5 Pengguna Nomor Punggung 21 PSG sebelum Lucas Hernandez

Kebanyakan dari mereka gagal bersinar

Lucas Hernandez salah satu rekrutan anyar Paris Saint-Germain pada musim panas 2023. Ia diboyong dari Bayern Munich untuk menutupi krisis bek yang dialami Les Parisiens. Saudara dari Theo Hernandez ini bakal mengenakan nomor punggung 21.

Menilik ke belakang, pengguna nomor punggung 21 PSG bukanlah nama-nama besar. Kebanyakan dari mereka bertahan sebentar karena beragam alasan, seperti minimnya menit bermain hingga faktor lain. Inilah lima pengguna nomor punggung 21 PSG sebelum Lucas Hernandez.

1. Jean-Eudes Maurice

5 Pengguna Nomor Punggung 21 PSG sebelum Lucas HernandezJean-Eudes Maurice (mlssoccer.com)

Jean-Eudes Maurice memakai nomor punggung 21 selama 4 musim berseragam PSG. Ia bergabung pada musim panas 2008. Bersama Les Parisiens, kariernya tak terlalu menjanjikan. Maurice bukanlah pilihan utama yang sering tampil. Ia hanya mencatatkan 53 penampilan di semua ajang.

Akhir dari kebersamaannya dengan PSG terjadi pada musim panas 2012. Diawali dengan peminjaman ke beberapa klub, seperti RC Lens dan Le Mans FC, Maurice akhirnya dilepas secara permanen. Kepergiannya itu membuat nomor punggung 21 PSG lowong untuk sementara waktu.

2. Lucas Digne

5 Pengguna Nomor Punggung 21 PSG sebelum Lucas HernandezLucas Digne (twitter.com/FCBarcelona)

Nama selanjutnya yang memakai nomor punggung 21 di PSG adalah Lucas Digne. Ia bergabung dengan Les Parisiens pada musim panas 2013. Sejak awal kedatangannya itu, Digne selalu memakai nomor 21. Ia menggunakannya selama membela PSG hingga akhir musim 2014/2015.

Secara singkat, karier Digne di Paris tak terlalu impresif. Ia gagal menjadi pilihan utama. Sewaktu memasuki musim ketiganya di PSG, Digne bahkan dipinjamkan ke AS Roma. Tercatat, ia hanya bermain sebanyak 44 kali bersama PSG, lalu dilepas ke Barcelona pada musim panas 2016.

Baca Juga: Kylian Mbappe Pilih Dibekukan PSG Ketimbang Pindah ke Al-Hilal

3. Hatem Ben Arfa

5 Pengguna Nomor Punggung 21 PSG sebelum Lucas HernandezHatem Ben Arfa (instagram.com/hatembenarfaofficiel)

Nomor punggung 21 sempat tak dimiliki siapa pun pada 2015/2016. Setelah semusim terlewati, barulah ada yang memakainya lagi. Kali ini, giliran Hatem Ben Arfa yang mengenakannya. Ia merupakan rekrutan PSG yang bergabung pada musim panas 2016.

Selama 2 musim di PSG, Ben Arfa tak pernah mengubah nomor punggungnya. Kariernya yang cukup singkat itu bukan tanpa alasan. Ben Arfa tak mendapatkan kepercayaan untuk tampil reguler. Ia hanya bermain dalam 32 pertandingan dengan koleksi 4 gol dan 7 assist.

4. Timothy Weah

5 Pengguna Nomor Punggung 21 PSG sebelum Lucas HernandezTimothy Weah (psg.fr)

Timothy Weah merupakan jebolan akademi PSG. Ia pernah menggunakan beberapa nomor punggung berbeda di tim muda Les Parisiens. Puncaknya, ia memilih nomor punggung 21 saat promosi ke skuad utama pada awal musim 2018/2019. Weah hanya sebentar memakainya.

Pemain berpaspor Amerika Serikat itu bertahan selama setengah musim di PSG. Weah kesulitan untuk mendapatkan menit bermain yang cukup. Itu sebabnya ia dipinjamkan ke Celtic pada musim dingin 2019. Usai kembali dari masa pinjaman, Weah dilepas permanen ke LOSC Lille.

5. Ander Herrera

5 Pengguna Nomor Punggung 21 PSG sebelum Lucas HernandezAnder Herrera (twitter.com/AnderHerrera)

Setelah Weah, nomor punggung 21 dipakai Ander Herrera. Ia mengenakannya selama 3 musim bersama PSG. Meski cukup lama, Herrera sejatinya tak benar-benar menjadi tumpuan. Gemuknya lini tengah PSG membuat Herrera harus tampil bergantian dengan gelandang lainnya.

Mantan pemain Manchester United itu mengoleksi 95 penampilan di semua ajang. Meski begitu, kia sukses meraup berbagai gelar domestik bersama PSG. Herrera akhirnya pergi pada musim panas 2022. Ia pulang ke klub lamanya, Athletic Bilbao, sekaligus meninggalkan nomor punggung 21 PSG.

Lucas Hernandez bakal menjadi pemilik nomor punggung 21 PSG selanjutnya. Kualitasnya sudah teruji bersama Bayern Munich dan Timnas Prancis. Bisakah ia mempertahankan performa impresif tersebut bersama PSG?

Baca Juga: PSG Memperkuat Tim dengan Kedatangan 8 Pemain Baru

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya