TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Jurus Jitunya La Nyalla Majukan Sepak Bola Indonesia

Mampu diwujudkan jika terpilih jadi Ketum PSSI?

Balon Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti. (IDN Times/Fauzan).

Jakarta, IDN Times - Bakal calon (balon) Ketua Umum (Ketum) PSSI, La Nyalla Mattalitti, ternyata telah mempersiapkan dengan matang untuk menduduki kursi PSSI 1.Dia menjanjikan tujuh program untuk membantu memajukan sepak bola tanah air.

Ya, sepak bola Indonesia memang belum menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Menilik peringkat FIFA yang dirilis pada 22 Desember 2022 lalu, level sepak bola Indonesia masih kalah dari Thailand, Vietnam bahkan Malaysia.

"Saya punya tujuh angkah yang akan saya kerjakan bersama tim," kata La Nyalla dalam wawancara eksklusif bersama IDN Times.

Baca Juga: Erick Thohir Banjir Dukungan Jadi Ketum PSSI, La Nyalla: Belum Valid

1. Jurus yang dipersiapkan cukup menarik

La Nyalla Mattalitti di kantor PSSI. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Langkah yang dipersiapkan jika terpilih menjadi Ketum PSSI terlihat cukup menarik. Sebab, La Nyalla ingin mendongkrak soal technical development, proffesional league, hingga football industry.

Technical development menjadi jurus paling pertama yang disorotnya. Dalam kiat ini, La Nyalla mau meningkatkan kualitas pemain, pelatih dan wasit. Ketiganya menjadi pilar penting untuk memoles kompetisi yang lebih kompetitif.

"Technical development ini untuk meningkatkan kualitas pemain, pelatih, wasit yang berujung pada kualitas pertandingan atau kompetisi," kata La Nyalla.

Kemudian La Nyalla juga mau meningkatkan club empowerment, professional league dan national team dalam poin keunggulan sepak bola.

"Club empowerment, klub harus tumbuh menjadi kuat dan mandiri mengambil peran dalam peningkatan kualitas sepak bola. Profesional league yakni mandiri, progresif dan bersaing di level Asia. Dan keempat, national team. Ini harapan kita semua. Indonesia harus menjadi pemenang," ujar La Nyalla.

2. Bisnis sepak bola juga mau digenjot

Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

La Nyalla juga menyinggung soal bisnis sepak bola, seperti business development, financial stability dan football industry. Ya, selain prestasi, klub memang harus memikirkan soal perkembangan bisnisnya untuk menjaga kestabilan finansialnya.

"Business development untuk money follow quality, pengembangan kapasitas bisnis di semua lini sepak bola. Kemudian financial stability, keuangan yang rasional, stabil dan tumbuh khususnya di level klub. Terakhir, football industry, ekosistem yang baik menjadikan industri sepak bola berkontribusi bagi perekonomian nasional," kata La Nyalla.

Baca Juga: Profil La Nyalla, Mencari Kesempatan Kedua di PSSI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya