8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan Barcelona

Pindah demi mendapatkan jam terbang yang banyak

Barcelona mempunyai reputasi yang baik soal pengembangan bakat-bakat pemain muda. Melalui tim akademinya yang bernama La Masia, sederet pemain bintang lahir dan dikenal dunia. La Masia merupakan tempat yang istimewa bagi beberapa nama top, seperti Lionel Messi hingga Andres Iniesta.

Namun, lulusan akademi La Masia tak selalu beruntung. Di antara pemain-pemain bintang itu, ada sejumlah pemain yang gagal membuktikan kualitasnya. Mereka terpaksa hengkang ke klub lain demi tampil reguler. Kedelapan pemain ini, misalnya. Siapa saja mereka?

1. Carles Alena

8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan BarcelonaCarles Alena (instagram.com/carlesalenya)

Carles Alena berhasil promosi ke skuad utama Barcelona pada awal musim 2018/2019. Sayangnya, potensi yang ia miliki tak berkembang karena jarang bermain. Alena kerap dipinjamkan. Puncaknya, ia dilepas ke Getafe pada musim dingin 2021. Kepindahannya ini berbuah manis. Performa Alena meningkat bersama klub barunya itu. Ia jadi andalan di lini tengah Getafe.

2. Juan Miranda

8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan BarcelonaJuan Miranda (twitter.com/JMirandaG19)

Juan Miranda kesulitan berkembang di tim utama Barcelona. Ia gagal menyaingi Jordi Alba yang sangat mendominasi posisi bek kiri La Blaugrana. Hanya menjadi cadangan bukanlah sesuatu yang bagus untuknya. Oleh sebab itu, Miranda hijrah ke Real Betis pada 2020. Awalnya berstatus pinjaman, jasanya kini sudah dipermanenkan. Miranda mampu tampil reguler dengan koleksi 79 penampilan.

3. Monchu Rodriguez

8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan BarcelonaMonchu Rodriguez (instagram.com/monchurodriguez)

Persaingan ketat di lini tengah Barcelona tak bisa dihindari. Sederet nama beken ada di posisi tersebut. Alhasil, pemain-pemain muda La Masia kesulitan untuk mendapatkan menit bermain, termasuk Monchu Rodriguez. Demi kebaikan kariernya, ia setuju untuk pindah permanen ke Granada pada 2021. Keputusan ini berbuah manis. Monchu sering diturunkan dan kini membela Real Valladolid.

4. Oscar Mingueza

8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan BarcelonaOscar Mingueza (instagram.com/rccelta)

Oscar Mingueza sejatinya sempat menarik atensi usai promosi pada November 2020. Ia disebut-sebut sebagai bek masa depan Barcelona. Sayangnya, hal itu tak bertahan lama. Kedatangan bek-bek anyar membuat posisinya terpinggirkan. Mingueza pun hijrah ke Celta Vigo pada musim panas 2022 lalu secara permanen. Bersama klub barunya itu, Mingueza rutin tampil. Ia sudah mengoleksi 23 penampilan di semua ajang.

Baca Juga: 5 Lulusan Akademi La Masia yang Kembali Berseragam Barcelona

5. Riqui Puig

8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan BarcelonaRiqui Puig (twitter.com/LAGalaxy)

Karier Riqui Puig di Barcelona terhenti lebih prematur. Minimnya menit bermain menjadi alasan utama ia harus pindah. Pada musim panas 2022, Puig memutuskan untuk hengkang ke klub MLS, LA Galaxy. Ia bertemu dengan sejumlah pemain top, seperti Chicharito dan Douglas Costa. Performa Puig juga meningkat. Ia cukup produktif dengan koleksi 7 gol dan 6 assist dari 37 penampilan.

6. Alex Collado

8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan BarcelonaAlex Collado (instagram.com/realbetisbalompie)

Setelah dipinjamkan beberapa kali ke klub lain, Alex Collado akhirnya hengkang secara permanen. Hal itu terjadi pada musim panas 2023. Ia meninggalkan Barcelona sebab kontraknya sudah berakhir. Collado sudah sepakat untuk bergabung ke Real Betis. Ia dikontrak dengan durasi 6 musim. Di sana, ia bakal bertemu dengan beberapa eks pemain Barcelona, seperti Bellerin dan Chadi Riad.

7. Nico Gonzalez

8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan BarcelonaNico Gonzalez (twitter.com/FCPorto)

Nico Gonzalez dipastikan hengkang dari Barcelona pada musim panas 2023. Ia tak masuk ke dalam rencana sang pelatih, Xavi Hernandez. Soal klub barunya, Nico sudah mengetahuinya. Ia setuju untuk hijrah ke FC Porto dengan biaya transfer 8 juta euro atau sekitar Rp133 miliar. Bersama Porto, Nico diharapkan mampu berkembang pesat sebagai gelandang potensial.

8. Arnau Tenas

8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan BarcelonaArnau Tenas (psg.fr)

Barcelona kehilangan kiper mudanya, Arnau Tenas, pada musim panas 2023. Pasalnya, Tenas memilih untuk hijrah secara permanen ke PSG. Ia direkrut oleh Les Parisiens dengan status bebas transfer dan dikontrak selama 5 musim. Tenas tak punya jaminan untuk tampil reguler di PSG. Apalagi mereka punya kiper top sekelas Donnarumma dan Navas. Tak heran Tenas dinilai bakal jadi pelapis.

Nasib mereka sebagai jebolan akademi La Masia malah tak beruntung. Alih-alih bersinar sebagai bintang, kedelapan nama di atas harus pergi dari Camp Nou. Akankah mereka kembali suatu saat nanti? Menarik untuk kita nantikan bersama.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane Dembele

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya