5 Pemain yang Diboyong Leeds United dari Klub Papan Atas Eropa

Marc Roca salah satunya

Leeds United tak berstatus sebagai klub papan atas di English Premier League (EPL). Performanya malah naik turun dan lebih erat dengan promosi serta degradasi dalam waktu yang berdekatan. Pada akhir musim 2022/2023, The Whites bahkan terdegradasi ke Championship.

Meski begitu, Leeds United tetap memiliki daya tarik yang besar. Klub yang pernah berjaya pada awal medio 2000-an ini mampu merekrut sederet pemain berpengalaman. Mereka datang dari klub papan atas Eropa. Siapa saja? Berikut pemain yang diboyong Leeds United dari klub papan atas Eropa itu!

1. Kiko Casilla

5 Pemain yang Diboyong Leeds United dari Klub Papan Atas EropaKiko Casilla (twitter.com/LUFC)

Kiprah Kiko Casilla di Real Madrid terhenti pada musim panas 2019. Ia pergi dari klub masa kecilnya itu. Casilla hengkang karena tak pernah menjadi kiper utama Los Blancos. Berstatus bebas transfer, Casilla melanjutkan kariernya ke Inggris. Ia bergabung dengan Leeds United.

Casilla awalnya dipercaya sebagai kiper utama The Whites. Ia berjasa mengantarkan timnya itu promosi ke Premier League. Sayangnya, kehadiran Illan Meslier memaksanya untuk menjadi penghangat bangku cadangan. Tampil 62 kali, Casilla lalu hijrah ke Elche pada musim panas 2021.

2. Jack Harrison

5 Pemain yang Diboyong Leeds United dari Klub Papan Atas EropaJack Harrison (twitter.com/Harrison_Jack11)

Jack Harrison dibesarkan akademi Manchester City. Namun, ia tak pernah sekali pun mencicipi skuad utama The Citizens. Sejak musim panas 2018, Harrison dipinjamkan ke Leeds United. Ia menjalani masa pinjaman bersama The Whites hingga 3 musim beruntun.

Harisson bersinar di lini serang Leeds United. Itu sebabnya manajemen The Whites menebusnya secara permanen pada musim panas 2022. Harrison menjelma menjadi salah satu pemain kunci The Whites. Ia sudah membukukan 34 gol dan 32 assist dari 206 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: AS Roma Resmi Pinjam Rasmus Kristensen dari Leeds United

3. Junior Firpo

5 Pemain yang Diboyong Leeds United dari Klub Papan Atas EropaJunior Firpo (twitter.com/JuniorFirpo03)

Junior Firpo pergi dari Barcelona pada musim panas 2021. Firpo gagal menunjukkan kualitas terbaiknya sebab menjadi cadangan dari Jordi Alba. Opsi terbaik baginya hanyalah hengkang. Ia pun hijrah ke Leeds United yang menebusnya seharga 15 juta euro atau sekitar Rp250 miliar.

Bersama The Whites, Firpo kembali dipercaya sebagai bek kiri utama. Ia tampil dalam 51 pertandingan di semua kompetisi. Namun, Firpo hanya bertahan selama 2 musim. Ia dikabarkan bakal meninggalkan Leeds United pada musim panas 2023. Beberapa klub mengincarnya, termasuk Real Betis.

4. Daniel James

5 Pemain yang Diboyong Leeds United dari Klub Papan Atas EropaDaniel James (twitter.com/Daniel_James_97)

Lini serang Manchester United yang makin gemuk menjadi pertanda Daniel James harus pergi. Ia meninggalkan Old Trafford pada musim panas 2021. Pelabuhan barunya tertuju kepada Leeds United. Apalagi The Whites rela menebusnya dengan biaya 29 juta euro atau sekitar Rp483 miliar.

James melewati musim debutnya dengan catatan impresif. Ia berhasil mengemas 4 gol dan 5 assist dari 40 penampilan. Meski begitu, posisinya tetap tak aman. Kehadiran beberapa pemain anyar memaksa James untuk mencari klub baru. Ia pun dipinjamkan ke Fulham pada 2022/2023.

5. Marc Roca

5 Pemain yang Diboyong Leeds United dari Klub Papan Atas EropaMarc Roca (twitter.com/marcroca21)

Marc Roca pernah berseragam Bayern Munich. Kariernya bersama Die Roten juga dipenuhi gelar juara. Sayangnya, kiprah Roca cenderung tak berkembang karena jarang bermain. Selama 2 musim di Allianz Arena, ia hanya tampil sebanyak 24 kali. Roca tenggelam dalam dominasi Joshua Kimmich.

Usianya masih 25 tahun. Marc Roca pun hengkang pada musim panas 2022. Ia merapat ke Leeds United seharga 12 juta euro atau sekitar Rp200 miliar. Keputusannya itu sangat tepat. Roca tampil reguler dengan catatan 36 penampilan. Namun, ia gagal menyelamatkan Leeds United dari jurang degradasi.

Leeds United dipastikan terdegradasi ke Championship 2023/2024. Beberapa pemain andalannya, seperti kelima nama di atas, dikabarkan bakal hengkang. Itu tentu menjadi sebuah kerugian besar bagi The Whites yang ingin kembali promosi ke kasta teratas.

Baca Juga: 7 Pemain yang Mesti Hengkang dari Leeds United pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya