Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Membela Saint Etienne, Ada Aubameyang!

Dua diantaranya bermain di Premier League saat ini

Saint Etienne merupakan salah satu klub kontestan Ligue 1 di Prancis. Meski tak sepopuper klub lain seperti PSG ataupun Olympique Lyon, penampilan Saint Etienne diatas lapangan tentu tak bisa dianggap sebelah mata. Dalam sejarahnya, Saint Etienne juga pernah diisi oleh sejumlah pemain ternama.

Ada yang bahkan bertahan cukup lama di Etienne, meski saat namanya belum sepopuler sekarang. Salah satu pesepak bola top alumni Saint Etienne adalah striker andalan Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. Nah, termasuk Auba, IDN Times sudah berhasil merangkum 5 pemain top yang pernah membela Saint Etienne. Penasaran siapa saja mereka?

1. Blaise Matuidi (Inter Miami)

5 Pemain Top yang Pernah Membela Saint Etienne, Ada Aubameyang!tynetime.com

Saint Etienne menjadi salah satu klub yang pernah dibela gelandang Prancis yang saat ini bermain di Inter Miami, Blaise Matuidi. Hal itu terjadi pada medio 2007 silam, saat Matuidi direkrut dari sesama klub Prancis lainnya yaitu Troyes. Bersama klub berjuluk Les Verts tersebut, Matuidi bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Dalam kurun waktu 4 tahun, Matuidi berseragam Saint Etienne dan menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah. Ia mencatatkan 154 penampilan dan sukses mencetak 3 gol serta 6 assist. Penampilan Matuidi sukses memikat klub kaya raya Prancis, PSG dan kemudian mendatangkannya pada awal musim 2011/2012 lalu

2. Dimitri Payet (Olympique Marseille)

5 Pemain Top yang Pernah Membela Saint Etienne, Ada Aubameyang!talksport.com

Sejatinya nama Dimitri Payet mulai dikenal luas saat berseragam West Ham United. Namun dalam perjalanan kariernya, Payet lebih sering berkarier untuk sejumlah klub di tanah kelahirannya yaitu Prancis. Dan ternyata Payet juga pernah menghabiskan waktu dalam karier sepak bolanya untuk membela Saint Etienne. Ia bermain bersama Les Verts selama 4 tahun, tepatnya dari tahun 2007 hingga 2011 lalu.

Mulanya Payet direkrut Etienne dari klub Ligue 1 lainnya, yaitu Nantes. Bersama Etienne, Payet sukses tampil gemilang. Sebagai seorang winger kiri, Payet mencatatkan 148 penampilan dengan torehan 25 gol dan 32 assist. Raihan tersebut turut membuatnya didatangkan LOSC Lille di awal musim 2011/2012. Dan saat ini, Payet berkarier untuk klub ternama Prancis, Olympique Marseille.

3. Kurt Zouma (Chelsea)

5 Pemain Top yang Pernah Membela Saint Etienne, Ada Aubameyang!metro.co.uk

Pemain selanjutnya yang merupakan alumni Saint Etienne yaitu bek milik Chelsea, Kurt Zouma. Ia bermain untuk klub Ligue 1 tersebut selama 5 tahun, tepatnya dari 2009 hingga 2014. Mulanya, ia didatangkan untuk bermain di tim akademi. Pada 2011, Zouma sukses promosi ke tim utama dan jadi andalan Etienne di jantung pertahanan.

Bila ditotal, Zouma mengantongi 74 penampilan bersama Etienne dan sukses mencetak 4 gol serta 1 assist. Sebenarnya, Zouma telah direkrut Chelsea pada awal musim 2013/2014. Namun, ia terlebih dahulu menjalani masa peminjaman bersama Etienne hingga akhir musim. Zouma masih bertahan sampai sekarang bersama klub yang berjuluk The Blues tersebut meski sering dipinjamkan ke klub lain.

Baca Juga: Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub Eropa

4. Kevin Mirallas (Gaziantep FK)

5 Pemain Top yang Pernah Membela Saint Etienne, Ada Aubameyang!sofoot.com

Kevin Mirallas menarik perhatian banyak kalangan saat berseragam Everton dalam beberapa musim terakhir. Namun sebelum itu,  Mirallas pernah menjadi bagian dari Saint Etienne saat merintis masa-masa awal kariernya dulu. Dalam kurun waktu 2 tahun yaitu dari 2007 hingga 2010, Mirallas berkarier di Prancis dan membela Saint Etienne.

Mirallas mencatatkan 69 penampilan dengan torehan 5 gol dan 4 assist. Ia sukses menjadi tumpuan Etienne di lini tengah yang membuat namanya sering masuk skuad Timnas Belgia. Kebersamaan Mirallas untuk klub Prancis tersebut tak bertahan lama. Mirallas akhirnya hengkang ke Olympiacos pada tahun 2010. Setelahnya, Mirallas berpetualang di sejumlah klub top hingga saat ini bermain di Turki, tepatnya bersama Gaziantep FK.

5. Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal)

5 Pemain Top yang Pernah Membela Saint Etienne, Ada Aubameyang!bleacherreport.com

Pemain top terakhir yang pernah membela Saint Etienne adalah bomber haus gol Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. Mungkin kebanyakan pencinta sepak bola mulai mengenalnya saat berseragam Borussia Dortmund. Namun faktanya, Saint Etienne pernah ia singgahi selama 2 tahun. Ia direkrut dari AC Milan dengab status pinjaman pada Januari 2011 silam.

Kedatangannya sukses membuat lini serang Saint Etienne begitu produktif. Bahkan, Auba dipermanenkan Les Verts dan bertahan hingga tahun 2013 lalu. Ia mencatatkan 91 penampilan dan sukses membukukan 41 gol serta 25 assist. Setelahnya, Auba hengkang ke Borussia Dortmund hingga bermain untuk Arsenal sampai saat ini.

Itulah 5 pemain top yang pernah membela Saint Etienne. Dari keseluruhan nama diatas, Aubameyang menjadi yang paling terpopuler dan dikenal hingga sekarang. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Performanya Menurun pada Musim Ini, Ada Aubameyang!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya