5 Pembelian Termahal Manchester United dari Serie A, Ada Højlund

Kebanyakan dari mereka gagal bersinar

Manchester United mulai menunjukkan keaktifannya pada musim panas 2023. Setelah merekrut Mason Mount dari Chelsea, The Red Devils juga berhasil mendapatkan dua pemain baru. Mereka adalah Andre Onana dan Rasmus Hojlund.

Kedua rekrutan Manchester United itu sama-sama direkrut dari klub Serie A Italia. Pembelian kedua nama itu pun masuk ke dalam buku sejarah Manchester United. Pasalnya, Onana dan Hojlund termasuk ke dalam daftar rekrutan termahal The Red Devils dari Serie A.

1. Amad Diallo kurang berkembang sejak direkrut oleh Manchester United

5 Pembelian Termahal Manchester United dari Serie A, Ada HøjlundAmad Diallo (instagram.com/amaddiallo19)

Bakat Amad Diallo di Atalanta menarik perhatian Manchester United. Alhasil, tawaran besar dilayangkan oleh The Red Devils pada musim dingin 2021. Diallo direkrut ke Old Trafford seharga 21 juta euro atau sekitar Rp357 miliar. Karena usianya yang masih muda, Diallo belum bisa tampil reguler di tim utama.

Ia hanya jadi pelapis di lini serang Manchester United. Secara keseluruhan, pemain berpaspor Pantai Gading itu baru tampil dalam sembilan laga di semua kompetisi. Oleh sebab itu, Diallo dipinjamkan ke Rangers dan Sunderland secara beruntun. Ia dinilai masih bisa berkembang lagi dalam beberapa waktu ke depan.

2. Bersinar di Italia, karier Juan Sebastian Veron justru menurun bersama Manchester United

5 Pembelian Termahal Manchester United dari Serie A, Ada HøjlundJuan Sebastian Veron (manutd.com)

Manchester United rela memecahkan rekor transfer klub pada musim panas 2001. The Red Devils melakukannya demi memboyong Juan Sebastian Veron. Sang pemain ditebus dari Lazio seharga 43 juta euro atau sekitar Rp718 miliar. Veron datang dengan catatan impresif selama berkarier di Italia.

Sayangnya, kiprahnya bersama Manchester United justru tak berjalan sesuai harapan. Veron gagal menjadi pilihan utama di lini tengah. Ia kalah bersaing dengan nama-nama lain macam David Beckham hingga Ryan Giggs. Alhasil, Veron hanya bertahan selama 2 musim sebelum dijual ke Chelsea.

Baca Juga: 7 Alumni Ajax yang Pernah Bermain di Manchester United, Ada Idolamu?

3. Andre Onana datang ke Old Trafford sebagai pengganti David De Gea

5 Pembelian Termahal Manchester United dari Serie A, Ada HøjlundAndre Onana (twitter.com/ManUtd)

Andre Onana dipilih Manchester United sebagai pengganti David De Gea. The Red Devils memboyongnya dari Inter Milan seharga 52,5 juta euro atau sekitar Rp877 miliar. Onana bakal ditempatkan sebagai kiper nomor satu The Red Devils. Kualitasnya sebagai kiper top sudah teruji.

Onana dinilai tak bakal kesulitan beradaptasi di Inggris. Ia bakal kembali bekerja sama dengan Erik ten Hag. Keduanya pernah berkolaborasi sewaktu di Ajax. Selain itu, Onana juga bakal bertemu sederet mantan rekan setimnya, seperti Lisandro Martinez, Antony, dan Donny van de Beek.

4. Rasmus Højlund lengkapi kepingan penting di skuad Manchester United

5 Pembelian Termahal Manchester United dari Serie A, Ada HøjlundRasmus Højlund (twitter.com/ManUtd)

Rasmus Hojlund menyita sorotan pada musim panas 2023. Ia direkrut dengan biaya selangit oleh Manchester United. Bagaimana tidak, Hojlund ditebus dari Atalanta seharga 70 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Ia dikontrak selama 5 musim dan bakal diplot sebagai penyerang utama Manchester United.

Kehadiran Hojlund merupakan permintaan langsung dari sang pelatih, Erik ten Hag. Hojlund dinilai sesuai dengan filosofi permainan yang ia terapkan. Tak hanya itu, Hojlund juga masih berusia 20 tahun. Ia punya banyak waktu untuk berkembang sebagai salah satu striker hebat nantinya.

5. Reuni Paul Pogba dan Manchester United memecahkan rekor transfer klub

5 Pembelian Termahal Manchester United dari Serie A, Ada HøjlundPaul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Rekor transfer termahal Manchester United sepanjang masa masih dipegang oleh Paul Pogba. Kepulangannya ke Old Trafford pada musim panas 2016 lalu itu memakan biaya fantastis. Pasalnya, The Red Devils harus membayar 105 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun kepada Juventus.

Biaya transfer fantastis itu menjadi beban besar baginya. Performa Pogba acap kali disorot karena dinilai tak sesuai dengan biaya transfer tersebut. Selama 5 musim, ia juga kerap menepi karena cedera yang berkepanjangan. Tercatat, Pogba menorehkan 233 penampilan dengan koleksi 39 gol dan 51 assist.

Dari kelima nama di atas, dua di antaranya bergabung pada musim panas 2023. Andre Onana dan Rasmus Hojlund bakal menambah kekuatan Manchester United. Keduanya diharapkan bisa mengantarkan The Red Devils untuk bersaing lebih jauh di berbagai kompetisi yang dihadapi.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus Terakhir Hengkang ke Luar Eropa, Pogba ke Al Ahli?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya