3 Pemain Naturalisasi Baru Masuk Timnas, Ada Lagi Gak Ya?

DPR setujui naturalisasi tiga calon Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Persetujuan permohonan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait rencana naturalisasi bagi calon pemain Timnas Indonesia selain tiga orang yang baru disetujui oleh DPR RI memunculkan spekulasi. Tentunya, masih ada pertanyaan di benak publik apakah proyek naturalisasi bakal terus berjalan dan makin banyak pemain keturunan yang merapat ke Timnas?

Proyek mercusuar ini, menurut Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, masih bergantung dengan usulan yang disampaikan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Sebab, kebutuhan naturalisasi berangkat dari permintaan Shin yang pada akhirnya dieksekusi oleh PSSI.

"Kami belum tahu, karena naturalisasi permintaan pelatihan STY sambil menunggu apa yang direkomendasikan," kata Yunus Nusi saat ditemui di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Rekomendasi pemain naturalisasi, ditegaskan oleh Yunus, tak dicampuri oleh PSSI. Tugas federasi hanya memenuhi kebutuhan administrasi buat calon pemain naturalisasi.

"Semua yang juga menginventarisasi tetap pelatih, STY. Apa yang dimintanya, PSSI menyiapkan proses administrasi dan lain-lain. Ketika STY menyampaikan, atau memintanya naturalisasi," ucapnya. 

Namun dia memastikan, selain tiga pemain yakni Ragnar Oratmangoen, Thom Haye dan Maarten Paes, sampai hari ini belum ada lagi rencana naturalisasi yang akan dilakukan. 

"Belum ada," ujarnya. 

1. Sudah masuk Timnas, tapi belum tentu bisa main

3 Pemain Naturalisasi Baru Masuk Timnas, Ada Lagi Gak Ya?potret Thom Haye (instagram.com/thomhaye)

Kendati permohonan naturalisasi tiga pemain itu sudah disetujui oleh DPR dan nama mereka masuk ke Timnas, Yunus mengatakan ketiga pemain tidak bisa langsung merumput ke lapangan untuk memperkuat Timnas. Menurut dia, masih ada sejumlah proses administrasi yang harus diselesaikan oleh PSSI.

Yunus juga belum bisa memastikan kapan mereka akan merumput, karena masih akan melewati sejumlah proses di kementerian/lembaga. 

"Kami belum bisa memastikan kapannya karena kita harus melewati Kementerian/Lembaga dan departemen yang tentu akan kita proses," ujarnya. 

Baca Juga: 3 Pemain Naturalisasi Anyar Dipanggil ke Timnas Jelang Lawan Vietnam

2. PSSI tetap terima masukan STY bila ada rencana naturalisasi

3 Pemain Naturalisasi Baru Masuk Timnas, Ada Lagi Gak Ya?Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong jelang berangkat TC ke Turki, Selasa (19/12/2023). (IDN Times/Tino)..

PSSI tetap akan menerima apa yang disampaikan Shin apakah akan ada rencana naturalisasi lagi demi memperkuat squad Garuda. Kebutuhan susunan pemain buat Timnas, menurut dia, berada di tangan pelatih dengan merujuk visi-misi Ketua Umum PSSI supaya bisa jauh lebih berprestasi. 

"STY menyampaikan rekomendasi, skuad harus diisi oleh pemain yang tidak ada di Indonesia. Maka salah satunya dilakukan naturalisasi," kata dia.

3. DPR setuju, tiga calon pemain naturalisasi langsung masuk Timnas

3 Pemain Naturalisasi Baru Masuk Timnas, Ada Lagi Gak Ya?Gedung DPR/MPR (IDN Times/Amir Faisol)

Usai DPR menyetujui permohonan PSSI tentang naturalisasi Haye, Ragnar, dan Paes, Timnas langsung merilis 28 nama pemain yang masuk ke dalam skuad untuk menghadapi Vietnam di 21 dan 26 Maret 2024. Dalam daftarnya, nama ketiga pemain itu sudah masuk.

Haye, Ragnar, dan Paes, harus ikut gabung ke skuad Timnas sejak 17 Maret 2024 untuk melakoni pemusatan latihan (TC). Tapi, itu juga bergantung pada apakah mereka boleh main atau tidak, karena PSSI masih harus menyelesaikan administrasi perpindahan federasi setelah pada 12 Maret 2024, sumpah diambil.

Baca Juga: Shayne Diharapkan Fit Saat Timnas Indonesia Jumpa Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya