Comscore Tracker

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Shakhtar Donetsk, Fred Teratas!

Semuanya merupakan pemain Brasil

Kepopuleran tim-tim asal Ukraina memang masih kalah jauh. Dalam beberapa musim terakhir saja, tercatat hanya Dynamo Kyiv dan Shakhtar Donetsk yang rutin tampil di kompetisi Eropa. Membahas lebih jauh seputar Shakhtar Donetsk tentu tak ada habisnya.

Klub yang berdiri pada tahun 1936 ini merupakan salah satu tim penguasa di liga Ukraina. Catatan mentereng The Pitmen tak hanya dari segi prestasi, tetapi juga dari urusan transfer pemain yang dijual dengan biaya selangit. Berikut 5 penjualan pemain termahal Shakhtar Donetsk. Check this out!

1. Fred (59 juta euro)

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Shakhtar Donetsk, Fred Teratas!Fred (twitter.com/Squawka)

Fred berhasil masuk ke dalam buku sejarah Shakhtar Donetsk dengan menjadi pemain termahal yang dilepas The Pitmen. Hal ini terjadi pada musim 2018/2019 lalu. Fred dibeli Manchester United seharga 59 juta euro atau sekitar Rp959 miliar. Bagi United sendiri, kedatangan Fred bakal menambah stok gelandang di lini tengah.

Pemain berusia 28 tahun itu menjelma menjadi sosok yang diandalkan oleh juru taktik The Red Devils, khususnya di era kepelatihan Ole Gunnar Solkjær. Kendati kerap mendapatkan cibiran dari berbagai pihak, Fred tetap dipercaya tampil reguler di lini tengah United. Tercatat, ia sudah mengoleksi 143 penampilan di semua ajang.

2. Alex Teixeira (50 juta euro)

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Shakhtar Donetsk, Fred Teratas!Alex Teixeira (twitter.com/Squawka)

Sebelum dipecahkan Fred, rekor penjualan termahal Shakhtar Donetsk masih dipegang oleh Alex Teixeira. Bukannya dilego ke klub papan atas Eropa, Teixeira justru bergabung dengan klub Liga Super China, Jiangsu Suning, pada awal tahun 2016 lalu. Kesepakatan tercapai dengan biaya 50 juta euro atau sekitar Rp812 miliar.

Datang ke Negeri Tirai Bambu di usianya yang sejatinya cukup matang, Teixeira membuktikan kemampuan terbaiknya. Ia tampil apik selama 5 musim bersama Jiangsu dengan koleksi 73 gol dan 43 assist di semua kompetisi. Kolaborasi keduanya berakhir pada awal tahun 2021. Sempat menganggur, Teixeira resmi menjadi milik Besiktas.

Baca Juga: 7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!

3. Fernandinho (40 juta euro)

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Shakhtar Donetsk, Fred Teratas!Fernandinho (twitter.com/fernandinho)

Fernandinho menjadi jenderal lapangan tengah yang terus konsisten selama 8 musim membela Shakhtar Donetsk. Performanya itu terpantau oleh Manchester City yang lantas mendaratkan Fernandinho ke Etihad Stadium. Ia ditebus seharga 40 juta euro atau sekitar Rp650 miliar pada awal musim 2013/2014 lalu.

Harga mahal itu berhasil dibayar lunas oleh Fernandinho. Pemain berusia 28 tahun tersebut mendapatkan kepercayaan penuh sebagai gelandang pengangkut air The Cityzens yang tak tergantikan perannya. Meski kini mulai jarang tampil, Fernandinho tetap dipercaya mengemban jabatan sebagai kapten utama City.

4. Willian (35 juta euro)

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Shakhtar Donetsk, Fred Teratas!Willian (twitter.com/ChelseaFC)

Willian memulai kariernya di Eropa dengan membela Shakhtar Donetsk selama 6 musim. Bersama The Pitmen, kualitas yang dimilikinya terus berkembang dari waktu ke waktu. Tak mengherankan bila kepindahan Willian ke klub lain sukses melahirkan keuntungan berkali-kali lipat bagi Donetsk.

Willian dipinang klub Rusia, Anzhi Makhachkala, seharga 35 juta euro atau sekitar Rp869 miliar. Namun, ia tak bertahan lama di klub ini lantaran langsung direkrut Chelsea pada musim panas 2013. Di titik inilah nama Willian terus melambung di daratan Eropa. Sempat ke Arsenal, kini Willian memilih pulang ke Brasil.

5. Douglas Costa (30 juta euro)

5 Rekor Penjualan Pemain Termahal Shakhtar Donetsk, Fred Teratas!Douglas Costa (instagram.com/douglascosta)

Douglas Costa melengkapi daftar 5 pemain termahal yang dijual Shakhtar Donetsk. Usai membela The Pitmen selama 5 tahun, Costa direkrut klub top Bundesliga, Bayern Munchen, pada musim 2015/2016 lalu. Proses transfer sang pemain menelan biaya 30 juta euro atau sekitar Rp487 miliar.

Pindah ke Jerman membawa pamor pemain berusia 31 tahun itu makin populer di kalangan penikmat sepak bola. Costa tampil gemilang bersama Die Bayern hingga didatangkan Juventus ke Allianz Arena. Namun, cedera yang kerap menghantuinya memaksa karier Costa berjalan pesakitan sejak musim 2020/2021 lalu.

 

Shakhtar Donetsk meraih keuntungan besar dengan menjual kelima pemain di atas ke klub lain. Selain itu, The Pitmen bisa dibilang sebagai destinasi yang cocok bagi pemain Brasil yang ingin merajut kariernya di Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Top Brasil yang Berhasil Diorbitkan Shakhtar Donetsk

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya