5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!

Para pemain muda mendominasi daftar

Chelsea merupakan salah satu klub papan atas English Premier League (EPL)dengan sederet prestasi mentereng. Hal ini bisa dibuktikan melalui raihan trofinya yang cukup menjanjikan. Sebut saja dua titel Liga Champions Eropa.

Kesuksesan The Blues saat ini tak terlepas dari komposisi skuad yang kompetitif. Selain mengembangkan pemain akademi, Chelsea juga merekrut pemain incarannya dari klub lain, khususnya Bundesliga. Bahkan, The Blues tak ragu untuk mengeluarkan biaya mahal dari sana. Kini, ada lima rekrutan mahal Chelsea yang dibeli dari Bundesliga.

1. Kai Havertz

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!Kai Havertz (premierleague.com)

Kai Havertz menjadi pemain Bundesliga termahal yang pernah dibeli Chelsea. Bagaimana tidak, ia direkrut The Blues dengan banderol 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun dari Bayer Leverkusen. Proses transfer ini terealisasi pada musim panas 2020.

Meski cukup mahal, Havertz mampu menunjukkan kualitasnya. Ia acap kali jadi pembeda serta menjadi pahlawan Chelsea dalam laga-laga krusial, termasuk di final Liga Champions 2020/2021. Havertz sudah mencetak 23 gol dan 14 assist sejauh ini.

2. Christian Pulisic

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!Christian Pulisic (twitter.com/ChelseaFCinUSA)

Chelsea menggelontorkan biaya besar saat menggaet Christian Pulisic ke Stamford Bridge. Tak tanggung-tanggung, dana 64 juta euro atau sekitar Rp976 miliar dikeluarkan The Blues untuk membawanya ke London. Pulisic resmi menjadi milik Chelsea pada awal 2019 lalu.

Ia sempat dipinjamkan terlebih dahulu ke Borussia Dortmund selama paruh kedua musim 2019/2020. Saat ini, dirinya menjadi salah satu pemain tumpuan di lini depan Chelsea, khususnya di sisi sayap. Pulisic sudah tampil 114 kali di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 29 Sebelum Kai Havertz

3. Timo Werner

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!Timo Werner (instagram.com/timowerner)

Chelsea sukses mendaratkan penyerang top Jerman, Timo Werner, pada musim panas 2020. Dalam proses transfer ini, The Blues harus merogoh kocek sebesar 53 juta euro alias Rp808 miliar kepada RB Leipzig. Werner diplot untuk menambah daya serang The Blues.

Hanya saja, performanya sejauh ini masih jauh dari kata maksimal. Werner kesulitan tampil konsisten sebagai juru gedor utama Chelsea. Tercatat, ia baru mengoleksi 23 gol dan 21 assist dari 89 penampilan yang sudah dijalaninya di semua kompetisi.

4. Abdul-Rahman Baba

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!Abdul-Rahman Baba (twitter.com/s04_en)

Mundur pada 2015, Chelsea memboyong bek muda Augsburg, Abdul-Rahman Baba. Ia ditebus dengan mahar 26 juta euro atau setara Rp397 miliar. Harganya cukup mahal, tetapi Chelsea menganggap Baba sebagai bentuk investasi yang bisa menguntungkan.

Alih-alih berkembang di London, nasib Baba justru tak jelas. Ia kekurangan jam terbang dan hanya tampil 23 kali. Selebihnya, Baba yang berposisi sebagai bek kiri ini harus dipinjamkan beberapa kali, dimulai ke Schalke 04, Mallorca, hingga Reading.

5. Andre Schurrle

5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!Andre Schurrle (twitter.com/premierleague)

Di urutan kelima, ada nama Andre Schurrle. Salah satu aktor kejayaan Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014 ini berlabuh ke Chelsea pada musim panas 2013. Saat itu, Schurrle ditebus seharga 22 juta euro alias Rp336 miliar dari Bayer Leverkusen.

Petualangannya bersama The Blues berjalan selama 2 tahun. Schurrle sukses mengoleksi 14 gol dan 3 assist dari 65 penampilan di semua kompetisi. Ia juga mempersembahkan titel Premier League. Namun, Schurrle pindah ke Wolfsburg pada 2015.

Meski dibeli dengan biaya yang cukup tinggi, nyatanya tak semua rekrutan Chelsea di atas mampu tampil menjanjikan. Sebut saja Abdul-Rahman Baba yang nasibnya justru dipertanyakan selama berkarier di London.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal di Timnas Amerika Serikat, Pulisic dan Reyna Teratas

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya