7 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas 2023

Pulang ke klub yang membesarkan namanya

Bursa transfer musim panas 2023 menyajikan berbagai cerita menarik. Deretan transfer pemain ke klub barunya pun sudah terealisasi. Tiap klub berlomba-lomba merekrut incarannya untuk memperkuat kedalaman skuad demi menatap musim depan dengan maksimal.

Musim panas 2023 juga merupakan waktu yang spesial bagi sejumlah pemain di kompetisi top Eropa. Pasalnya, mereka memutuskan untuk pulang ke klub lamanya. Ketujuh pemain berikut ini, misalnya. Mereka bergabung ke klub lamanya untuk yang kedua kalinya.

1. Matt Doherty

7 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas 2023Matt Doherty (twitter.com/Wolves)

Memori akan kenangan indah bersama Wolverhampton membekas di hati Matt Doherty. Itulah yang menjadi alasannya kembali berseragam Wolves pada musim panas 2023. Doherty bergabung secara gratis dari Atletico Madrid. Sebelumnya, ia pernah menghabiskan karier selama sedekade (2010--2020) bersama Wolves.

2. Hector Bellerin

7 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas 2023Hector Bellerin (twitter.com/HectorBellerin)

Real Betis mendapatkan jasa Hector Bellerin untuk yang kedua kali. Sang pemain bergabung secara gratis usai kontraknya habis bersama Sporting Lisbon. Bellerin sebelumnya pernah membela Real Betis pada musim 2021/2022. Berstatus pinjaman dari Arsenal, ia tampil apik dengan catatan 32 penampilan di semua kompetisi.

3. Joselu

7 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas 2023Joselu (twitter.com/realmadrid)

Lini serang Real Madrid ditinggal oleh sederet pemain andalannya. Untuk menutupi lubang tersebut, Los Blancos sudah mendapatkan satu penyerang anyar. Dia adalah Joselu. Real Madrid meminjamnya dari Espanyol hingga akhir musim 2023/2024 nanti. Joselu sejatinya merupakan lulusan akademi Real Madrid Castilla. Sayangnya, kariernya cenderung tak mudah.

4. Angel Di Maria

7 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas 2023Angel Di Maria (twitter.com/SLBenfica)

Angel Di Maria masih ingin berkarier di Eropa. Setelah kontraknya bersama Juventus habis, Di Maria setuju untuk pindah ke Benfica. Klub berjuluk The Eagles itu bukanlah tempat yang asing baginya. Di Maria pernah membela Benfica selama 3 musim (2007--2010). Benfica merupakan klub Eropa pertama yang dibelanya sebelum berkelana ke beberapa klub besar lainnya.

5. Jonny Evans

7 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas 2023Jonny Evans (twitter.com/ManUtd)

Jonny Evans kembali berseragam Manchester United. Ia dikontrak jangka pendek oleh Setan Merah hingga akhir Juli 2023 mendatang. Evans bakal bergabung dengan skuad Manchester United di ajang pramusim. Namanya pernah menghiasi skuad utama Setan Merah selama bermusim-musim sebelumnya. Hal itu berlangsung dari 2008 hingga 2015 lalu.

6. Oriol Romeu

7 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas 2023Oriol Romeu (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona kerap kali memulangkan lulusan La Masia. Pada musim panas 2023, hal yang sama terjadi kepada Oriol Romeu. Pemain yang pernah menghiasi skuad utama Barcelona pada awal 2010-an itu kembali diboyong ke Camp Nou. Romeu ditebus dari Girona seharga 3 juta euro atau sekitar Rp50 miliar. Ia bakal menambah kekuatan di lini tengah La Blaugrana.

7. Xavi Simons

7 Pemain yang Kembali ke Klub Lamanya pada Musim Panas 2023Xavi Simons (twitter.com/xavisimons)

Xavi Simons tampil menjanjikan di PSV Eindhoven. Ia menjadi top skor timnya dengan koleksi 19 gol pada musim 2022/2023. Jatuh hati dengan aksinya, PSG pun memulangkan Simons ke Paris. Les Parisiens mengaktifkan opsi pembeliannya seharga 4 juta euro atau sekitar Rp67 miliar. Namun, Simons langsung dipinjamkan ke RB Leipzig.

Bursa transfer musim panas 2023 menjadi ajang reuni beberapa pemain dengan klub lamanya. Mereka kembali setelah bertualang di klub lain. Tak menutup kemungkinan ada pemain lain yang bakal mengikuti jejak mereka pada sisa musim panas ini.

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya