5 Pemain Top yang Pernah Berpeluang Membela Timnas Italia, Ada Messi!

Didominasi pemain Amerika Latin

Kewarganegaraan ganda alias dapat mewakili lebih dari satu negara sering dialami para pesepak bola. Hal tersebut bukanlah fenomena yang asing, terlebih di kawasan Amerika dan Eropa. Dengan garis keturunan yang dimiliki, tiap pemain bisa saja membela negara lain dengan alasan tertentu.

Italia, sebagai salah satu negara besar Eropa, tak luput dari fenomena ini. Masa lalunya yang pernah membuat koloni di berbagai negara di belahan dunia lainnya melahirkan banyak penduduk yang punya kewarganegaraan ganda.

Di dunia sepak bola, ada beberapa pemain top yang pernah berpeluang membela Italia. Siapa saja mereka?

1. Mauro Icardi

5 Pemain Top yang Pernah Berpeluang Membela Timnas Italia, Ada Messi!Mauro Icardi (instagram.com/mauroicardi)

Mauro Icardi punya kans membela negara lain selain Argentina. Pasalnya, Icardi juga memiliki paspor Spanyol dan Italia. Kewarganegaraan Spanyol diterimanya lantaran menetap lama di sana, sementara paspor Italia diperoleh Icardi dari hubungan keturunan yang diturunkan keluarganya.

Ia bahkan mendapatkan panggilan dari Italia U-21. Namun, Icardi menolak dan tetap setia bersama Argentina yang merupakan tanah kelahirannya.

Penantian itu akhirnya datang pada 2013 lalu. Pemain Paris Saint-Germain tersebut menjalani debut dengan Albiceleste. Ia kini sudah membukukan delapan caps.

2. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Top yang Pernah Berpeluang Membela Timnas Italia, Ada Messi!Pierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/brfootball)

Pierre-Emerick Aubameyang memiliki opsi bermain untuk empat negara, yaitu Gabon, Prancis, Italia, dan Spanyol. Lahir dan besar di Laval, salah satu kota di Prancis, Aubameyang juga memiliki garis keturunan Italia dan Spanyol menurut riwayat keluarganya. Bahkan, ia beberapa kali mendapatkan panggilan dari ketiga negara itu.

Italia, sebagai salah satu negara yang berpeluang dibelanya, pernah menawari Aubameyang untuk tampil di Italia U-19. Hanya saja, ia menolak panggilan tersebut.

Aubameyang memilih Gabon demi mengikuti jejak sang ayah, Pierre Francois Aubameyang. Ayahnya merupakan legenda sepak bola di negara Afrika tersebut.

Baca Juga: 10 Pemain yang Bisa Membela Dua Timnas Negara Top, Mana yang Dipilih?

3. Paulo Dybala

5 Pemain Top yang Pernah Berpeluang Membela Timnas Italia, Ada Messi!Paulo Dybala (instagram.com/paulodybala)

Dikenal dengan balutan jersey timnas Argentina, Paulo Dybala pernah berpeluang membela negara lain. Bagaimana tidak, ia memiliki garis keturunan Polandia dan Italia.

Darah Polandia mengalir dari sang kakek yang merupakan seorang pendeta. Sementara, kewarganegaraan Italia berasal dari keturunan ibu Dybala di Naples.

Dalam beberapa kesempatan, Timnas Italia mencoba membujuk pemain berusia 28 tahun tersebut. Namun, Dybala tak tertarik dengan tawaran itu.

Ia memutuskan untuk membela Argentina lantaran di negara inilah ia lahir dan besar. Pada akhirnya, Dybala tampil untuk Timnas Argentina dan sudah mengemas 34 caps sejauh ini.

4. Edinson Cavani

5 Pemain Top yang Pernah Berpeluang Membela Timnas Italia, Ada Messi!Edinson Cavani (twitter.com/SquawkaNews)

Lahir di Salto, Uruguay, pada 35 tahun silam, Edinson Cavani bisa saja beralih kewarganegaraan seutuhnya. Hal ini terjadi lantaran ia punya garis keturunan Italia.

Kakek nenek Cavani merupakan penduduk asli Negeri Piza. Mereka berasal dari Maranello di sebelah utara wilayah Emilia-Romagna.

Meski begitu, Cavani sama sekali tak mempedulikan Timnas Italia. Ia justru memutuskan untuk setia bersama Uruguay sedari belasan tahun.

Ia telah membela negaranya itu dalam berbagai tim kelompok umur. Puncaknya, Cavani dipanggil tim senior dan sudah membukukan 133 caps sejak debut pada 2008 silam.

5. Lionel Messi

5 Pemain Top yang Pernah Berpeluang Membela Timnas Italia, Ada Messi!Lionel Messi (instagram.com/leomessi)

Lionel Messi terlahir dengan kesempatan membela dua negara besar Eropa, yakni Italia dan Spanyol. Kewarganegaraan Italia diterimanya dari keturunan sang kakek yang berasal dari Recanati, salah satu wilayah di Italia. Sementara, di lain hal, Messi juga punya ikatan dengan Spanyol sejak masih belia.

Meski begitu, Italia malah tak pernah membujuk Messi sama sekali untuk membela Gli Azzurri. Hal tersebut bertolak belakang dengan Spanyol yang pernah menawari Messi, walaupun ditolak pemain Paris Saint-Germain tersebut. Loyalitasnya yang besar bersama Argentina menjadi alasan kuat Lionel Messi tak menerima tawaran dari negara lain.

Kelima pemain di atas memiliki keputusan mengenai negara mana yang akan dibelanya. Terlepas dari itu, Italia sejatinya juga masih punya banyak pemain hebat lain yang bisa menjadi andalan Gli Azzurri saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Membela Atalanta pada 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya