Comscore Tracker

Tampil Flop, 5 Rekrutan Mahal Ini Dipinjamkan ke Klub Lamanya

Romelu Lukaku kembali ke pelukan Inter Milan

Rumor transfer Romelu Lukaku akhirnya menemui titik terang. Ia dipastikan bakal kembali ke Inter Milan dengan status pinjaman dari Chelsea. Kepulangan Lukaku terjadi lantaran penampilannya yang mengecewakan bersama The Blues meski diboyong dengan harga mahal.

Kembalinya Lukaku ke Inter Milan menjadi sebuah catatan tersendiri bahwa perekrutan pemain dengan harga mahal tak menjamin apa pun. Nah, termasuk Lukaku, berikut ini 5 rekrutan mahal yang kembali dipinjamkan ke klub lamanya karena gagal bersinar. Siapa saja?

1. Tiemoue Bakayoko

Tampil Flop, 5 Rekrutan Mahal Ini Dipinjamkan ke Klub LamanyaTiemoue Bakayoko (squawka.com)

Bersinar di AS Monaco menjadikan Tiemoue Bakayoko sebagai salah satu komoditas panas. Tawaran datang silih berganti, dan Bakayoko akhirnya memilih Chelsea sebagai klub barunya.

Kepindahannya ke London terealisasi pada musim panas 2017 lalu dengan banderol mencapai 40 juta euro atau sekitar Rp620 miliar. Diharapkan bisa memperkuat lini tengah The Blues, gelandang Prancis itu justru kesulitan beradaptasi.

Ia hanya menjadi pelapis dengan jumlah penampilan yang minim. Bakayoko lantas dipinjamkan, salah satunya kembali ke AS Monaco pada musim 2019/2020. Hanya saja, ia malah gagal bersinar dan cuma tampil 23 kali. 

2. Luka Jovic

Tampil Flop, 5 Rekrutan Mahal Ini Dipinjamkan ke Klub LamanyaLuka Jovic (90min.com)

Luka Jovic didatangkan Real Madrid untuk menjadi kompetitor sepadan Karim Benzema pada musim panas 2019. Ditebus dari Eintracht Frankfurt seharga 63 juta euro atau setara Rp985 miliar, potensinya dinilai masih bisa berkembang bersama Los Blancos.

Sayangnya, momentum itu tak kunjung datang hingga sekarang. Pemain Serbia itu malah menjadi pemanis bangku cadangan. Produktivitas Jovic anjlok selama membela Real Madrid.

Puncaknya, ia dipinjamkan Los Blancos ke klub lamanya, yaitu Frankfurt, pada awal 2021 lalu. Kembali membela Die Adler untuk yang kedua kali, performa Jovic di lini depan mulai membaik.

Baca Juga: 6 Pemain Pinjaman Terburuk dalam Sejarah English Premier League

3. Tanguy Ndombele

Tampil Flop, 5 Rekrutan Mahal Ini Dipinjamkan ke Klub Lamanyapotret Tanguy Ndombele (skysports.com)

Tottenham Hotspur rela memecahkan rekor transfer klub untuk mendaratkan Tanguy Ndombele. Pria berpaspor Prancis itu diboyong dari Olympique Lyon dengan banderol 60 juta euro atau sekitar Rp938 miliar pada 2019 lalu.

Dengan harga semahal itu, Ndombele dibebani ekspektasi tinggi bersama The Lilywhites. Alih-alih bisa memberikan terobosan baru di lini tengah Spurs, performa Ndombele justru inkonsisten.

Terlebih, kedatangan Antonio Conte sebagai juru taktik anyar The Lilywhites memaksanya untuk segera angkat kaki. Ia akhirnya pulang ke Lyon pada awal 2022 lalu dengan status pinjaman. 

4. Antoine Griezmann

Tampil Flop, 5 Rekrutan Mahal Ini Dipinjamkan ke Klub LamanyaAntoine Griezmann (beinsports.com)

Tak berhenti dengan pembelian Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho, Barcelona kembali memboyong pemain dengan nominal selangit. Kali ini, giliran Antoine Griezmann yang masuk ke dalam buku sejarah La Blaugrana. Ia diboyong seharga 120 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun dari Atletico Madrid.

Kedatangannya membuat lini depan Barca makin menakutkan. Akan tetapi, Griezmann tak kunjung menemukan performa terbaiknya.

Ia kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan La Blaugrana. Setelah dua musim bersama, Griezmann sepakat untuk kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman pada 2021 lalu.

5. Romelu Lukaku

Tampil Flop, 5 Rekrutan Mahal Ini Dipinjamkan ke Klub LamanyaRomelu Lukaku (premierleague.com)

Chelsea mengalami kerugian besar saat membeli Romelu Lukaku. Bagaimana tidak, dibeli dari Inter Milan seharga 113 juta euro alias Rp1,7 triliun, Lukaku justru tampil melempem di lini serang. Ia hanya mampu mengoleksi 15 gol dan sempat beberapa kali mengalami konflik dengan manajemen The Blues.

Tak betah di Chelsea, Lukaku akhirnya memilih pulang ke Inter Milan pada musim panas 2022 ini. Ia hijrah melalui kesepakatan pinjaman selama semusim. Alhasil, dari transfer Lukaku saja, Chelsea justru mengalami kerugian yang parah.

 

Dari musim ke musim, pembelian pemain dengan harga mahal makin sering terjadi. Meski begitu, tak ada jaminan bahwa sang pemain dapat tampil impresif di klub barunya, bahkan mereka yang sudah punya banyak jam terbang sekali pun. 

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman yang Kini Statusnya Resmi Permanen

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya