5 Transfer Terakhir antara Barcelona dan Atletico Madrid

Semuanya berposisi sebagai penyerang

Barcelona dan Atletico Madrid merupakan dua klub besar di LaLiga Spanyol. Keduanya sering saling sikut untuk menjadi yang terbaik di kasta tertinggi Liga Spanyol. Meski bersaing panas dalam klasemen kejuaraan, Barcelona dan Atletico Madrid tetap memiliki hubungan yang baik pada bursa transfer.

Dalam beberapa musim terakhir, ada pemain yang hijrah dari Atletico Madrid ke Barcelona dan sebaliknya. Hal yang sama juga terjadi pada musim panas 2023 lalu. Barcelona meminjam jasa Joao Felix dari Atletico Madrid selama semusim.

Inilah lima kesepakatan transfer terakhir antara Barcelona dan Atletico Madrid.

1. Arda Turan gagal menemukan bentuk permainan terbaiknya di Barcelona

5 Transfer Terakhir antara Barcelona dan Atletico MadridArda Turan (twitter.com/FCBarcelona)

Pindah ke Barcelona menjadi titik awal kemunduran karier Arda Turan. Ia menyelesaikan proses kepindahannya dari Atletico Madrid pada musim panas 2015. Saat itu, Barcelona harus membayar biaya transfer sebesar 34 juta euro atau sekitar Rp558 miliar demi mendaratkannya ke Camp Nou.

Sayangnya, karier Turan bersama Barcelona tak berjalan dengan mulus. Nasibnya berubah drastis karena tak menjadi pilihan utama di lini serang. Turan tertutupi bayang-bayang trio penyerang La Blaugrana berisi Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar Jr. Ia hanya bertahan selama 2,5 musim sebelum dipinjamkan ke Istanbul Basaksehir.

2. Antoine Griezmann tampil melempem di Barcelona sehingga kembali ke Atletico Madrid

5 Transfer Terakhir antara Barcelona dan Atletico MadridAntoine Griezmann (twitter.com/AntoGriezmann)

Barcelona mengeluarkan biaya besar untuk merekrut sejumlah pemain top pada bursa transfer musim panas 2019. Salah satu pemain bintang yang direkrut La Blaugrana itu adalah Antoine Griezmann. Barcelona menebusnya dari Atletico Madrid dengan biaya yang fantastis, yaitu 120 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Ia dinilai mampu memperkuat lini serang tim.

Sayangnya, performa Griezmann justru menurun. Ia kesulitan untuk beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona. Selama 2 musim, Griezmann gagal mengeluarkan bentuk permainan terbaiknya. Ia hanya mencetak 35 gol dan 17 assist dari 152 penampilan. Griezmann lalu dipinjamkan ke klub lamanya, Atletico Madrid, dan kini sudah ditebus secara permanen.

Baca Juga: 4 Klub Peserta UCL 2023/2024 yang Dilatih Mantan Pemain Barcelona

3. Luis Suarez mempersembahkan satu gelar LaLiga untuk Atletico Madrid

5 Transfer Terakhir antara Barcelona dan Atletico MadridLuis Suarez (twitter.com/ChampionsLeague)

Luis Suarez memberikan banyak kontribusi penting untuk Barcelona. Kehadirannya membawa berbagai gelar juara bergengsi di sana. Meski begitu, akhir dari kiprahnya bersama La Blaugrana tak sesuai dengan harapan. Suarez justru terdepak seiring dengan kedatangan pelatih anyar, Ronald Koeman, pada musim panas 2020.

Karena tak masuk ke dalam skema, Suarez akhirnya hijrah ke Atletico Madrid. Keputusannya itu berbuah manis. Suarez membuktikan kualitasnya masih mampu bersaing dengan pemain lain. Total, ia mencetak 34 gol dan 6 assist dari 83 penampilan. Suarez juga mempersembahkan gelar juara LaLiga pada musim debutnya.

4. Memphis Depay bergabung ke Atletico Madrid usai tersingkir dari skuad utama Barcelona

5 Transfer Terakhir antara Barcelona dan Atletico MadridMemphis Depay (instagram.com/memphisdepay)

Masa depan Memphis Depay di Barcelona kian memburuk setelah kedatangan Robert Lewandowski. Selain nomor punggungnya diambil, posisi Memphis di lini depan juga tergusur. Oleh sebab itu, Memphis memutuskan untuk pindah demi bisa tampil reguler. Ia akhirnya sepakat hijrah ke Atletico Madrid pada musim dingin 2023.

Bersama Los Rojiblancos, Memphis kembali menemukan kualitas terbaiknya. Ia diandalkan sebagai salah satu pemain kunci di lini depan bersama nama-nama lain macam Alvaro Morata dan Antoine Griezmann. Kontribusi pemain asal Belanda itu cukup menjanjikan dengan raihan 6 gol dan 12 penampilan.

5. Joao Felix dipinjam Barcelona pada musim panas 2023

5 Transfer Terakhir antara Barcelona dan Atletico MadridJoao Felix (twitter.com/FCBarcelona)

Joao Felix menjadi salah satu rekrutan anyar Barcelona pada musim panas 2023. Ia bergabung dengan status pinjaman dari Atletico Madrid selama semusim penuh. Sebelumnya, posisi Felix di klub lamanya itu sudah terancam. Bahkan, pada paruh kedua musim 2022/2023, Felix harus menjalani peminjaman ke Chelsea.

Jebolan akademi Benfica itu punya potensi yang besar untuk bersinar di Barcelona. Sebab, Felix sudah tak asing dengan atmosfer di LaLiga. Selain itu, Barcelona merupakan klub impiannya sejak belia. Apabila tampil konsisten, tak menutup kemungkinan Felix bakal ditebus secara permanen La Blaugrana.

Barcelona dan Atletico Madrid merupakan kandidat kuat juara LaLiga pada tiap musimnya. Meski berstatus sebagai rival, keduanya tetap punya hubungan transfer yang erat. Kira-kira, akankah ada pemain lain yang menyusul kelima nama di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pindah Haluan ke Atletico Madrid

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya