Comscore Tracker

5 Fakta Pekan Ke-14 Premier League, Persaingan Gelar Makin Seru!

Persaingan enam besar klasemen sementara ketat

Pekan ke-14 Premier League 2021/2022 baru saja berakhir setelah laga Manchester United melawan Arsenal serta Tottenham melawan Brentford. Pekan ini, Liverpool memenangi Derbi Merseyside atas Everton dengan skor 4-1. Ada pula Arsenal yang harus kalah 2-3 dari tuan rumah Manchester United. 

Pastinya terdapat catatan menarik tentang pekan ke-14 Premier League musim ini. Beberapa rekor juga tercipta pekan ini.

1. Newcastle United merupakan 1 dari 4 klub yang gagal meraih kemenangan pada 14 laga awal EPL

5 Fakta Pekan Ke-14 Premier League, Persaingan Gelar Makin Seru!Ciaran Clark saat melanggar Teemu Pukki. (twitter.com/TheJournalNUFC)

Newcastle United kembali gagal meraih kemenangan setelah hanya menahan imbang Norwich City dengan skor 1-1. Padahal Norwich City berstatus tim promosi dan sama-sama berada di zona degradasi. Dengan hal tersebut, Newcastle United belum pernah meraih kemenangan sama sekali sepanjang musim ini.

Newcastle United masuk ke dalam empat klub sepanjang sejarah Premier League yang gagal meraih kemenangan pada 14 laga awal ajang tersebut. Ketiga klub lainnya ialah Swindon (1993/1994), Queens Park Rangers (2012/2013), dan Sheffield United (2020/2021). Ketiga klub tersebut harus mengakhiri musim dengan terdegradasi ke Championship.

2. Pep Guardiola mematahkan rekor Jose Mourinho dan Sir Alex Ferguson

5 Fakta Pekan Ke-14 Premier League, Persaingan Gelar Makin Seru!Pep Guardiola (soccerladuma.co.za)

Manchester City berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Aston Villa di Villa Park. Kemenangan ini merupakan kemenangan yang ke-150 bagi Pep Guardiola di Premier League. Guardiola berhasil mematahkan rekor Jose Mourinho yang membutuhkan 230 laga untuk meraih 150 kemenangan Premier League saat mengasuh Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Manchester United.

Jika Jose Mourinho tak dihitung ke dalam daftar akibat membela lebih dari satu klub, Pep Guardiola memecahkan rekor Sir Alex Ferguson yang meraih 150 kemenangan Premier League dari 247 laga yang dijalaninya. Hal tersebut membuktikan bahwa Guardiola merupakan pelatih top dunia.

Baca Juga: Ada Rekor Spesial di Balik Kemenangan Manchester City atas Aston Villa

3. Chelsea belum pernah terkalahkan pada laga tandang Premier League musim ini

5 Fakta Pekan Ke-14 Premier League, Persaingan Gelar Makin Seru!Marcos Alonso, penggawa Chelsea, menyundul bola di hadapan pemain Watford. (twitter.com/SuperSportTV)

Chelsea lebih menyukai laga tandang daripada kandang musim ini setelah menang atas tuan rumah Watford 2-1. Pasalnya, Chelsea belum pernah terkalahkan pada laga tandang sejauh musim ini. Setelah menahan imbang Liverpool 1-1 di Anfield Stadium, Chelsea selalu meraih kemenangan pada laga tandang Premier League.

Bahkan, Chelsea sudah melesatkan 13 gol dari 6 laga tandang mereka dan baru kebobolan 1 gol. Selain itu, sudah ada lima clean sheets yang ditorehkan skuad asuhan Thomas Tuchel tersebut.

4. Satu-satunya pelatih yang tak terkalahkan di Premier League harus angkat kaki

5 Fakta Pekan Ke-14 Premier League, Persaingan Gelar Makin Seru!Michael Carrick dikabarkan segera meninggalkan Manchester United. (theathletic.com)

Hanya ada satu pelatih yang belum menelan kekalahan sama sekali di Premier League, yaitu Michael Carrick. Dia sendiri memang hanya berstatus caretaker Manchester United sebelum posisinya diambil Ralf Rangnick. Walau begitu, menghadapi dua klub raksasa langsung di Premier League dan berhasil tak terkalahkan merupakan torehan yang positif bagi Carrick.

Manchester United di bawah komando Carrick menahan imbang Chelsea 1-1 di Stamford Bridge. Manchester United juga berhasil menang atas Arsenal 3-2 di Old Trafford. Sayangnya, Carrick memutuskan untuk hengkang dari Manchester United setelah laga melawan Arsenal dengan beberapa pertimbangan.

5. Manchester United belum bisa masuk kembali ke posisi The Big Six pekan ini

5 Fakta Pekan Ke-14 Premier League, Persaingan Gelar Makin Seru!Cristiano Ronaldo bersama Manchester United. (twitter.com/WilliamHill)

Pekan ini, hampir semua klub yang berstatus The Big Six berada di posisi keenam teratas klasemen sementara. Walau begitu, Manchester United masih berada di posisi ketujuh setelah meraih kemenangan 3-2 atas Arsenal. The Big Six biasanya terdiri dari Manchester City, Chelsea, Liverpool, Manchester United, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Manchester United meraih 21 poin dan hanya memiliki selisih 3 poin dari West Ham yang berada di posisi keempat klasemen sementara. West Ham sendiri sedang tampil bagus-bagusnya di Premier League dalam 2 musim terakhir.

Premier League akan segera beranjak ke pekan 15. Untuk sementara ini, Chelsea masih memimpin puncak klasemen walau harus dibayang-bayangi Manchester City dan Liverpool. Sedangkan, Newcastle United masih berada di posisi juru kunci.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik dari Laga Manchester United Melawan Arsenal

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya