5 Striker Muda yang Sukses Diorbitkan RB Salzburg, Aset Potensial!

Erling Haaland salah satunya!

Akhir-akhir ini, industri sepak bola Austria terus berkembang. Terlihat dari klub-klubnya yang makin rutin tampil di kompetisi Eropa, salah satunya RB Salzburg. Saudara kandung dari RB Leipzig ini sukses mencuri perhatian usai mampu menjadi kuda hitam dalam beberapa musim belakangan.

Menariknya, Die Bullen punya sesuatu yang istimewa, yaitu mengandalkan banyak pemain muda. Dari musim ke musim, mereka berhasil menunjukkan tajinya. Sejalan dengan itu, Die Bullen juga rutin mengorbitkan sederet penyerang muda yang jadi incaran klub top Eropa. Penasaran siapa saja? Check this out!

1. Karim Adeyemi

5 Striker Muda yang Sukses Diorbitkan RB Salzburg, Aset Potensial!Karim Adeyemi (twitter.com/karim_adeyemi)

RB Salzburg berjasa besar menjadi klub yang melahirkan Karim Adeyemi sebagai salah satu wonderkid berbakat. Die Bullen mendatangkan pemain berpaspor Jerman itu pada 2018 lalu, tetapi langsung dipinjamkan ke FC Liefering. Usai masa pinjaman berakhir, Adeyemi mulai menunjukkan tajinya di lini depan Salzburg.

Secara keseluruhan, ia sukses mengemas 32 gol dan 27 assists dari 90 penampilan di berbagai ajang. Adeyemi membawa timnya tampil dominan di ranah domestik Austria. Terbaru Adeyemi bakal bermain bersama Borussia Dortmund usai ditebus seharga 30 juta euro atau sekitar Rp463 miliar.

2. Hwang Hee Chan

5 Striker Muda yang Sukses Diorbitkan RB Salzburg, Aset Potensial!Hwang Hee-chan (instagram.com/hwangheechan)

Petualangan Hwang Hee Chan di Eropa tak semulus yang dibayangkan. Namun, potensinya mampu tereksplorasi dengan baik sewaktu berseragam RB Salzburg. Hwang Hee Chan mulai bergabung dengan skuad Die Bullen pada 2016 lalu. Performanya tak langsung meningkat. Ia sempat dipinjamkan ke Hamburger SV.

Dengan pengalaman yang diperoleh sewaktu di Bundesliga, Hee Chan sukses tampil apik di lini depan RB Salzburg. Dari 125 penampilan, pemain berpaspor Korea Selatan itu membukukan 45 gol dan 29 assist. Menjanjikan di Austria membuatnya dilirik RB Leipzig. Sayangnya, kiprah Hee Chan itu tak bertahan lama.

Baca Juga: Hwang Hee Chan dan Pilihan Hidup yang Bawa Terbang Tinggi

3. Benjamin Sesko

5 Striker Muda yang Sukses Diorbitkan RB Salzburg, Aset Potensial!Benjamin Sesko (twitter.com/TheSpursExpress)

Benjamin Sesko menjadi satu-satunya pemain di dalam daftar ini yang masih aktif membela RB Salzburg. Ia sejatinya telah menjadi bagian dari skuad Die Bullen pada 2019 lalu. Mengingat usianya yang masih 17 tahun saat itu, Sesko terlebih dulu dipinjamkan ke sesama klub Austria lainnya, yaitu FC Liefering.

Selepas peminjaman itu, Sesko akhirnya mulai dipercaya tampil di skuad utama. Khususnya pada musim 2021/2022, namanya nyaris tak tergantikan. Sesko telah mengemas 10 gol dan 7 assist bersama Salzburg. Namanya diincar sejumlah klub serta sudah mengemas 11 caps bersama timnas Slovenia.

4. Patson Daka

5 Striker Muda yang Sukses Diorbitkan RB Salzburg, Aset Potensial!Patson Daka (twitter.com/EuropaLeague)

Berasal dari Zambia, negara yang tak terlalu familiar di dunia sepak bola, bukan menjadi halangan bagi Patson Daka. Kariernya di usia muda terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini tak terlepas dari peran RB Salzburg yang menjadi tempat terbaik bagi Daka menunjukkan tajinya sebagai penyerang muda produktif.

Pertama kali Daka tiba ke skuad Die Bullen pada 2017 lalu. Merantau jauh ke Eropa, Daka mampu beradaptasi dengan baik. Daka sangat diandalkan oleh Salzburg dengan catatan 67 gol dan 27 assist dari 124 penampilan. Tak heran Leicester City tertarik merekrutnya pada musim panas 2021 lalu.

5. Erling Haaland

5 Striker Muda yang Sukses Diorbitkan RB Salzburg, Aset Potensial!Erling Haaland (twitter.com/OptaJoe)

Membahas RB Salzburg tentu tak akan pernah lepas dari sosok Erling Haaland. Ia memang hanya setahun berseragam Die Bullen, tetapi sukses menciptakan perjalanan yang gemilang. Pemain berpaspor Norwegia itu menorehkan 29 gol dan 7 assist dari 27 penampilan bersama Die Bullen di berbagai ajang.

Catatan impresif bersama Salzburg berhasil melambungkan nama Haaland. Profil penyerang berusia 21 tahun itu makin dikenal sebagai salah satu pemain prospektif di Eropa, terlebih sejak hijrah ke Borussia Dortmund. Usai berkarier di Austria dan Jerman, Haaland bakal melanjutkan petualangannya dengan membela Manchester City.

 

Dari kelima nama di atas, Erling Haaland menjadi sosok yang paling berpengaruh. Tak menutup kemungkinan dalam beberapa musim ke depan RB Salzburg mengorbitkan lagi para talenta muda yang jadi buruan klub elite. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Haaland Datang, De Bruyne Kirim Ultimatum ke Rival ManCity

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya