5 Pemain Top Ini Putuskan Hengkang ke Ligue 1 untuk Selamatkan Karier

Mereka kembali tampil apik bersama klub barunya di Liga Prancis

Ligue 1 merupakan salah satu liga papan atas Eropa yang cukup menarik untuk diikuti. Kendati disebut-sebut tak terlalu kompetitif, Ligue 1 tetap menghadirkan persaingan yang menarik setiap musim. Terlepas dari dominasi PSG dalam sedekade terakhir, tim-tim lain sejatinya tetap tak bisa dianggap remeh begitu saja.

Selain itu, dari musim ke musim Ligue 1 makin ramai dihadiri oleh deretan pemain bintang sepak bola. Sebut saja Lionel Messi dan Sergio Ramos sebagai dua nama bintang terakhir yang bergabung untuk merumput di Ligue 1.

Tak hanya keduanya, masih banyak pemain top lain yang berlaga di Ligue 1. Menariknya, ada beberapa nama yang memilih pindah ke Prancis demi menyelamatkan kariernya yang sempat terpuruk. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Keylor Navas

5 Pemain Top Ini Putuskan Hengkang ke Ligue 1 untuk Selamatkan Karierpotret Keylor Navas (twitter.com/NavasKeylor)

Keylor Navas merupakan bagian dari skuad emas Real Madrid yang meraih tiga titel Liga Champions dalam tiga musim beruntun. Posisi Navas di bawah mistar gawang Los Blancos nyaris tak terbantahkan. Namun, semuanya berubah sejak kedatangan Thibaut Courtois.

Pada akhirnya, kenyataan pahit harus diterima oleh kiper Kosta Rika tersebut. Navas lantas hengkang dari Real Madrid dan bergabung ke PSG pada musim panas 2019. Kepindahannya ke Prancis setidaknya mampu menyelamatkan karier Navas. Terlebih ia didapuk jadi kiper utama Le Parisiens hingga kini.

2. Renato Sanches

5 Pemain Top Ini Putuskan Hengkang ke Ligue 1 untuk Selamatkan Karierpotret Renato Sanches (twitter.com/elchiringuitotv)

Petaka menghampiri Renato Sanches saat membela Bayern Munchen. Ia gagal bersinar hingga dipinjamkan ke Swansea City. Akan tetapi, performanya tak kunjung membaik saat itu. Renato terpaksa dijual ke klub Ligue 1, Lille, pada musim panas 2019 seharga 20 juta euro atau setara Rp325 miliar.

Tampil tanpa beban bersama Les Dogues, Renato akhirnya menemukan kembali harapan yang baru. Ia bersinar di kancah domestik serta mengantarkan timnya menjuarai Ligue 1 pada musim 2020/2021. Perannya di lini tengah Lille cukup krusial hingga membuat Renato selalu dipercaya untuk tampil reguler.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Senior yang Tampil di Ligue 1 Prancis 2021/2022

3. Arkadiusz Milik

5 Pemain Top Ini Putuskan Hengkang ke Ligue 1 untuk Selamatkan Karierpotret Arkadiusz Milik (twitter.com/livescore)

Direkrut Napoli untuk menggantikan Gonzalo Higuain, kiprah Arkadiusz Milik malah tak berjalan mulus. Ia kerap tampil melempem disertai badai cedera yang tak kunjung berhenti menghampirinya. Hal inilah yang jadi alasan kuat Partenopei merekrut penyerang lain, yakni Victor Osimhen di musim lalu.

Dengan hadirnya nama baru, posisi Milik di Napoli mulai tak aman. Ia lantas dipinjamkan ke Olympique Marseille pada pertengahan musim 2020/2021. Berkelana di Prancis ternyata jadi pilihan tepat baginya. Milik menemukan ketajamannya yang sempat hilang. Tak ayal, Marseille kini resmi merekrutnya secara permanen.

4. Memphis Depay

5 Pemain Top Ini Putuskan Hengkang ke Ligue 1 untuk Selamatkan Karierpotret Memphis Depay (twitter.com/Memphis)

Memphis Depay sempat digadang-gadang sebagai pemain potensial Manchester United. Namun, akibat tekanan tinggi disertai usianya yang muda saat itu, Memphis justru gagal mengeluarkan potensi terbaik yang ia miliki. Ia hanya bertahan selama 1,5 musim dengan performa yang cukup mengecewakan di Inggris.

The Red Devils lantas menjualnya ke Olympique Lyon seharga 16 juta euro atau setara Rp260 miliar pada musim dingin 2017 lalu. Tak disangka, Memphis mampu kembali tampil impresif. Ia bertransformasi jadi pahlawan baru bagi Lyon yang selalu diandalkan. Tercatat, Memphis mencetak 76 gol dan 55 assist bagi Lyon sebelum akhirnya dibeli oleh Barcelona di musim panas 2021.

5. Angel Di Maria

5 Pemain Top Ini Putuskan Hengkang ke Ligue 1 untuk Selamatkan Karierpotret Angel Di Maria (instagram.com/angeldimariajm)

Manchester United punya harapan besar saat merekrut Angel Di Maria pada musim 2014/2015. Punya pengalaman bagus bersama Real Madrid, The Red Devils rela mengeluarkan biaya 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun demi mendaratkannya. Akan tetapi, Di Maria tak mampu membayar lunas harga mahal itu.

Ia kesulitan beradaptasi di Inggris. Gaya permainannya juga dinilai tak cocok dengan skema pelatih Louis van Gaal. Di Maria hanya bertahan semusim lantaran langsung dilego ke PSG pada musim panas 2015. Pindah ke Prancis, Di Maria sukses tampil apik dan sudah mengoleksi lebih dari 200 penampilan sejauh ini.

Ligue 1 sering kali dinilai kalah kompetitif dibandingkan liga-liga top Eropa lainnya. Namun, bagi para pemain di atas, kompetisi Prancis ini jadi tempat yang pas bagi mereka untuk menyelamatkan kariernya yang nyaris terpuruk. Siapa lagi pemain bintang yang sukses menyelamatkan kariernya di Ligue 1 selain yang tercantum dalam senarai di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Ligue 1 Incaran AC Milan pada Musim Panas 2022, Potensial! 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya