5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Ada Nama Baru!

Matej Kovar direkrut dari Manchester United

Bayer Leverkusen merupakan salah satu tim Bundesliga yang paling aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Skuad asuhan Xabi Alonso ini sudah merekrut tujuh pemain anyar. Dari keseluruhannya, ada dua nama baru yang direkrut dari English Premier League (EPL), yaitu Granit Xhaka dan Matej Kovar.

Kehadiran dua pemain ini memberikan suntikan berharga bagi Die Werkself. Pengalamannya yang pernah berkiprah di liga sekaliber EPL juga menjadi modal yang bagus. Tak hanya itu, mereka juga menyusul jejak beberapa nama sebelumnya yang hijrah ke Bayer Leverkusen.

Termasuk Xhaka dan Kovar, inilah lima rekrutan terakhir Bayer Leverkusen dari klub EPL.

1. Timothy Fosu-Mensah merapat ke Bayer Leverkusen pada musim dingin 2022

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Ada Nama Baru!Timothy Fosu-Mensah (twitter.com/tfosumensah)

Timothy Fosu-Mensah merupakan produk lulusan tim akademi Manchester United. Namanya berhasil promosi ke skuad utama pada 2016. Sayangnya, Timothy tak berkembang karena kekurangan menit bermain. Ia lebih sering dipinjamkan ke berbagai tim demi mendapatkan jam terbang yang lebih layak.

Timothy akhirnya pindah secara permanen pada awal 2022 lalu. Ia hijrah ke Bayer Leverkusen seharga 2 juta euo atau sekitar Rp33 miliar. Potensinya yang besar jadi aset berharga bagi Die Werkself. Namun, Timothy harus berjuang keras. Ia masih kesulitan menjadi pilihan utama karena baru tampil 30 kali.

2. Kiprah Demarai Gray di Jerman hanya bertahan seumur jagung

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Ada Nama Baru!Demarai Gray (bundesliga.com)

Demarai Gray menghabiskan sebagian besar kariernya di Inggris. Saat ini, ia merupakan penggawa aktif Everton. Namun, sebelum bergabung dengan The Toffees, Gray berkiprah di Bundesliga bersama Bayer Leverkusen. Ia membela Bayer Leverkusen dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 6 bulan saja.

Die Werkself merekrutnya dari Leicester City pada musim dingin 2021. Gray menambah variasi di lini serang, tetapi kesulitan untuk beradaptasi. Ia hanya tampil dalam 12 pertandingan bersama Bayer Leverkusen. Oleh sebab itu, Gray akhirnya kembali ke Inggris dan memilih Everton sebagai klub barunya.

Baca Juga: 4 Pemain Kunci Bayer Leverkusen sejak Dilatih Xabi Alonso

3. Callum Hudson-Odoi dipinjam oleh Bayer Leverkusen pada musim 2022/2023

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Ada Nama Baru!Callum Hudson-Odoi (twitter.com/Calteck10)

Callum Hudson-Odoi menemukan jalan berliku selama menghuni skuad utama Chelsea. Jebolan akademi The Blues itu sudah naik kasta ke tim utama sejak 2019. Meski begitu, potensi Hudson-Odoi belum bisa dikembangkan dengan baik karena minimnya menit bermain. Ia lantas dipinjamkan ke Bayer Leverkusen.

Die Werkself meminjam jasanya selama musim 2022/2023. Pindah ke klub Bundesliga itu tak membuat karier Hudson-Odoi melejit. Pasalnya, ia tetap kesulitan untuk tampil reguler. Ia hanya tampil sebanyak 21 kali. Hudson-Odoi telah kembali ke Chelsea, tetapi masa depannya masih belum jelas.

4. Segudang pengalaman Granit Xhaka dibutuhkan oleh Bayer Leverkusen

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Ada Nama Baru!Granit Xhaka (twitter.com/bayer04_en)

Bayer Leverkusen berbenah dengan merekrut banyak pemain pada musim panas 2023. Ada dua pemain dari EPL yang berhasil diboyong, salah satunya adalah Granit Xhaka. Die Werkself sukses menggaetnya seharga 15 juta euro atau sekitar Rp250 miliar dari Arsenal. Xhaka dikontrak dengan durasi selama 5 musim.

Xhaka jadi amunisi berharga di lini tengah Bayer Leverkusen. Soal kualitas, ia sudah menunjukkannya saat aktif berkarier di English Premier League. Selain itu, Xhaka juga sudah terbiasa dengan atmosfer Bundesliga. Ia sempat berkarier di Borussia Monchengladbach selama 4 musim (2012--2016).

5. Matej Kovar hengkang ke Bayer Leverkusen untuk meningkatkan kariernya

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Ada Nama Baru!Matej Kovar (instagram.com/bayer04fussball)

Matej Kovar menambah stok penjaga gawang Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Kepastian ini diperoleh usai dirinya sepakat berlabuh ke skuad Die Werkself. Kovar didatangkan dari Manchester United seharga 5 juta euro atau sekitar Rp83 miliar. Ia disodori kontrak dengan durasi selama 4 musim.

Pindah ke Bayer Leverkusen menjadi titik baru dalam kariernya. Kovar ingin mendapatkan banyak menit bermain. Hal itu tak bisa ia dapatkan saat membela Manchester United. Namun, Kovar tetap harus bersaing dengan kiper senior Die Werkself lainnya, seperti Lukas Hradecky yang jadi andalan selama bermusim-musim.

Granit Xhaka dan Matej Kovar bisa menjadi andalan baru di dalam permainan Bayer Leverkusen. Meski begitu, keduanya tetap waspada. Sebab, beberapa pemain sebelumnya cenderung tak bersinar di Jerman, seperti Demarai Gray dan Callum Hudson-Odoi.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 10 Bayer Leverkusen sebelum Florian Wirtz

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya