5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Xhaka Terbaru

Xhaka membawa segudang pengalaman dari Arsenal

Bayer Leverkusen aktif berburu pemain pada musim panas 2023. Setelah merekrut Alejandro Grimaldo dan Jonas Hofmann, Die Werkself seolah masih belum puas. Leverkusen bahkan sudah meresmikan perekrutan Granit Xhaka dari Arsenal.

Xhaka menjadi amunisi berharga di lini tengah Die Werkself. Pengalaman dan kualitasnya sudah teruji. Tak hanya itu, Xhaka juga mengikuti jejak beberapa pemain Bayer Leverkusen lain yang bergabung dari English Premier League (EPL). Inilah lima rekrutan terakhir Bayer Leverkusen dari klub EPL.

1. Chicharito

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Xhaka TerbaruChicharito (twitter.com/bayer04_en)

Setelah terpinggirkan dari skuad Manchester United, Chicharito pindah secara permanen pada musim panas 2015. Ia memilih hengkang ke Bayer Leverkusen. Saat itu, Chicharito ditebus dengan biaya 12 juta euro atau sekitar Rp199 miliar. Keputusannya itu merupakan pilihan yang sangat tepat.

Ketajaman Chicharito kembali meningkat bersama Die Werkself. Selama dua musim di Jerman, namanya melambung ke udara. Chicharito sukses mengemas 39 gol dan 9 assist dari 76 penampilan di semua kompetisi. Pada musim panas 2017, Chicharito hijrah ke Spanyol dan memilih Sevilla sebagai klub barunya.

2. Demarai Gray

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Xhaka TerbaruDemarai Gray (bundesliga.com)

Alih-alih bertahan lebih lama di Leicester City, Demarai Gray malah pindah pada pertengahan musim 2020/2021. Ia memulai perjalanan barunya di luar negeri. Gray bergabung dengan Bayer Leverkusen seharga 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar. Namun, kariernya di Bundesliga hanya bertahan selama setengah musim.

Gray kesulitan untuk menjadi pemain kunci Die Werkself. Ia hanya bermain sebanyak 12 kali dengan koleksi 1 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Karena minim menit bermain, Gray memilih untuk hengkang pada musim panas 2022. Ia kembali ke Inggris. Gray tak berlabuh ke Leicester City, tetapi Everton.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Bayer Leverkusen yang Kini Membela Klub Besar Eropa

3. Timothy Fosu-Mensah

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Xhaka TerbaruTimothy Fosu-Mensah (twitter.com/tfosumensah)

Timothy Fosu-Mensah tak mendapatkan tempat di skuad utama Manchester United. Ia justru lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Usai peminjaman ke Crystal Palace dan Fulham, Fosu-Mensah pindah ke Bayer Leverkusen pada musim dingin 2021. Ia dibeli seharga 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar.

Bersama Die Werkself, ia dinilai punya potensi yang besar. Sayangnya, itu belum sepenuhnya maksimal. Fosu-Mensah tetap kekurangan menit bermain. Ia hanya menjadi cadangan di jantung pertahanan Bayer Leverkusen. Hingga akhir musim 2022/2023, ia baru tampil sebanyak 30 kali.

4. Callum Hudson-Odoi

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Xhaka TerbaruCallum Hudson-Odoi (twitter.com/Calteck10)

Gemuknya lini tengah Chelsea mengancam posisi Callum Hudson-Odoi. Sadar bakal jarang bermain, ia memutuskan untuk hengkang. Hudson-Odoi lantas dipinjamkan ke Bayer Leverkusen pada awal musim 2022/2023. Ia diharapkan bisa berkembang pesat di Bundesliga bersama Die Werkself.

Meski berpengalaman di kompetisi sekaliber EPL, Hudson-Odoi justru kesulitan bersaing di klub barunya itu. Ia hanya bermain sebanyak 21 kali dan lebih banyak duduk di bangku cadangan. Oleh sebab itu, Bayer Leverkusen tak tertarik mengaktifkan opsi pembelian permanen untuknya.

5. Granit Xhaka

5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Xhaka TerbaruGranit Xhaka (twitter.com/bayer04_en)

Bayer Leverkusen sudah merekrut beberapa pemain anyar pada musim panas 2023. Salah satu nama berpengalaman yang berhasil diboyong adalah Granit Xhaka. Ia bergabung dengan skuad Die Werkself usai ditebus dari Arsenal seharga 15 juta euro atau sekitar Rp25 juta euro atau sekitar Rp416 miliar.

Xhaka dikontrak selama 5 musim hingga Juni 2028 mendatang. Kehadirannya sangat dibutuhkan oleh Bayer Leverkusen. Selain pengalaman dan mentalitas juara yang ia miliki, Xhaka bisa menjadi pemain krusial di bawah asuhan Xabi Alonso. Apalagi Bayer Leverkusen bakal bermain di Liga Europa musim depan.

Hadirnya Granit Xhaka menjadi keuntungan besar bagi Bayer Leverkusen. Ia diharapkan dapat membantu Die Werkself bersaing lebih jauh pada musim depan. Bisakah ia mewujudkannya?

Baca Juga: 6 Pemain Swiss yang Pernah Bela Bayer Leverkusen sebelum Granit Xhaka

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya