5 Pembelian Termahal Bayer Leverkusen dari Luar Liga Top Eropa

Didominasi oleh pemain bertahan

Bayer Leverkusen aktif berburu pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Terbaru, klub berjuluk Die Werkself itu berhasil mendapatkan jasa penyerang muda asal Nigeria, Victor Boniface. Sang pemain digaet dari klub Jupiler Pro League, Club Brugge.

Perekrutan Boniface masuk ke dalam daftar belanja mahal Bayer Leverkusen. Sebelumnya, Die Werkself juga kerap merekrut pemain dengan harga mahal, khususnya dari luar liga top Eropa demi kebutuhan skuadnya. Termasuk Boniface, inilah lima pembelian termahal Bayer Leverkusen dari luar liga top Eropa.

1. Odilon Kossounou

5 Pembelian Termahal Bayer Leverkusen dari Luar Liga Top EropaOdilon Kossounou (twitter.com/OdilonKossounou)

Odilon Kossounou merupakan pemain termahal yang pernah dibeli oleh Bayer Leverkusen. Hal itu terjadi pada musim panas 2021 lalu. Saat itu, Kossounou ditebus dari Club Brugge seharga 23 juta euro atau sekitar Rp381 miliar. Kossounou menambah opsi di lini belakang Die Werkself.

Pemain berpaspor Pantai Gading itu mampu membuktikan kualitas terbaiknya. Ia dipercaya untuk tampil reguler bersama Bayer Leverkusen. Hingga akhir musim 2022/2023, Kossounou sudah tampil sebanyak 68 kali. Catatan ini tentunya bisa bertambah sebab dirinya masih diandalkan.

2. Aleksandar Dragovic

5 Pembelian Termahal Bayer Leverkusen dari Luar Liga Top EropaAleksandar Dragovic (twitter.com/bayer04_en)

Aleksandar Dragovic bergabung dengan Bayer Leverkusen pada musim panas 2016. Dalam proses kepindahannya itu, Dragovic ditebus dari Dynamo Kyiv seharga 21 juta euro atau sekitar Rp348 miliar. Die Werkself merekrutnya untuk memperkuat pertahanan. Dragovic mampu mewujudkannya.

Kariernya di Bayer Leverkusen tidak berjalan mudah. Dragovic sempat dipinjamkan ke Leicester City pada musim panas 2017. Setelah itu, Dragovic sukses mengoleksi 106 penampilan bersama Die Werkself. Ia membela Bayer Leverkusen hingga 2021 dan hijrah ke Red Star Belgrade.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal ke Klub Bundesliga Jerman

3. Victor Boniface

5 Pembelian Termahal Bayer Leverkusen dari Luar Liga Top EropaVictor Boniface (twitter.com/bayer04_en)

Kepergian Moussa Diaby menguntungkan Bayer Leverkusen dari segi finansial. Dana segar yang diperoleh lantas dimanfaatkan untuk membeli penyerang anyar. Dari beberapa opsi yang ada, Die Werkself akhirnya merekrut penyerang milik Union Saint-Gilloise, Victor Boniface.

Bayer Leverkusen merekrut Boniface seharga 20,5 juta euro atau sekitar Rp339 miliar. Boniface disodori kontrak dengan durasi 5 musim. Nantinya, ia bakal bekerja sama dengan beberapa penyerang lain macam Patrik Schick dan Jonas Hoffman. Ketajaman Boniface diharapkan dapat terus berlanjut.

4. Edmond Tapsoba

5 Pembelian Termahal Bayer Leverkusen dari Luar Liga Top EropaEdmond Tapsoba (twitter.com/12Tapsoba)

Edmond Tapsoba sudah membela Bayer Leverkusen sejak pertengahan musim 2019/2020. Ia bergabung dari klub Portugal, Vitoria Guimaraes. Saat itu, Bayer Leverkusen menebusnya seharga 20 juta euro atau sekitar Rp331 miliar. Pembelian ini sangat tepat sebab Tapsoba berhasil membuktikan kualitasnya sebagai bek tangguh.

Ia menjadi pemimpin di jantung pertahanan Die Werkself. Tapsoba nyaris tak tersentuh oleh pemain lain. Secara keseluruhan, ia sudah bermain dalam 137 pertandingan di semua kompetisi. Meski begitu, Tapsoba dikabarkan tengah jadi buruan Tottenham Hotspur pada musim panas 2023.

5. Lucas Alario

5 Pembelian Termahal Bayer Leverkusen dari Luar Liga Top EropaLucas Alario (twitter.com/bayer04_en)

Argentina punya sederet penyerang tajam yang aktif berkarier di Eropa. Lucas Alario salah satunya. Ia mengawali petualangannya di Benua Biru pada musim panas 2017. Saat itu, Alario bergabung dengan Bayer Leverkusen. Ia dibeli seharga 19 juta euro atau sekitar Rp315 miliar.

Alario menghabiskan kariernya selama 5 musim bersama Die Werkself. Dalam kurun waktu itu, ia mampu mengoleksi 58 gol dan 16 assist dari 164 penampilan di semua kompetisi. Alario lalu hengkang pada musim panas 2022. Ia pindah ke sesama klub Bundesliga lainnya, Eintracht Frankfurt.

Bayer Leverkusen punya misi penting pada musim 2023/2024 mendatang. Mereka bakal tampil Liga Europa. Dengan tambahan pemain anyar, seperti Victor Boniface, bisakah skuad Xabi Alonso ini melangkah jauh nantinya?

Baca Juga: Daftar Pemain Baru Leverkusen untuk Musim 2023-2024

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya