Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Anderlecht, Ada Lukaku!

Semuanya merupakan pemain Belgia

Anderlecht adalah salah satu klub kontestan kasta sepak bola tertinggi Belgia, yaitu Jupiler Pro League. Klub ini merupakan salah satu klub tersukses bersama sejumlah klub top Belgia lainnya, seperti Club Brugge dan KRC Genk. Anderlecht juga dikenal sebagai tempat lahirnya beberapa pesepak bola top saat ini.

Seperti klub lain yang gemar melahirkan pemain hebat, Anderlecht juga memiliki kemampuan serupa. Banyak pemain yang pernah menimba ilmu di klub Belgia ini, salah satunya yang paling terkenal adalah Romelu Lukaku. Termasuk Lukaku, berikut IDN Times sudah merangkum untuk kamu 5 pemain top yang pernah membela Anderlecht. Penasaran siapa saja? Check this out!

1. Dennis Praet (Leicester City)

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Anderlecht, Ada Lukaku!rtl.be

Sebelum menjadi andalan Leicester City seperti saat ini, Dennis Praet pernah menimba ilmu di Anderlecht di awal kariernya. Pemain yang beroperasi sebagai gelandang tengah ini membela Anderlecht sejak tahun 2010. Ia direkrut dari sesama klub Belgia, KRC Genk, untuk bermain di tim U-19.

Selama setahun di tim junior Anderlecht, Praet berhasil menarik perhatian hingga dipromosikan pada musim 2011/2012. Kiprahnya bersama Anderlecht terbilang mengesankan karena Praet bertahan dalam waktu yang cukup lama, yaitu 5 tahun. Dalam periode tersebut, Praet mengantongi 182 penampilan dengan raihan 27 gol serta 39 assist.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Leicester City, Vardy Rajanya!

2. Leander Dendoncker (Wolverhampton Wanderers)

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Anderlecht, Ada Lukaku!goal.com

Masih pemain yang bermain di Premier League, kali ini ada nama gelandang Wolves, yaitu Leander Dendoncker. Ia menjelma menjadi gelandang jangkar andalan di timnya tersebut sejak direkrut pada 2018 lalu. Sebelum berkarier untuk Wolves, Deandocker mulanya berseragam Anderlecht.

Tepatnya pada tahun 2009 silam ia direkrut Anderlecht untuk menimba ilmu di tim akademi. Butuh 5 tahun setelahnya untuk Dendoncker promosi ke skuad utama dan menampilkan kapasitas terbaiknya sebagai gelandang pengangkut air. Bila ditotal, Dendoncker membuat 107 penampilan saat itu dengan torehan 8 gol.

3. Vincent Kompany

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Anderlecht, Ada Lukaku!goal.com

Meski sudah menyatakan gantung sepatu pada Agustus 2020 lalu, nama Vincent Kompany masih begitu melekat di benak pencinta sepak bola. Kariernya yang bersinar bersama Manchester City melambungkan Kompany sebagai salah satu bek terbaik yang pernah ada. Jika menilik rekam jejaknya, Kompany telah lama membela Anderlecht yang merupakan klub terakhir yang ia bela dalam kariernya.

Hal itu terealisasi di tahun 1992 silam. Kompany didatangkan Anderlecht ke tim akademi. Perjalanan karier Kompany kala itu penuh lika-liku dan baru berhasil promosi pada tahun 2003. Setelahnya, Kompany bermain di sana selama 3 musim dan tampil solid di jantung pertahanan. Total Kompany mencatatkan 120 penampilan dengan raihan 7 gol serta 9 assist.

4. Youri Tielemans (Leicester City)

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Anderlecht, Ada Lukaku!90min.com

Rekam setim Dennis Praet di Leicester City, Youri Tielemans juga merupakan alumni Anderlecht. Tielemans berkarier untuk klub Purple & White tersebut selama 15 tahun, tepatnya dari 2002 hingga 2017. Ia sukses promosi ke tim utama 9 tahun setelah kedatangannya di Anderlecht. Tielemans pun menjadi andalan klub Belgia tersebut selama 4 musim.

Kemampuan mumpuninya di lini tengah sukses mengantarkan Anderlecht menguasai Liga Belgia saat itu. Dalam periode tersebut, Tielemans mencatatkan 185 penampilan dengan torehan 35 gol dan 31 assist. Setelahnya, ia direkrut AS Monaco hingga bermain di Premier League bersama Leicester City saat ini.

5. Romelu Lukaku (Inter Milan)

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Anderlecht, Ada Lukaku!marca.com

Tak bisa ditampik bahwa Romelu Lukaku adalah penyerang terbaik Belgia saat ini. Melihat statistiknya untuk klub yang ia bela, Lukaku begitu ganas dan produktif berkat torehan golnya yang terus mengalir. Pengalaman yang ia miliki dengan beberapa kali membela sejumlah klub top Eropa membuat kualitas Lukaku tambah matang.

Anderlecht juga masuk daftar mantan klub yang dibela Lukaku. Hal tersebut terjadi selama 5 tahun, tepatnya dari 2006 hingga 2011. Mulanya bermain di tim akademi, Lukaku berhasil naik ke skuad utama pada 2009. Bertahan selama 2 musim, Lukaku tampil moncer dengan mencatatkan 98 penampilan dan sukses mencetak 41 gol serta 18 assist.

 

Itulah 5 pemain top yang pernah membela Anderlecht. Dari semuanya, nama Romelu Lukalu menjadi yang paling terpopuler dan tampil mencolok saat ini. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: Duet Romelu Lukaku-Lautaro Martinez yang Makin Menakutkan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya