalu, ia baru dipercaya untuk tampil 38 kali. Clyne harus bersaing ekstra dengan bek kanan Crystal Palace lainnya, yaitu Joel Ward yang diplot sebagai tumpuan utama.

2. Adam Lallana

5 Pemain Top Terakhir yang Dilepas Liverpool Secara GratisAdan Lallana (instagram.com/officiallallana)

Setelah enam musim yang penuh dengan kejayaan bersama Liverpool, Adam Lallana akhirnya angkat kaki. Kontraknya pada akhir 2019/2020 tak diperpanjang oleh manajemen The Reds.

Tak butuh waktu lama bagi Lallana untuk mendapatkan klub baru. Adalah Brighton & Hove Albion yang resmi merekrutnya. Bersama The Seagulls, Lallana masih mendapatkan kepercayaan lini tengah timnya.

Ia bahkan sempat membawa Brighton melesat ke peringkat atas Premier League 2021/2022 lalu. Tercatat, Lallana menorehkan 56 penampilan dengan koleksi satu gol dan dua assists bersama Brighton di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool 2021/2022 yang Bergabung sebelum Era Jurgen Klopp

3. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Top Terakhir yang Dilepas Liverpool Secara GratisGeorginio Wijnaldum. (twitter.com/GWijnaldum)

Georginio Wijnaldum memilih untuk menyudahi kariernya bersama Liverpool. Ia mengakhiri kebersamaan dengan The Reds selama enam musim terakhir.

Usai meninggalkan Liverpool, Wijnaldum dirumorkan bergabung ke Barcelona. Namun, kesepakatan itu urung terlaksana lantaran ia memilih PSG di detik-detik terakhir. Pemain berpaspor Belanda itu melengkapi nama-nama top yang diboyong Le Parisiens secara gratis.

Sayangnya, dengan pengalaman yang ia miliki sejauh ini, Wijnaldum justru kesulitan menjadi pilihan utama klub kota Paris itu. Ia memang telah tampil 38 kali, tetapi kebanyakan sebagai pemain pengganti.

4. Loris Karius

5 Pemain Top Terakhir yang Dilepas Liverpool Secara GratisLoris Karius (instagram.com/loriskarius)

Pada akhirnya, Loris Karius dan Liverpool benar-benar berpisah. Kontraknya tak diperpanjang The Reds yang menandakan Karius berstatus sebagai bebas transfer.

Ia beberapa tahun terakhir tak lagi menjadi pilihan utama di sektor penjaga gawang The Reds, terlebih sejak blunder fatal di final Liga Champions 2017/2018. Karius hanya tampil 49 selama enam musim kariernya di Liverpool.

Ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain, dimulai dari Besiktas selama dua musim serta ke Union Berlin. Seiring berjalannya waktu, posisi kiper Jerman itu tergantikan oleh nama-nama lain, sebut saja Alisson Becker, Caomhin Kelleher, hingga Adrian.

5. Divock Origi

5 Pemain Top Terakhir yang Dilepas Liverpool Secara GratisDivock Origi (twitter.com/livescore)

Spesialisasi dan predikat "supersub terbaik" disandang Divock Origi sewaktu membela Liverpool. Gol-gol pentingnya di beberapa laga krusial membantu keberhasilan Liverpool untuk berprestasi. Mulai musim depan, Origi tak lagi berseragam The Reds dikarenakan kontraknya sudah berakhir.

Bersama Liverpool, pemain berpaspor Belgia itu memang diproyeksikan sebagai pelapis di lini depan. Origi jarang diberikan kesempatan bermain.

Akhirnya pada bursa transfer musim panas 2022 ini, ia bakal memilih destinasi baru. Menurut beberapa laporan, AC Milan menjadi klub terdepan untuk mendapatkan jasanya.

 

Persaingan antar lini yang makin ketat membuat mereka tersingkir dari pilihan utama. Kira-kira, ke manakah selanjutnya Loris Karius dan Divock Origi bakal berlabuh?

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool Ini Siap Hengkang pada Musim Panas, Jarang Main!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya