Performa 3 Pemain Leeds United yang Dilepas ke Klub EPL pada 2023/2024

Dua di antaranya berseragam Bournemouth

Leeds United menelan pil pahit pada akhir 2022/2023. Sebab, klub berjuluk The Whites itu menjadi salah satu klub yang terdegradasi dari English Premier League (EPL). Kegagalan mereka tetap bertahan di EPL menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti kepergian sejumlah pemain yang tidak ingin berkarier di kasta kedua.

Eksodus pemain melanda skuad Leeds United pada 2023/2024. Kebanyakan dari mereka hijrah ke klub yang tampil di kasta teratas liga top Eropa. Dari keseluruhan pemain tersebut, ada tiga nama yang hijrah ke klub EPL.

Siapa saja mereka dan seperti apa kiprahnya bersama klub barunya masing-masing? Simak performa tiga pemain Leeds United yang dilepas ke klub EPL pada 2023/2024 ini!

1. Jack Harrison sering diturunkan Everton

Performa 3 Pemain Leeds United yang Dilepas ke Klub EPL pada 2023/2024Jack Harrison (instagram.com/everton)

Ada dua pemain Leeds United yang dipinjamkan kepada klub English Premier League 2023/2024. Salah satunya adalah Jack Harrison. Ia memutuskan hengkang ke Everton agar tetap bermain di kasta teratas. Keputusannya merapat ke skuad The Toffees itu sepenuhnya tepat.

Harrison berhasil mengunci satu tempat di lini serang Everton. Ia tampil impresif dalam menambah agresivitas penyerangan The Toffees. Dari 25 penampilan, Harrison berhasil mencetak 4 gol dan 3 assist di semua ajang. Harrison punya kans untuk ditebus permanen Everton apabila tampil konsisten.

Di sisi lain, Harrison sudah sangat berpengalaman dalam merintis karier di EPL. Pasalnya, ia pernah membela beberapa klub besar, seperti Manchester United dan Manchester City. Segudang pengalaman yang ia miliki menjadi modal bagus bagi Harrison dalam melanjutkan kariernya bersama Everton.

Baca Juga: 5 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023

2. Luis Sinisterra dipermanenkan Bournemouth

Performa 3 Pemain Leeds United yang Dilepas ke Klub EPL pada 2023/2024Luis Sinisterra (afcb.co.uk)

Selain Jack Harrison, Leeds United juga melepas salah satu winger miliknya kepada klub English Premier League. Pemain yang dimaksud adalah Luis Sinisterra. Ia merapat ke skuad The Cherries dengan status pinjaman selama semusim penuh. Sinisterra didatangkan untuk menambah kreativitas dan variasi pemain di lini serang The Cherries.

Soal performa, awal petualangan Sinisterra sebenarnya tak berjalan dengan mulus di Bournemouth. Ia kerap bermain sebagai pemain pengganti. Meski begitu, Sinisterra mampu memanfaatkan tiap kesempatan bermain dengan baik. Tercatat, ia sudah mengoleksi 4 gol dan 3 assist dari 22 penampilan di semua ajang.

Manajemen Bournemouth tak ragu untuk menebusnya secara permanen. Pada bursa transfer musim dingin 2024, Sinisterra resmi menjadi milik Bournemouth sepenuhnya. Demi mendapatkan jasa pemain asal Kolombia tersebut, The Cherries harus membayar biaya transfer sebesar 23 juta euro atau sekitar Rp387 miliar.

3. Tyler Adams belum tampil maksimal di Bournemouth karena cedera

Performa 3 Pemain Leeds United yang Dilepas ke Klub EPL pada 2023/2024Tyler Adams (twitter.com/tyler_adams14)

Bournemouth merekrut dua pemain Leeds United pada musim panas 2023. Selain Luis Sinisterra, The Cherries juga mendapatkan jasa Tyler Adams. Pemain berpaspor Amerika Serikat itu ditebus secara permanen dengan biaya mencapai 27 juta euro atau sekitar Rp454 miliar. Sayangnya, Adams belum mampu menunjukkan kualitas terbaiknya.

Ia sejatinya direkrut untuk menutupi krisis di lini tengah Bournemouth. Namun, alih-alih bisa menjadi solusi, kehadiran Adams justru tak memperbaiki masalah yang ada. Ia malah jarang bermain karena mengalami cedera parah. Adams harus absen karena cedera hamstring sejak September 2023.

Adams diprediksi baru kembali tampil pada Maret 2024. Itu sebabnya ia belum tampil maksimal. Eks gelandang RB Leipzig ini baru mencatatkan satu penampilan bersama Bournemouth di ajang Piala FA. Selebihnya, Adams menghabiskan waktunya untuk menjalani proses pemulihan cedera.

Leeds United kehilangan banyak pemain setelah terdegradasi dari EPL pada akhir 2022/2023, termasuk ketiga pemain di atas. Mereka hengkang ke klub EPL lainnya demi tetap bisa berkarier di kasta teratas.

Baca Juga: Kinerja 3 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan ke Bundesliga 2023/2024

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya