5 Pengguna Nomor Punggung 8 Borussia Dortmund sebelum Felix Nmecha

Diplot sebagai pengganti Jude Bellingham

Borussia Dortmund terus berbenah pada bursa transfer musim panas 2023. Setelah menjual Jude Bellingham ke Real Madrid, Die Borussen punya tugas berat dalam mencari penggantinya. Meski begitu, Dortmund tak butuh waktu lama untuk menemukannya.

Gelandang milik VfL Wolfsburg, Felix Nmecha, menjadi pilihan utama Die Borussen. Sang pemain resmi bergabung dan menjadi rekrutan kedua setelah Ramy Bensebaini. Nmecha bakal memakai nomor punggung 8 pada 2023/2024.

Sebelum Nmecha, inilah lima pengguna nomor punggung 8 Borussia Dortmund.

1. Giovanni Federico

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Borussia Dortmund sebelum Felix NmechaGiovanni Federico (dfb.de)

Giovanni Federico bergabung dengan Borussia Dortmund pada awal musim 2007/2008. Saat baru bergabung, ia langsung diberikan nomor punggung 8. Kebetulan, nomor tersebut tak dimiliki oleh pemain lain setelah ditinggal oleh Matthew Amoah. Federico pun memakainya selama membela Die Borussen.

Federico menghiasi skuad Borussia Dortmund hingga pertengahan musim 2008/2009. Ia tak menjadi pilihan utama di lini tengah Die Borussen karena hanya tampil sebanyak 36 kali. Federico lalu dipinjamkan ke Karlsruher SC. Seiring dengan kepergiannya, nomor punggung 8 pun sempat tak bertuan selama setengah musim.

2. Nuri Sahin

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Borussia Dortmund sebelum Felix NmechaNuri Sahin (bvb.de)

Nuri Sahin merupakan jebolan akademi Borussia Dortmund. Ia promosi ke skuad utama Die Borussen pada awal musim 2005/2006, tetapi dipinjamkan ke beberapa klub. Sahin baru menghiasi skuad utama pada 2008/2009. Ia pun langsung memakai nomor punggung 8 yang merupakan peninggalan dari Federico.

Sahin berkembang pesat bersama Die Borussen. Itu sebabnya ia dibeli klub sekaliber Real Madrid pada 2011. Sayangnya, Sahin gagal berkembang hingga kembali ke Borussia Dortmund pada awal 2013. Saat kembali, ia sempat memakai nomor punggung 18. Sahin lalu menggantinya menjadi nomor 8 sejak 2016/2017.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Termahal yang Pernah Didatangkan Borussia Dortmund

3. Antonio da Silva

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Borussia Dortmund sebelum Felix NmechaAntonio da Silva (twitter.com/BVB)

Antonio da Silva memakai dua nomor berbeda saat membela Borussia Dortmund. Ketika bergabung pada musim panas 2010, Da Silva awalnya memakai nomor punggung 32. Saat itu, nomor punggung 8 masih dipakai oleh Nuri Sahin. Namun, semusim berselang, Da Silva bisa memakainya karena ditinggal Sahin ke Real Madrid.

Da Silva hanya memakai nomor punggung 8 selama semusim. Kiprahnya bersama Die Borussen berjalan singkat sebab tak menjadi pilihan utama. Setelah tampil 33 kali, Da Silva pun dilepas pada musim panas 2012 lalu. Ia melanjutkan kariernya dengan bergabung MSV Duisburg secara gratis.

4. Ilkay Guendogan

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Borussia Dortmund sebelum Felix NmechaIlkay Guendogan (twitter.com/BlackYellow)

Ilkay Guendogan tak langsung memakai nomor punggung 8 di Borussia Dortmund. Pada musim debutnya, ia sempat memilih nomor 21. Barulah pada 2012/2013, Gundogan memakai nomor punggung 8 karena sang pemilik, Antonio da Silva, hengkang dari Die Borussen. Guendogan memakainya selama 4 musim beruntun.

Bersama Borussia Dortmund, karier Guendogan terus meningkat dari musim ke musim. Ia menjadi pilar penting di lini tengah Die Borussen dengan catatan 157 penampilan. Pada musim panas 2016, Guendogan hengkang ke Manchester City. Nomor punggung 8 pun kembali ke Nuri Sahin yang sudah pernah mengenakannya.

5. Mahmoud Dahoud

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Borussia Dortmund sebelum Felix NmechaMahmoud Dahoud (instagram.com/modahoud8)

Tongkat estafet kepemilikan nomor punggung 8 terus berlanjut. Pemain Borussia Dortmund selanjutnya yang memakai nomor tersebut adalah Mahmoud Dahoud. Ia sebenarnya memakai nomor punggung lain, yaitu 19, saat pertama kali bergabung pada musim panas 2017. Dahoud lalu menggantinya menjadi nomor 8 pada awal musim 2019/2020.

Dahoud menjadi pemilik nomor punggung 8 Die Borussen selama 4 musim berturut-turut. Ia merupakan salah satu andalan Borussia Dortmund. Sayangnya, Dahoud memutuskan hengkang pada musim panas 2023. Kontraknya berakhir dan Dahoud memilih pindah ke Brighton & Hove Albion.

Felix Nmecha diwarisi nomor punggung 8 Borussia Dortmund yang cukup ikonik. Ia diharapkan bisa menjadi pengganti sepadan Jude Bellingham di Bundesliga Jerman. Bisakah Nmecha membayar semua kepercayaan itu?

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Hengkang secara Gratis

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya