5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter saat Membesut Chelsea

Enzo Fernandez memecahkan rekor transfer klub

Graham Potter tak memiliki perjalanan karier yang mentereng sewaktu melatih Chelsea. Ditunjuk sebagai pengganti Thomas Tuchel, karier kepelatihannya bersama The Blues  hanya bertahan selama tujuh bulan. Ia resmi dipecat pada awal April 2023.

Serangkaian hasil buruk membuatnya dipecat lebih awal. Padahal, Potter mendapatkan dukungan dana melimpah untuk merekrut pemain. Sayangnya, ia tak mampu memanfaatkan potensi para rekrutan barunya tersebut dengan maksimal. Inilah 5 pemain termahal yang dibeli Chelsea saat dilatih Graham Potter.

1. Malo Gusto

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter saat Membesut ChelseaMalo Gusto (chelseafc.com)

Chelsea berhasil mendapatkan jasa Malo Gusto dari Olympique Lyon. Dalam kesepakatan transfer ini, The Blues harus merogoh kocek sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp492 miliar. Sama seperti beberapa rekrutan anyar Chelsea lainnya, Gusto juga dikontrak jangka panjang. Kontraknya baru berakhir pada Juni 2030 mendatang.

Gusto tak langsung bergabung dengan Chelsea. Ia terlebih dahulu dipinjamkan ke Olympique Lyon hingga akhir musim 2022/2023. Nantinya, Gusto diharapkan bisa menjadi kompetitor ideal bagi Reece James di posisi bek kanan. Apalagi, keduanya juga sama-sama masih muda dan punya potensi yang bisa dikembangkan.

2. Noni Madueke

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter saat Membesut ChelseaNoni Madueke (twitter.com/NoniMadueke_)

Chelsea tak henti-hentinya merekrut pemain pada musim dingin 2023. Noni Madueke salah satunya. Ia diboyong dari PSV Eindhoven dengan biaya mencapai 35 juta euro atau sekitar Rp574 miliar. Chelsea mengikatnya dengan kontrak berdurasi jangka panjang selama 6,5 musim hingga Juni 2030 mendatang.

Performanya masih belum terlihat menjanjikan bersama The Blues. Madueke baru mencetak 1 gol dari 12 penampilan di semua kompetisi. Namun, ia masih berusia 21 tahun. Madueke tentunya memiliki banyak waktu untuk berkembang dan membuktikan dirinya layak direkrut oleh Chelsea dengan harga yang mahal.

Baca Juga: 10 Pemain Chelsea Berkebangsaan Inggris pada 2022/2023, Ada Madueke

3. Benoit Badiashile

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter saat Membesut ChelseaBenoit Badiashile (instagram.com/benoit.badiashile)

Lini belakang Chelsea sebenarnya sudah diisi oleh beberapa bek berpengalaman. Namun, The Blues tetap merekrut bek anyar pada musim dingin 2023. Chelsea menggaet bek muda milik AS Monaco, Benoit Badiashile. Sang pemain ditebus dengan banderol 38 juta euro atau sekitar Rp624 miliar.

Badiashile diproyeksikan sebagai bagian dari rencana jangka panjang The Blues. Badiashile dengan cepat beradaptasi di Inggris. Ia langsung menjadi andalan di lini belakang Chelsea. Pada musim debutnya, pemain berkebangsaan Prancis itu sudah tampil dalam 11 pertandingan di semua kompetisi.

4. Mykhaylo Mudryk

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter saat Membesut ChelseaMykhaylo Mudryk (chelseafc.com)

Chelsea sukses mengungguli Arsenal dalam perburuan bakat muda asal Ukraina, Mykhaylo Mudryk. Sang pemain sebenarnya nyaris bergabung dengan The Gunners, tetapi Chelsea membajaknya pada detik-detik terakhir. Tawaran yang dilayangkan Chelsea lebih menggiurkan sehingga diterima oleh Shakhtar Donetsk.

Mudryk ditebus oleh Chelsea dengan biaya 70 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Harga ini belum termasuk variabel bonus lainnya. Meski begitu, performa Mudryk belum terlalu maksimal pada musim debutnya. Ia kerap mendapatkan sorotan. Tercatat, ia hanya mencetak 2 assist dari 17 penampilan di semua kompetisi.

5. Enzo Fernandez

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter saat Membesut ChelseaEnzo Fernandez (instagram.com/enzojfernandez)

Enzo Fernandez menjadi buah bibir usai hijrah ke Chelsea pada musim dingin 2023. Bagaimana tidak, ia resmi berstatus sebagai rekrutan termahal yang pernah digaet oleh klub Britania Raya. Enzo ditebus oleh The Blues dari Benfica seharga 121 juta euro atau sekitar Rp2 triliun.

Pemain yang menjadi bagian dari skuad Argentina di Piala Dunia 2022 ini dikontrak selama 7,5 musim. Meski dianggap terlalu mahal, Enzo mampu menunjukkan kualitasnya. Ia langsung menjadi andalan di lini tengah Chelsea. Pada musim debutnya, ia sudah bermain dalam 22 penampilan di berbagai ajang.

Portofolio Graham Potter ternodai sebab gagal mengangkat kinerja Chelsea. Ia tak bisa membawa The Blues berjaya. Meski dibekali dana melimpah, Potter justru gagal memanfaatkannya sehingga dipecat dalam waktu singkat.

Baca Juga: 5 Gelandang Termahal yang Digaet Klub EPL, Enzo Pecahkan Rekor!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya