5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min Jae

Kim Min Jae resmi direkrut dari Napoli

Bayern Munich sudah merekrut sederet pemain anyar pada musim panas 2023. Dari beberapa nama baru itu, Kim Min Jae mendapatkan sorotan terbanyak. Ia datang dengan membawa catatan impresif usai bersinar bersama Napoli.

Ekspektasi tinggi berada di pundaknya sekarang. Kim diharapkan bisa memperkuat lini belakang Die Roten. Tak ayal apabila dirinya diberikan nomor punggung 3. Nomor tersebut sudah pernah dipakai para pemain legendaris Bayern Munich.

Sebelum Kim Min Jae, inilah lima pengguna nomor punggung 3 Bayern Munich.

1. Bixente Lizarazu

5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min JaeBixente Lizarazu (twitter.com/ChampionsLeague)

Bixente Lizarazu merupakan salah satu pemain terbaik Bayern Munich pada masanya. Ia menjadi bagian penting di balik kejayaan Die Roten pada awal 2000-an silam. Lizarazu selalu dipercaya sebagai bek kiri Bayern Munich yang mengantongi 273 penampilan di semua kompetisi.

Menariknya, Lizarazu hijrah ke Bayern Munich sebanyak dua kali. Ia awalnya membela Die Roten selama 8 musim (1997--2004) dan memakai nomor punggung 3. Lizarazu sempat pindah ke Olympique Marseille, tetapi pulang ke Allianz Arena pada musim panas 2005. Saat itu, ia memakai nomor punggung 69.

2. Lucio

5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min JaeLucio (fcbayern.com)

Lucio mulai berseragam Bayern Munich pada 2004/2005. Ia langsung memakai nomor punggung 3 yang ditinggalkan Lizarazu. Nomor tersebut dipakai olehnya hingga akhir kariernya di Allianz Arena, yaitu pada 2008/2009.

Karier Lucio bersama Die Roten juga cukup gemilang. Ia merupakan salah satu pilar utama di jantung pertahanan Bayern Munich. Lucio sukses mengantongi 218 penampilan di semua kompetisi. Ia berjasa di balik kesuksesan timnya itu meraih beberapa gelar, termasuk tiga trofi Bundesliga Jerman. Lucio lalu hijrah ke Juventus pada musim panas 2009.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Bayern Munich Sepanjang Masa, Ada Kim Min Jae

3. Xabi Alonso

5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min JaeXabi Alonso (bundesliga.com)

Usai Lucio, nomor punggung 3 Bayern Munich sempat lowong selama 5 musim. Barulah pada 2014/2015, nomor tersebut dimiliki lagi oleh pemain Die Roten. Pemain yang memakainya saat itu adalah Xabi Alonso. Ia merupakan pemain anyar Bayern Munich yang bergabung pada musim panas 2014.

Alonso hanya memakai nomor punggung 3 selama semusim. Setelah itu, ia menggantinya  menjadi nomor 14. Alonso bisa memakai nomor punggung 14 karena sang pemilik sebelumnya, Claudio Pizarro, sudah pindah. Nomor 14 merupakan sahabat akrabnya sejak masih berseragam Real Madrid.

4. Jonathan Meier

5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min JaeJonathan Meier (bundesliga.com)

Setelah Alonso, pemilik nomor punggung 3 Bayern Munich berlanjut ke tangan Jonathan Meier. Ia merupakan jebolan akademi Die Roten. Meier promosi ke skuad utama Bayern Munich pada awal musim 2018/2019. Ia pun langsung menggunakan nomor punggung 3 di tim inti.

Sayangnya, karier Meier di Allianz Arena tak bertahan lama. Ia bahkan tak pernah diturunkan sama sekali di skuad utama. Oleh sebab itu, Meier memutuskan untuk pindah secara permanen pada musim panas 2019. Bek kiri berusia 23 tahun itu hijrah ke klub Bundesliga Jerman lainnya, Mainz 05.

5. Omar Richards

5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min JaeOmar Richards (instagram.com/omar.richards)

Omar Richards menjadi pemilik nomor punggung 3 Bayern Munich berikutnya. Sama halnya seperti Alonso dan Meier, ia hanya memakai nomor tersebut selama semusim. Hal itu terjadi pada musim 2021/2022 sekaligus musim satu-satunya ia berseragam Bayern Munich.

Richards tak menjadi pilihan utama di posisi bek kiri Die Roten. Ia hanya tampil 17 kali sebab kalah bersaing dengan Alphonso Davies. Meski begitu, potensinya tetap diminati oleh sejumlah klub lain. Richards lalu hijrah ke klub promosi English Premier League, Nottingham Forest, pada musim panas 2022.

Sepeninggal Xabi Alonso, pemilik nomor 3 Bayern Munich cenderung tak bertahan lama. Jonathan Meier dan Omar Richards sudah merasakannya. Bisakah Kim Min Jae meneruskan tren apiknya di Eropa bersama Die Roten atau malah gagal bersinar?

Baca Juga: 5 Bek Tengah Bidikan Napoli untuk Gantikan Kim Min Jae

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya