Rapor 5 Pemain yang Dijual Borussia Dortmund pada Musim Panas 2021

Jadon Sancho menjadi yang termahal!

Borussia Dortmund dikenal sebagai salah satu tim dengan kebijakan transfer pemain yang sangat mumpuni. Pasalnya, banyak pemain jempolan yang sukses diorbitkan Die Borussen, lalu dijual mahal ke klub lain. Padahal saat membeli pemain-pemain itu, Dortmund tak mengeluarkan biaya banyak.

Hal ini terlihat pada musim panas 2021 lalu. Borussia Dortmund menjual Jadon Sancho ke Manchester United dengan nominal fantastis.

Namun, sejatinya tak hanya Sancho yang dijual Die Borussen pada bursa transfer yang sama. Nah, berikut ini 5 pemain yang dijual Borussia Dortmund pada musim panas 2021.

1. Sergio Gomez

Rapor 5 Pemain yang Dijual Borussia Dortmund pada Musim Panas 2021Sergio Gomez (instagram.com/sergiogm_10)

Usai dipinjamkan ke Huesca selama dua musim, Sergio Gomez akhirnya dilepas secara permanen oleh Borussia Dortmund. Ia dijual ke klub Belgia, Anderlecht, dengan biaya 2,25 juta euro atau setara Rp35 miliar pada musim panas 2021. Kepindahannya ke klub kontestan Jupiler Pro League itu nyatanya berbuah manis.

Gomez tampil dominan di pos bek kiri Anderlecht sejauh ini. Pemuda Spanyol itu nyaris tak tergantikan dengan catatan 49 penampilan di semua kompetisi.

Kemampuannya dalam membantu penyerangan juga begitu mumpuni. Pasalnya, Gomez mampu mengoleksi 7 gol dan 15 assists di semua kompetisi.

2. Jeremy Toljan

Rapor 5 Pemain yang Dijual Borussia Dortmund pada Musim Panas 2021Jeremy Toljan (twitter.com/iMiaSanMia)

Jeremy Toljan akhirnya dipermanenkan oleh Sassuolo. Dipinjam dari Borussia Dortmund selama dua musim, penampilan Toljan meluluhkan minat manajemen tim Serie A tersebut. Puncaknya, pada musim panas 2021, Sassuolo merekrutnya secara permanen seharga 3,5 juta euro atau sekitar Rp54 miliar.

Meski telah menjadi milik Sassuolo seutuhnya, pemain berpaspor Jerman itu justru cenderung kesulitan sejauh ini. Beroperasi sebagai bek kanan, Toljan baru diturunkan dalam 20 penampilan usai dipermanenkan. Ia kalah bersaing dengan Mert Muldur yang lebih dipercaya menjadi bek kanan utama Sassuolo.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Borussia Dortmund ke Klub English Premier League

3. Thomas Delaney

Rapor 5 Pemain yang Dijual Borussia Dortmund pada Musim Panas 2021Thomas Delaney (instagram.com/thomasdelaney)

Thomas Delaney mengakhiri kebersamaannya dengan Borussia Dortmund yang sudah terjalin selama tiga musim. Ia memutuskan untuk pindah di usianya yang sudah kepala tiga. Klub yang beruntung mendapatkan jasanya adalah Sevilla. Delaney ditebus dengan biaya 6 juta euro alias Rp94 miliar.

Meski usianya sudah tak muda lagi, gelandang Denmark itu masih tampil prima. Delaney mampu memerankan perannya dengan baik sebagai pengatur permainan di lini tengah Sevilla. Secara keseluruhan, ia sudah mengoleksi 36 penampilan dengan torehan 2 gol dan 1 assist untuk klub barunya tersebut.

4. Leonardo Balerdi

Rapor 5 Pemain yang Dijual Borussia Dortmund pada Musim Panas 2021Leonardo Balerdi (twitter.com/OM_English)

Borussia Dortmund melepas Leonardo Balerdi secara permanen ke Olympique Marseille. Usai dipinjam selama semusim, Balerdi sukses menarik minat Les Phoceens untuk mempermanenkannya. Terlebih, pemain berpaspor Argentina itu juga ditebus dengan biaya 11 juta euro atau sekitar Rp172 miliar.

Sempat diandalkan saat masa peminjaman, Balerdi malah menemui situasi berbeda. Ia kesulitan tampil reguler di musim keduanya bersama Les Phoceens.

Hal ini terjadi lantaran kedatangan William Saliba dari Arsenal pada musim panas 2021. Bek Prancis itu sukses bersinar di lini belakang Marseille.

5. Jadon Sancho

Rapor 5 Pemain yang Dijual Borussia Dortmund pada Musim Panas 2021Jadon Sancho (twitter.com/ForbesSports)

Borussia Dortmund meraup keuntungan berkali-kali lipat saat menjual Jadon Sancho ke Manchester United. Bagaimana tidak, Die Borussen sukses melepasnya di angka 85 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Hal ini menjadikan Sancho sebagai salah satu pemain termahal yang pernah dijual oleh Dortmund.

Di situasi yang berbeda, kedatangan Sancho diharapkan dapat mendongkrak lini serang Manchester United. Hanya saja, pemuda Inggris itu tak tampil maksimal di musim debutnya. Performa Sancho menurun dan hanya mampu membukukan 5 gol serta 3 assists dari 38 penampilan yang dijalaninya.

 

Kelima pemain di atas menjalani kariernya masing-masing dengan jalan cerita yang berbeda. Ada yang bersinar, tetapi ada juga yang justru tak tampil sesuai harapan, seperti yang dialami Jadon Sancho bersama Manchester United.

Baca Juga: 5 Penjualan Borussia Dortmund Paling Menguntungkan dalam Sejarah

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya