5 Rekrutan Terakhir Leicester City yang Diboyong dari Klub Ligue 1

Kebanyakan masih bertahan hingga sekarang

Sejak menjuarai Premier League 2015/2016, pamor Leicester City terus melejit. Bagaimana tidak, The Foxes mulai dikesampingkan sebagai tim medioker lantaran acap kali merusak dominasi klub papan atas. Dalam beberapa musim terakhir saja, Leicester City sukses meraih beberapa gelar domestik.

Kunci keberhasilan The Foxes tak terlepas dari penampilan para pemainnya di atas lapangan. Leicester City mampu membangun kekuatannya sendiri dengan rekrutan-rekrutan anyar dari klub lain, termasuk klub Ligue 1. Lalu, siapa sajakah pemain terakhir yang direkrut The Foxes dari klub Ligue 1 tersebut?

1. Boubakary Soumare

5 Rekrutan Terakhir Leicester City yang Diboyong dari Klub Ligue 1Boubakary Soumare (twitter.com/b_soumare24)

Boubakary Soumare memulai perjalanannya di Inggris pada pertengahan tahun 2021. Usai memastikan Lille menjadi juara Ligue 1, Soumare langsung hengkang ke Leicester City. Ia diboyong dengan banderol 20 juta euro atau sekitar Rp312 miliar. Soumare makin memperkuat lini tengah The Foxes.

Meski belum mampu tampil reguler, kehadiran pemain Prancis itu tetap berpengaruh. Ia bergantian tampil dengan Wilfred Ndidi mengisi pos gelandang pengangkut air The Foxes. Tercatat, Soumare sudah menorehkan 29 penampilan di semua kompetisi dengan koleksi 1 assist.

2. Wesley Fofana

5 Rekrutan Terakhir Leicester City yang Diboyong dari Klub Ligue 1Wesley Fofana (planetfootball.com)

Prancis tak perlu khawatir soal bek masa depannya. Di Premier League, ada nama Wesley Fofana yang tengah bersinar di Leicester City. Baru bergabung pada musim panas 2020 lalu, Fofana bertransformasi menjadi salah satu bek muda tangguh di Premier League. Ia menjalani debut yang mengesankan bersama The Foxes.

Hanya saja, kiprah pemain berusia 21 tahun itu sempat terhambat selama beberapa bulan. Fofana mengalami cedera patah tulang fibula saat ajang pramusim pada Juli 2021 lalu. Ia melewatkan banyak pertandingan akibat cedera horor tersebut. Tak ayal, Fofana baru mengemas 49 penampilan bersama Leicester City.

Baca Juga: Wesley Fofana, Pemain Leicester City yang Tetap Puasa Ketika Bermain

3. Youri Tielemans

5 Rekrutan Terakhir Leicester City yang Diboyong dari Klub Ligue 1Youri Tielemans (twitter.com/LCFC)

Awalnya hanya berstatus pinjaman, Youri Tielemans sukses membuktikan diri layak dipermanenkan The Foxes. Bergabung pada musim dingin 2019, ia tampil impresif di lini tengah tim barunya tersebut. Tielemans memikat manajemen Leicester City untuk merekrutnya secara permanen.

The Foxes rela menebusnya dengan banderol 45 juta euro atau sekitar Rp702 miliar dari AS Monaco. Keputusan tersebut berbuah manis. Tielemans mendapatkan kepercayaan penuh sebagai gelandang utama Leicester City. Ia sudah tampil 157 kali dan kini dikaitkan dengan beberapa klub besar Eropa.

4. Rachid Ghezzal

5 Rekrutan Terakhir Leicester City yang Diboyong dari Klub Ligue 1Rachid Ghezzal (twitter.com/LCFC)

Leicester City melihat Rached Ghezzal punya potensi yang besar. Oleh sebab itu, The Foxes langsung memboyongnya dari AS Monaco pada musim panas 2018. Namun, apa yang diharapkan oleh Leicester City malah tak sesuai ekspektasi. Ghezzal gagal bersinar akibat kesulitan beradaptasi di Inggris.

Ia hanya tampil 23 kali di musim debutnya bersama The Foxes. Setelahnya, pemain berpaspor Aljazair itu dipinjamkan ke Fiorentina selama semusim, tetapi tak dipermanenkan.

Ghezzal kembali dilepas, kali ini menuju Besiktas. Bersama klub Turki itu, ia mulai bangkit hingga jasanya dipermanenkan seutuhnya.

5. Nampalys Mendy

5 Rekrutan Terakhir Leicester City yang Diboyong dari Klub Ligue 1Nampalys Mendy (goal.com)

Nampalys Mendy sudah mengisi lini tengah Leicester City sejak musim 2017/2018. Ia diboyong dari OGC Nice dengan mahar 15,5 juta euro atau sekitar Rp242 miliar. Menjajal kompetisi Premier League untuk pertama kalinya, tak mudah bagi Mendy demi bersaing memperebutkan tempat utama.

Ia sempat kesulitan dan harus dipinjamkan ke klub lamanya pada musim 2018/2019. Usai kembali dari masa peminjaman, Mendy tak benar-benar tampil reguler bersama The Foxes. Ia hanya diplot sebagai pelapis dan baru diturunkan dalam 94 pertandingan di berbagai kompetisi sejauh ini.

 

Dari kelima pemain di atas, kebanyakan masih bertahan dengan Leicester City hingga sekarang. Hanya Rached Ghezzal yang sudah memutuskan untuk angkat kaki dari klub berjuluk The Foxes itu.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Lama Berkostum Leicester City Saat Ini, Loyal!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya